Sponsors Link

15 Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan – Ibu Hamil – Kecantikan

Sponsors Link

Biang kunyit merupakan bahan alami yang jarang kite temui, biasanya yang kita temui adalah kunyit. Apa sih bedanya biang kunyit sama kunyit, sebenarnya keduanya sama namun hanya bentuk dan sifatnya saja yang berbeda, kandungan gizi di dalamnya juga tidak jauh berbeda. biang kunyit atau bisa disebut dengan kepala kunyit ini memiliki ukuran lebih besar dan memiliki keampuhan yang lebih dari manfaat kunyit biasanya. Memang sama namun ada perbedaan sedikit, hal ini bisa disandingkan seperti manfaat bawang putih dan manfaat bawang lanang.

ads

Sama halnya dengan kunyit biang kunyit memiliki banyak manfaat bagi kita. Hal ini dikarenakan kandungan gizi yang ada di dalam biang kunyit tersebut, ada beberapa kandungan gizi yang baik bagi tubuh kita dalam biang ini, antara lain :

  1. Kurkumin

Kurkumin merupakan kandungan yang paling banyak manfaatnya bagi tubuh, kurkumin merupakan zat warna kunign pada kunyit. Kurkumin dalam biang kunyit terdiri dari 10% desmetoksikurkumin dan 1-5% bisdesmetoksikurkumin.

  1. Minyak atsiri

Di dalam biang kunyit juga terdapat kandungan minyak, yaitu minyak atsiri. Minyak atsiri yang ada di dalam biang kunyit terdiri dari keton sesquiterpen, turmeron, 60% tumeon, 25% zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineil. (Baca juga : manfaat minyak atsiri)

  1. Lemak

Dalam biang kunyit juga terdapat kandungan lemaknya, yaitu 1-3% lemak terkandung di dalamnya.

  1. Karbohidrat

Tidak hanya lemak, dalam biang kunyit juga terdapat kandungan karbohidrat yang baik, sebanyak 3%, sama halnya seperti manfaat nasi putih.

  1. Protein

Ada juga kandungan protein di dalam biang kunyit, yaitu sebesar 30%, protein merupakan salah satu kandungan yang paling banyak terdapat dalm biang kunyit. (Baca juga : manfaat protein)

  1. Vitamin C

Jika anda membutuhkan vitamin C, maka anda bisa konsumsi baing kunyit ini, karena vitamin C yang terkandung dalam biang ini sebanyak 45-55%.

Sumber vitamin C :

  1. Pati

Sedangkan pati memiliki konsentrasi sebanyak 8% di dalam biang kunyit.

  1. Zat besi
  2. Fosfor
  3. Kalsium

Itulah beberapa kandungan gizi yang dimiliki oleh biang kunyit, zat-zat itulah yang membuat biang kunyit memiliki manfaat dan kahsiat yang baik untuk tubuh kita. Selanjutnya kita akan membahas manfaat yang kita dapatkan jika kita mengkonsumsi biang kunyit.

Manfaat Biang Kunyit Untuk Kesehatan

  1. Menurunkan Demam

Kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh serta efek hangat yang diberikan biang kunyit akan mampu meredakan demam.

  1. Mengatasi Kanker

Biang kunyit memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru, sehingga resiko kanker akan semakin kecil terjadi. Selain itu kandungan kurkumin dan nutrisi lainnya mampu berperan sebagai pelindung tubuh dari serangan kanker.

Top untuk kanker :

  1. Melancarkan Pencernaan

Biang kunyit baik untuk pencernaan anda. Kandungan fosfor yang ada di dalam biang kunyit mampu memperlancar pencernaan anda, sehingga anda akan tetap sehat dan merasakan kenikmatan makanan secara sempurna tanpa adanya gangguan pencernaan. (Baca juga : manfaat belimbing)

  1. Meningkatkan Energi

Anda bisa meningkatkan energi dalam tubuh anda untuk beraktifitas dengan mengkonsumsi biang kunyit. Kandungan karbohidrat dan pati dalam biang kunyit akan membrikan energi tambahan untuk tubuh anda. Sehingga anda tetap bisa melakukan aktifitas tanpa mengalami rasa lelah yang berlebih. (Baca juga : manfaat karbohidrat)

  1. Meningkatkan Imunitas

Dengan mengkonsumsi baing kunyti secara teratur, maka kekebalan tubuh atau imunitas tubuh anda kan meningkat. Kandungan zat besi di dalamnya mampu mempertebal dan menguatkan imun sehingga tidak mudah terserang atau terinfeksi penyakit. (Artikel terkait : manfaat leci)

