Sponsors Link

7 Manfaat Beras Kencur untuk Kaki Bengkak Paling Ampuh

Sponsors Link

Pastinya nama beras kencur sudah tidak asing lagi bagi kita. Beras kencur bisa kita dapatkan dengan mudah di kedai jamu, pasar, atau ditawarkan oleh pedagang keliling. Rasanya yang segar membuat jamu satu ini disukai oleh segala usia dari yang muda sampai yang tua. Banyak anak diberi jamu beras kencur karena manfaatnya yang mampu menambah nafsu makan serta mengobati sakit tenggorokan. Tetapi, tahukah kalian bahwa jamu satu ini bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati kaki bengkak? untuk menyembuhkan kaki yang bengkak biasanya beras kencur dijadikan parem atau bobok. Untuk lebih jelasnya, kita simak bersama-sama uraian di bawah ini.

ads

Baca juga :

Kandungan Nutrisi

Sesuai dengan namanya, beras kencur merupakan jamu tradisional yang bahan utamanya adalah campuran antara beras dan kencur. Sedangkan untuk parem atau bobok biasanya ditambah dengan serai. Oleh karena itu kandungan nutrisi utama yang dimiliki parem beras kencur ini merupakan perpaduan ketiganya. Adapun diantaranya seperti diuraikan di bawah ini:

  • Beras – Dalam 100 gram beras mengandung karbohidrat 79 g; gula 0,12 g; serat pangan 1,3 g; lemak 0,66 g; protein 7,13 g; air 11,62 mg; tiamina (vit. B1) 0,07 mg; riboflavin (vit. B2) 0,049 mg; niasin (vit. B3) 1,6 mg; asam pantoneat (Vit. B5) 1,014 mg; vitamin B6 0,164 mg; folat (vit. B9) 8 mg; kalsium 28 mg; besi 0,8 mg; magnesium 25 mg; mangan 1,088 mg; fosfor 115 mg; kalium 115 mg; dan zink 1,09 mg.
  • Kencur – Komposisi yang dimilki rimpang kencur berpa pati 4,14%; mineral 13,73%; gom; dan minyak atsiri 0,02 % berupa alkaloid, asam anisat, paraeumarin, kamphene, borneol, etilester, asam sinamat, asam metil kanil, penta dekaan, dan sineol.
  • Serai – Serai mengandung minyak atsiri yang komponen utamanya adalah sitrolena, geraniol (20%), dan sitronelol (66-85%)

Baca juga :

Manfaat Beras Kencur untuk Kaki Bengkak

Bengkak merupakan suatu kondisi dimana terjadi pembesaran pada anggota tubuh sehingga kaki bengkak merupakan suatu kondisi dimana ukuran kaki membesar melebihi batas normal. Pembengkakan pada kaki ini dapat terjadi karena benturan, luka, adanya penyakit, atau terjadinya infeksi. Dengan kaki yang bengkak tentunya akan mengganggu aktivitas kita.

Tidak hanya aktivitas, tetapi mau bergerak kemanapun menjadi malas karena merasakan sakit. Parem yang terbuat dari beras kencur dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kaki yang diakibatkan oleh benturan, luka, atau infeksi. Pembengkakan kaki yang terjadi akibat adanya penyakit seperti tumor dan kaki gajah tidak bisa diringankan dengan parem satu ini. Jika demikian, maka satu-satunya cara harus tetap memeriksakan diri ke dokter. Nah, bagaimana beras kencur dapat mengobati kaki bengkak?

[AdSense-B)

1. Anti Septik – Salah satu kandungan parem dari beras kencur adalah serai dimana didalamnya terdapat sitronela, geraniol, dan sitronelol. Ketiga zat ini bersifat sebagai antiseptik sehingga cocok digunakan untuk mencegah infeksi pada kaki yang bengkak.

Baca juga :

2. Memproduksi Sel Darah Merah – Pada saat kaki membengkak biasanya kulit berwarna kemerahan akibat terjadinya penggumpalan darah, vitamin B9 pada beras dapat membantu memproduksi sel darah merah yang sehat sedangkan vitamin B6 nya membantu dalam pembentukan hemoglobin yang berfungsi mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh.

3. Melancarkan Peredaran Darah – Penggumpalan darah yang terjadi saat kaki bengkak dapat menyumbat peredaran darah. Salah satu kandungan di dalam rimpang kencur dapat membantu memperlancar peredaran darah. Dengan demikian, parem beras kencur baik untuk mengobati kaki yang bengkak.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf – Kaki bengkak dapat terjadi karena benturan, hal ini dapat mengganggu kinerja sistem saraf. Jika sistem saraf terganggu akan sangat berbahasa untuk tubuh. Ternyata vitamin B1 dan B3 di dalam beras dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf.

5. Menyehatkan Kulit – Tentunya saat kaki membengkak maka kulit cenderung mengalami iritasi. Beras yang menjadi salah satu bahan utama parem dari beras kencur mengandung vitamin B2 yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Baca juga :

6. Mengencangkan Kulit – Selain mengalami iritasi, saat kaki membengkak kulit juga mengalami perubahan ukuran. Campuran kencur di dalam parem beras kencur dapat membantu mengencangkan kulit. Tidak hanya mengencangkan saja kulit tetapi juga menghaluskannya.

7. Mencegah Peradangan – Selain infeksi, kaki yang bengkak karena luka dapat mengalami peradangan. Kencur dapat membantu mengatasi peradangan ini sehingga parem beras kencur cocok digunakan untuk meringankan bengkak pada kaki.

Sponsors Link

Nah, setelah mengetahui manfaat parem dari beras kencur untuk kaki bengkak lalu bagaimana cara membuatnya? Dan bagaimana pula cara pengobatannya? Cukup mudah, kita hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Pembuatan dan Pengobatan

1.Siapkan secukupnya bahan-bahannya meliputi beras, serai, dan kencur (jangan lupa dicuci bersih dulu ya)

2.Haluskan ketiga bahan tersebut dan tambahkan sedikit air

3.Balur parem beras kencur pada kaki yang membengkak dan hindarkan pada bagian yang terluka

4.Lakukan langkah ketiga ini secara teratur setidaknya 2 kali sehari setelah mandi.

Baca juga :

Nah cukup mudah kan, jadi anda tidak perlu bingung dulu jika kaki anda bengkak. Tentunya ketujuh manfaat di atas dapat diperoleh secara maksimal jika beras kencur dibalurkan pada kaki yang bengkak secara rutin dan tetap iringi dengan do’a memohon kesembuhan kepada Tuhan yang Maha Esa. Selain itu, alangkah baiknya jika beras kencur juga dikonsumsi dan pastinya perlu ditambahkan sedikit gula, garam, dan air untuk menambah cita rasanya. Gunakan air matang ya jika memang ingin diminum, selamat mencoba!

 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 27th, July 2017 / 13:10 Oleh :
Kategori : Herbal