Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Bengkoang Untuk Penyakit Diabetes

Sponsors Link

Tanaman bengkoang masuk kedalam famili kacang – kacangan yang dapat tumbuh hingga 4-5 meter dan umbinya dapat mencapai berat 10 kg. Bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal oleh masyarakat Indonesia karena digunakan sebagai salah satu buah untuk rujak. Bengkoang juga dipercaya dapat mencerahkan dan memutihkan kulit sehingga banyak digunakan sebagai masker wajah. Buah bengkuang yang sering kita kenal sebenarnya merupakan umbi dari tanaman bengkoang. Rasa bengkoang yang manis dan berair sangat cocok dikreasikan dalam berbagai olahan makanan.

Artikel terkait:

Nutrisi Bengkoang

Dalam 100 gram bengkoang yang dimakan mentah, energi yang didapatkan tubuh sekitar 38 kcal. Bengkuang juga mengandung sedikit karbohidrat yaitu sekitar 8% sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet atau memiliki riwayat diabetes. Bengkuang merupakan sumber vitamin C dan kalium yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu bengkuang juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, kalsium, fosfor, mangan, dan magnesium.

Artikel terkait:

Mengenai Diabetes

Diabetes adalah penyakit akibat kekurangan atau tidak ada sama sekali hormon insulin didalam tubuh. Hormon insulin berfungsi untuk menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh manusia. Apabila kadar insulin tidak mencukupi atau tidak ada sama sekali maka gula darah dalam tubuh akan terus meningkat dan menyebabkan banyak sistem tubuh yang terganggu. Dari penyebabnya, diabetes dibedakan menjadi dua yaitu diabetes tipe I dan diabetes tipe II.

  • diabetes tipe I – diabetes ini disebabkan oleh sistem tubuh yang tidak dapat menghasilkan insulin.
  • diabetes tipe II – diabetes ini disebabkan kadar insulin dalan tubuh sangat sedikit sehingga tidak mampu mengontrol kadar gula darah.

Belum ada pengobatan yang dapat mengembalikan kondisi ini sehingga pengobatan hanya dilakukan agar gejala diabetes tidak semakin parah. Pengobatan biasanya dengan penyuntikan hormon insulin secara teratur kedalam tubuh sehingga bisa digunakan untuk mengontrol kadar gula darah tubuh. Penderita diabetes harus selalu mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi.

Beberapa bahan makanan yang baik untuk diabetes dapat dibaca pada artikel: manfaat sirsak untuk diabetes – manfaat gambir untuk diabetes – manfaat madu untuk diabetes – manfaat kopi untuk diabetes – manfaat sambiloto untuk diabetes

sponsored links

Bengkoang Untuk Diabetes

Penderita diabetes harus menghindari makanan atau minuman yang memiliki rasa manis. Rasa manis biasanya menunjukkan adanya gula (karbohidrat) didalamnya. Bengkoang juga memiliki rasa manis, apakah buah bengkoang bisa dikonsumsi penderita diabetes? Ternyata meskipun bengkoang memiliki rasa manis, rasa ini dihasilkan oleh senyawa yang bernama inulin. Sehingga masih relatif aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Senyawa inulin sendiri sulit dicerna oleh tubuh sehingga peningkatan kadar gula dalam tubuh tidak terlalu tinggi.

Baca juga:

Selain itu vitamin C dalam bengkoang berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh. Kalium juga berguna dalam berbagai proses metabolisme tubuh. Sehingga proses dalam sel sel tubuh berjalan lebih baik.

Demikianlah uraian manfaat bengkoang untuk diabetes. Meskipun baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes namun jumlah buah yang dikonsumsi harus disesuaikan juga dengan asupan harian yang dikonsumsi. Sehingga tidak ada kelebihan kadar gula darah yang dapat memperparah gejala diabetes. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 11th, November 2016 / 04:09 Oleh :
Kategori : Buah Buahan