  1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Biang kunyit sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan tulang serta gigi kita. kandungan kalsium dan fosfor yang ada di dalam biang kunyit mampu memberikan pertahanan ekstra untuk tulang dan gigi kita. (Baca juga : manfaat sawi dan manfaat jamur merang)

  1. Meredakan Nyeri Haid

Tidak perlu diragukan lagi bahwa biang kunyit sangat ampuh meredakan nyeri haid. Sifat antibakteri dan antiseptik mampu melawan bakteri penyebab nyeri haid. Konsumsi biang kunyit secara teratur saat terasa nyeri. (Artikel terkait: manfaat sari kunyit)

Manfaat Biang Kunyit Untuk Ibu Hamil

Tidak hanya pada kesehatan tubuh saja, namun bagi ibu hamil biang kunyit juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

  1. Mengatasi Sakit Perut Sehabis Melahirkan

Bagi anda ibu yang baru melahirkan pasti merasakan sakit yang luar biasa pada perut anda. Namun jangan khawatir anda bisa meminimalisir sakit tersebut dengan mengkonsumsi biang kunyit. Caranya dengan membuat jamu dari campuran biang kunyit yang sudah diparut dengan manfaat jahe serta manfaat kencur. Minum 3 kali sehari secara rutin agar nyeri perut tidak terasa lagi.

  1. Melancarkan ASI

Ternyata biang kunyit juga bisa digunakan sebagai pelancar ASI, namun caranya bukan diminum atau di buat jamu. Anda cukup menghaluskan biang kunyit tyerserbut, lalu oleskan pada payudara anda. Biang kunyit tersebut memberikan efek memijat pada payudara anda, sehingga akan memacu produksi ASI anda.

  1. Memberikan Asupan Baik Bagi Bayi

Bagi ibu hamil, anda bisa memberikan asupan baik bagi bayi dengan mengkonsumsi biang kunyit, nutrisi yang ada dalam biang kunyit sangat baik bagi tumbuh kembang bayi yang ada di rahim anda. Cukup dibuat jamu dan minum secara teratur. (Artikel terkait : manfaat kiwi)

Manfaat Biang Kunyit Untuk Kecantikan

Selain cocok untuk kesehatan dan ibu hamil, biang kunyit juga bagus untuk menjaga kecantikan kulit anda, apa saja manfaat biang kunyit bagi kulit anda?

ads
  1. Mengatasi jerawat

Penggunaan biang kunyit sebagai masker wajah mampu menghilangkkan jerawat anda. Kandungan antioksidan di dalam biang kunyit mampu membasmi bakteri penyebab terjadinya jerawat. Caranya dengan campuran biang kunyit yang sudah dihaluskan dengan manfaat madu. Oleskan campuran tersebut ke muka anda, tunggu 15 menit lalu bersihkan dengan air. (Baca juga : manfaat belimbing wuluh)

  1. Menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini

Dengan menggunakan biang kunyit, wajah anda akan terhindar dari kerutan dan penuaan dini. Kandungan nutrisi yang ada di dalam biang kunyit sangat baik untuk membuat wajah anda selalu cerah dan kesat tidak mudah berkerut. Caranya dengan membuat masker wajah dengan campuran biang kunyit yang sudah dihaluskan dengan manfaat tepung beras, manfaat susu, dan manfaat tomat. Oleskan pada wajah anda campuran ini selama 20 menit, setelah itu basuh dengan air bersih. (Baca juga : manfaat sari agegard)

  1. Mengatasi pigmentasi

Biang kunyit mampu menghindarkan kulit dari pigmentasi dan mendinginkan kulit yang terbakar oleh paparan sinar matahari, karena biang kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik. Caranya dengan membuat masker dari campuran biang kunyit yang sudah dihaluskan dengan manfaat mentimun. Oleskan pada kulit anda dan tunggu hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih, lakukan ini secara rutin agar kulit anda kembali cerah seperti semula.

  1. Melembabkan kulit wajah

Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam biang kunyit ammpu membuat wajah anda tetap dalam kondisi yang lembab dan bebas dari kering. Anda bisa gunakan biang kunyit sebagai masker wajah. (Baca juga : manfaat buah pir)

  1. Mengangkat sel-sel kulit mati

Biang kunyit ternyata memiliki kandungan dan tekstur yang mampu dimanfaatkan untuk proses eksfoliasi secara lembut dan tanpa menjadikan kulit mengalami iritasi. Dengan hanya membuat scrub dari biang kunyit yang telah anda haluskan.

Itulah berbagai manfaat dan kegunaan dari biang kunyit. konsumsi dan gunakan secara teratur agar tubuh anda mendapatkan kebaikan yang luar biasa darinya, namun tetap harus diingat konsumsi secara wajar dan jangan berlebihan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 15th, June 2016 / 02:22 Oleh :
Kategori : Herbal