8 Manfaat Berhenti Merokok dan Cara Memulainya

Tahukah anda bahwa di dalam sebatang rokok terdapat lebih dari 4000 jenis kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh, banyak dari kandungan tersebut mampu menyebabkan berbagai jenis kanker. Bagi anda yang merokok maka anda sedang menumpuk racun secara terus-menerus dan ini sangatlah tidak baik untuk kesehatan anda. Apapun alasan anda pada rokok, tetap saja tidak dapat mengelak fakta ini. jadi lebih baik anda hentikan kebiasaan merokok sekarang juga demi kebaikan anda dan orang disekitar anda lainnya.

Cobalah untuk berhenti merokok saat ini juga dan anda akan merasakan manfaatnya. Memang sulit untuk melakukannya pertama kali dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun jika anda memiliki motivasi tinggi untuk berhenti merokok maka anda pasti bisa melakukannya.

artikel terkait:

Manfaat berhenti merokok

Anda tidak akan mendapatkan kerugian dalam bentuk apapun jika anda memutuskan untuk berhenti merokok. Sebaliknya anda akan mendapatkan berbagai jenis manfaat pada kesehatan dari berhenti menghisap tembakau yang digulung dan mematikan ini. apa saja manfaatnya? Simak berikut ini:

  1. Lebih awet muda

Ketika anda merokok, asap dalam rokok dapat menghalau masuknya oksigen dalam kulit sehingga kulit akan menjadi lebih tidak sehat dan menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kulit keriput, kulit kusam, jerawat, komedo dan lainnya. dengan berhenti merokok maka kulit anda akan menjadi lebih sehat dan terlihat lebih segar sehingga anda pun akan terlihat lebih awet muda dibandingkan dengan mereka yang masih merokok.

artikel terkait: manfaat air garam untuk gusi bengkak

  1. Terhindar dari stress

Jika anda berifkir bahwa dengan merokok bisa menghilangkan masalah dan stress yang anda alami maka anda sangat salah besar seribu persen. Merokok tidak menyelesaikan masalah anda karena di dalam rokok mengandung nikotin yang efeknya dapat membuat euphoria sementara pada otak. Jika nikotin ini terhenti maka efek tersebut akan hilang dan masalah anda akan muncul kembali bahkan dapat membuat anda merasa stress lebih dari sebelumnya. perlu anda ketahui bahwa nikotin bukanlah obat pereda stress dan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Menurut penelitian menunjukkan bahwa orang yang berhenti merokok atau tidak merokok akan lebih terhindar dari stress dibandingkan dengan orang yang merokok. Jadi anda harus perbaiki perpektif anda mengenai hal ini ya.

artikel terkait: manfaat terong ungu

  1. Meningkatkan kesuburan

Anda seorang perokok dan mengalami masalah pada kesuburan maka inilah saatnya untuk menyalahkan rokok! Baik untuk wanita ataupun pria merokok sangatlah tidak baik bagi kesuburan karena bisa membuat lapisan rahim dan kualitas sperma menurun. Sehingga jika anda ingin mudah mendapatkan kehamilan jangan lagi merokok ya. selain itu merokok juga akan membuat kandungan tidak baik dan bisa membuat bayi cacat baik fisik maupun mental.

artikel terkait: manfaat buah rimbang

  1. Meningkatkan peforma seks

Merokok tidak akan membuat anda terlihat jantan di ranjang. Malah sebalikanya anda akan mendapati kualitas seks anda menurun dan untuk mengatasinya adalah dengan menghentikan rokok itu sekarang juga. Dengan berhenti merokok, peredaran darah anda akan menjadi lebih lancar yang akan membuat tingkat sensivitas alat vital anda menjadi lebih baik. bagi pria, anda akan mendapati ereksi yang maksimal karena pembuluh darah terisi penuh dengan darah dan untuk wanita, anda akan menjadi mudah terangsang ketika dalam hubungan seks. Jadi, anda punya masalah pada hubungan asmara? Tidak perlu susah mencari solusinya cukup matikan rokok anda sekarang juga.

artikel terkait: manfaat tanamn vanili

  1. Membuat senyum lebih menawan

Efek buruk lainnya yang akan anda dapatkan dari merokok adalah gigi kuning dan bau nafas yang tidak sedap. Dengan penampilan yang seperti ini tentunya akan membuat anda dihindari oleh orang lainnya terutama lawan jenis. So, berhentilah merokok karena akan membuat gigi anda menjadi lebih putih dan nafas anda akan menjadi lebih segar dan pastinya senyum anda akan lebih menawan.

artikel terkait: manfaat terapi lintah

  1. Terhindar dari penyakit mematikan

Zat kimia yang ada di dalam rokok sangat berpotensi besar untuk menjadi resiko berbagai jenis kanker seperti kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker paru-paru, stroke, serangan jantung dan lainnya. nah, seharusnya fakta ini bisa menjadikan anda waspada dan tidak ingin menyentuh rokok lagi bukan? Jika tidak maka ada yang salah pada pikiran anda yang harus dikonsultasikan dengan ahli mental.

