Sponsors Link

5 Manfaat Biji Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sponsors Link

Alpukat merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Tumbuhan yang satu ini kemudian menyebar di banyak daerah tropika di dunia termasuk didalamnya adalah Indonesia. Alpukat banyak dibudidayakan sebagai tanaman perkebunan yang dikomersilkan serta menjadi tanaman pekarangan pada rumah-rumah. Buah bukan hanya enak dikonsumsi secara langsung namun juga enak pula ketika dibuat menjadi jus sebagai campuran minuman yang segar. Buah alpukat sendiri populer di Indonesia pada abad ke 19.

ads

Buah alpukat mengandung banyak kandungan baik seperti 14 mineral serta 11 vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, alpukat juga kaya akan riboflavin, protein, vitamin B3, vitamin B2, kalium serta vitamin C.

Alpukat sendiri bukan hanya enak dimakan dagingnya, namun biji buahnya juga memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan. Ada banyak sekali manfaat biji buah alpukat yang bisa kita dapatkan mulai dari:

1. Untuk mengobati sakit maag

Maag merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita seseorang dengan pola makan yang buruk. Untuk mengatasi sakit ini, anda dapat mengandalkan kehebatan biji buah alpukat. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara:

  • mencuci biji alpukat menggunakan air matang hingga bersih
  • selanjutnya parut biji buah alpukat lalu campur menggunakan air matang setengah gelas
  • saring airnya lalu gunakan untuk minum pada pagi dan sore hari. Lakukan hingga maag yang anda derita sembuh

2. Untuk mengobati diabetes mellitus

Cara menggunakan biji alpukat untuk mengobati diabetes mellitus, dapat anda lakukan dengan cara:

  • memanggang biji alpukat yag telah bersih ke atas api
  • potong biji buah menjadi beberapa potongan yang kecil-kecil
  • selanjutnya rebus biji alpukat hingga berwarna coklat
  • setelah air rebusan berubah warna menjadi coklat, anda dapat menyaring air tersebut lalu minum hingga sakit anda sembuh

3. Untuk mengatasi sakit gigi

Biji buah alpukat ternyata bisa pula digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Cara menggunakan biji alpukat sebagai obat sakit gigi dapat dilakukan dengan cara

  • menumbuk biji buah alpukat hingga halus
  • selanjutnya gunakan tumbukan dari biji tersebut ke dalam gigi yang terasa sakit atau bahkan yang tengah berlubang. Selain itu, anda dapat juga menggunakan kapas yang telah dicocokkan pada tumbukan biji untuk kemudian dioleskan pada gigi yang tengah bermasalah

4. Mengatasi bengkak akibat peradangan

Untuk mengatasi bengkak akibat peradangan, anda dapat menggunakan biji alpukat dengan cara:

  • menumbuknya hingga halus
  • ambil tumbukan biji alpukat lalu tambahkan air hingga adonannya berubah seperti bubur
  • selanjutnya balurkan adonan hasil tumbukan tersebut pada bagian tubuh yang sakit

5. Untuk mengatasi gagal ginjal

Untuk mengatasi sebuah penyakit, ada baiknya jika anda menggunakan obat alami yang banyak tersedia di alam. Beragam obat alami tersebut ternyata tidak kalah ampuhnya dengan pengobatan yang dilakukan di rumah sakit. Salah satunya adalah mengobati gagal ginjal menggunakan biji buah alpukat. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara:

  • mengiris biji alpukat dengan irisan yang kecil-kecil
  • selanjutnya jemur irisan tersebut hingga kering layaknya kerupuk
  • giling biji alpukat yang telah kering tersebut hingga halus
  • selanjutnya buat minuman menggunakan serbuk biji buah alpukat. Lakukan seperti saat kita membuat kopi atau teh
  • minum 3 kali dalam sehari. Minuman sehat ini tidak memiliki efek samping.

Untuk hasil yang bagus, anda dapat mengonsumsi minuman sehat ini selama 1 bulan lalu rasakan perubahannya pada tiap minggu. Jika kondisi anda sudah normal kembali, anda dapat menghentikan pengonsumsiannya.

Selain manfaat biji alpukat di atas, biji alpukat juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan serta mengurangi rasa letih.

ads

Manfaat buah alpukat untuk kecantikan

Bukan hanya untuk kesehatan, namun buah alpukat juga dapat digunakan dalam menambah kecantikan diri anda. Mulai dari melembutkan kulit hingga membuat rambut kembali bersinar, dapat anda lakukan dengan menggunakan buah alpukat. Tidak heran jika kini ada banyak produk kecantikan yang menggunakan alpukat sebagai bahan pembuatan produknya.

  1. Masker wajah

Buah alpukat dapat digunakan sebagai masker wajah dengan cara memotong buah menjadi 2 bagian. Blender alpukat lalu tambahkan madu dengan takaran ¼ cangkir. Oleskan pada wajah secara merata lalu tunggu selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya bersihkan dengan air hangat hingga bersih. Masker dari  buah alkpukat cocok bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering.

  1. Menghaluskan tangan

Menggunakan buah alpukat untuk menghaluskan tangan dapat dilakukan dengan cara mencampur sepotong alpukat menggunakan ½ sdt minyak zaitun, sebutir putih telur, sdm lemon juice, serta 2 sendok outmeal. Jika sudah tercampur rata, anda dapat mengoleskannya pada bagian tangan dan lakukan  secara merata. Lakukan selama kurang lebih 20 menit lalu bersihkan menggunakan air hangat.

  1. Melembutkan rambut

Bagi anda yang memiliki rambut kurang lembut dan bersinar, anda dapat menggunakan buah alpukat untuk membuat rambut anda kembali cantik dan bersinar. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan sepotong alpukat, ½ sdt minyak zaitun, sebutir kuning telur lalu ratakan pada rambut anda dari pangkal hingga ujung rambut. Biarkan selama kurang lebih 30 menit lalu bersihkan menggunakan shampo dan bilas hingga bersih.

  1. Untuk mengatasi mata bengkak

Untuk mengatasi mata bengkak mengggunakan buah alpukat, dapat dilakukan dengan cara memotong alpukat menjadi beberapa bagian lalu tempelkan pada bagian bawah mata. Lakukan selama kurang lebih 20 menit selanjutnya bilas menggunakan air yang bersih. Selain menggunakan alpukat, anda dapat pula menggunakan irisan buah mentimun yang kaya akan kandungan air untuk membuat mata anda kembali segar.

Baca juga : Manfaat daun alpukat – manfaat jus alpukat – manfaat masker alpukat – manfaat minyak alpukat

Manfaat alpukat untuk ibu hamil

Alpukat memiliki banyak kandungan baik bahkan untuk ibu hamil sekalipun. Buah yang satu ini berguna dalam mencegah datangnya penyakit Spina Bifida pada janin yang tengah dikandung. Penyakit spina bifida sendiri dapat terjadi ketika jaringan sumsum tulang belakang keluar dari punggung. Buah alpukat dapat dijadikan sebagai solusi dalam mengatasi jenis penyakit ini karena kandungan asam folat. asam folat berperan sebagai penghambat penyakit ini.

Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi pada saat kehamilan. Asam folat berguna dalam menghindarkan calon buah hati terhindar dari cacat otak serta kerusakan akan sumsum pada tulang belakang.

Tidak hanya buahnya, manfaat biji alpukat untuk kesehatan juga sangat berdampak dalam membantu tubuh yang sehat dan bahkan menghindarkan serta mengobati berbagai penyakit.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 23rd, November 2015 / 06:48 Oleh :
Kategori : Buah Buahan