artikel terkait: manfaat gluta drink

  1. Memiliki keluarga yang sehat

Rokok tidak hanya berbahaya bagi para pelakunya melainkan juga bagi orang lain yang tidak melakukannya atau bagi para perokok pasif. Asap rokok yang dihirup perokok pasif ini lebih berbahaya dari pada asap yang ditelan oleh perokok aktif. Jadi jika anda mendapati anggota keluarga atau teman anda sakit parah bisa jadi itu karena ulah anda dengan memberikan mereka asap rokok yang sangat tidak sehat bagi kesehatan. Maka dari itu saat ini segeralah berhenti merokok supaya anda mendapatkan keluarga anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit mematikan.

artikel terkait: manfaat lapisan ozon

  1. Hidup lebih hemat

Mungkin anda tidak pernah memikirkannya namun inilah faktanya bahwa anda menghabiskan lebih banyak uang anda untuk rokok dari pada untuk membeli beras setiap bulannya. coba anda hitung jika dalam sehari anda merokok sebanyak 13.000 maka dalam sebulan anda akan menghabiskan uang sebesar 390.000 dan dalam satu tahun anda bisa mengeluarkan uang sebesar 4.680.000 hanya untuk rokok! Coba anda bayangkan jika anda tidak merokok dan uang itu ditabung saja maka anda akan mendapatkan berbagai benda yang anda inginkan dan bisa menjadi tabungan masa depan. So, masih tidak ingin berhenti merokok sekarang juga?

artikel terkait: manfaat daging babi

Itulah manfaat yang akan anda dapatkan jika anda memutuskan untuk berhenti merokok. Manfaat ini tentunya bukan isapan jempol belaka melainkan memang benar apa adanya. Jadi berhentilah merokok untuk kehidupan anda yang lebih baik.

Cara berhenti merokok

Memang tidaklah mudah untuk bisa berhenti dan keluar dari belenggu rokok, apalagi jika anda sudah bertahun-tahun lamanya merokok. Yang perlu anda butuhkan paling utama adalah motivasi dan tekad. Bertekadlah anda harus menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih sehat dan tidak membuat lingkungan menjadi tercemar dengan asap rokok yang anda hasilkan. Jika anda mendengar ada mitos mengenai berhenti merokok seperti akan menjadi gemuk, stress, susah makan dan lainnya maka jangan dengarkan hal tersebut karena itu adalah mitos belaka. Sebaliknya dengan berhenti merokok anda akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah baik kesehatan, sosial dan keuangan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan supaya anda bisa berhenti merokok:

  • Fokuslah pada manfaatnya

Jika anda mulai bingung bagaimana cara berhenti merokok maka pertama kali yang harus anda lakukan adalah fokus pada manfaat yang akan anda dapatkan dari berhenti merokok ini. manfaatnya sudah tertera di atas dan bisa anda dapatkan sepenuhnya dengan berhenti merokok.

  • Tetapkan tanggal

Ketika anda hendak berhenti merokok maka jangan hanya sebatas wacana dalam angan-angan saja melainkan harus dibersamai dengan tanggal yang pasti. Penetapan tanggal ini akan membuat anda merasa terpacu pada target anda selanjutnya. mungkin anda akan stress saat pertama kali berhenti merokok karena anda sudah kebiasaan merokok setiap harinya. Namun semakin mendekati tanggal yang telah anda tetapkan maka lebih persiapkan lagi mental anda supaya anda menjadi siap dan jika sudah pada tanggalnya paksakan niat anda tersebut.

  • Mintalah dukungan

Jangan merahasiakan misi besar anda yang satu ini. beritahukanlah kepada orang lain seperti pasangan, teman, keluarga dan lainnya supaya mereka bisa mendukung anda dan membantu mengawasi anda jika sewaktu-waktu anda sudah tidak tahan ingin merokok. Mereka ini pasti akan mendukung keputusan anda sehingga mereka juga akan berusaha yang terbaik supaya misi anda ini berhasil. Jika perlu ajaklah para perokok lainnya untuk berhenti supaya tidak ada hal yang membuat anda tertarik untuk merokok. Dengan cara ini anda akan lebih mudah terbebas dari rokok.

  • Jalani pengobatan medis

Jika perlu anda bisa berkonsultasi dengan dokter bagaimana caranya berhenti merokok. Dokter mungkin akan memberikan anda terapi yang bisa menghilangkan ketergantungan anda dari nikotin. Terapi medis ini harus anda jalani sampai anda benar-benar lepas dari belenggu rokok. Biasanya untuk mengganti nikotin anda bisa menggunakan permen karet atau tablet isap dimana keduanya juga mengandung nikotin namun tidak berbahaya.

  • Olahraga

Dengan melakukan olahraga anda juga bisa mengalihkan perhatian anda dari segala hal yang berhubungan dengan rokok. Olahraga yang bisa anda lakukan yang sederhana saja misalnya dengan lari keliling kompleks, sit up, push up, lompat tali, aerobic dan lainnya sesuai dengan selera anda masing-masing. anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti menyapu, berkebun, menyiram tanaman dan lainnya. pokoknya apapun aktivitas yang bisa mengalihkan perhatian anda dari rokok. Lakukan kebiasaan ini anda anda pun bisa berhenti merokok sekaligus mendapatkan tubuh lebih sehat.

artikel terkait:

Demikian ulasan mengenai manfaat berhenti merokok. Mulailah dari sekarang untuk masa depan yang lebih baik. terima kasih dan semoga bermanfaat.

, ,
Post Date: Wednesday 29th, June 2016 / 09:10 Oleh :
Kategori : Kesehatan