6 Manfaat Bengkoang Berdasarkan Nutrisinya

Advertisement

Bengkuang adalah sayuran yang berasal dari umbi akar yang menyerupai kentang, namun sangat besar seperti lobak coklat. Ketika dimakan mentah, ia memiliki rasa yang ringan dengan tekstur renyah, tidak seperti pir mentah. Bengkuang dapat di makan entah, ditaburi dengan garam dan air jeruk nipis. Bengkuang juga dapat digunakan dalam tumis untuk dijadikan lauk. Untuk orang dewasa dianjurkan untuk mengambilnya 2 sampai 3 cangkir sayuran untuk makan setiap hari. Berikut ini beberapa manfaat bengkoang dalam kandungan gizinya 1) 2) :

  1. Bengkuang merupakan salah satu sayuran dengan kandungan kalori yang sangat rendah, hanya mmeiliki 35 kalori per 100 g. Namun, phyto-nutrisi yang berkualitas tinggi, terdiri dari serat makanan, dan anti oksidan dan sejumlah mineral, dan vitamin.
  2. Bengkuang adalah salah satu sumber serat terbaik, khususnya sumber yang sangat baik dari inulin oligofructose, serat makanan larut. Bengkoang menyediakan 4,9 mg atau 13% serat. Inulin merupakan karbohidrat lembam manis namun nol kalori. Bengkoang bertindak pada metabolisme di dalam tubuh manusia yang ideal bagi penderita diabetes.
  3. Seperti dalam lobak, umbi yang segar ini juga kaya vitamin C; menyediakan sekitar 20,2 mg atau 34% dari rekomendasi harian vitamin C per 100 g. Manfaat vitamin C yang larut dalam air menjadi anti oksidan yang kuat untuk membantu tubuh mencegah radikal bebas berbahaya, sehingga menawarkan perlindungan dari kanker, peradangan, virus batuk dan dingin.
  4. Bengkoang juga mengandung sejumlah kelompok vitamin B kompleks yang berharga seperti folat, riboflavin, piridoksin, asam pantotenat, dan thiamin.
  5. Umbi bengkoang juga memberikan sejumlah mineral sehat yang penting seperti magnesium, tembaga, zat besi dan mangan.
  6. Bengkuang menyediakan sekitar 16 persen dari kebutuhan asam folat harian. 1 cangkir bengkoang, merupakan sumber yang cukup baik dari kalium menawarkan 195 miligram, dari jumlah yang sama seperti yang di dapatkan dalam buah persik, catatan Drugs.com. Kalium adalah zat penting untuk keseimbangan cairan dan mengontrol tekanan darah.

manfaat-bengkoang

Bengkoang

Sudah rahasia umum, jika bengkoang banyak manfaatnya untuk perawatan kecantikan, teritama pada kulit. Pada kandungan vitamin C bengkoang, memberikan rangsangan pada sel kulit untuk beregenerasi, sehingg sel kulit mati berganti dengan yang baru. Masker bengkoang yang ditambah rempah-rempah alami dan ditambah manfaat minyak zaitun dapat digunakan untuk merelaksasi kulit wajah setelah aktifitas luar rumah. Jadi manfaat bengkoang, yang sangat lengkap ini dapat diperoleh dengan penggunaannya secara teratur.


Pada umumnya bengkoang tersedia pada setiap waktu di pasaran. Pilih bengkuang dengan warna tegas, bulat dan berukuran sedang. Hindari bengkuang yang keriput, atau umbi-umbian dengan pemotongan permukaan, retak dan kulit yang memar.

Setelah di rumah, bengkuang dapat disimpan seperti kentang dan juga memiliki umur simpan yang sangat baik dan tetap baik di tempat yang sejuk, kering, tempat gelap selama sekitar 2-4 minggu. Paparan suhu di bawah 10 ° C akan merubah warna dan tekstur. Juga, memperpanjang penyimpanan konversi pati ke dalam gula, yang membuatnya kurang digunakan dalam masakan gurih.

Bengkuang sering digunakan dalam masakan karena teksturnya yang renyah bahkan ketika terkena panas. Bengkuang dapat diiris menjadi berbentuk stick, karena tidak akan menghitamkan ketika terkena udara. Bengkuang juga enak dibuat untuk camilan yang menyegarkan hanya ditaburi dengan bubuk cabai, lemon atau jeruk nipis. Bengkuang juga dapat tumis atau panggang, seperti lobak untuk melunakkan tetapi mempertahankan rasa alaminya.

 

Bengkuang secara alami tinggi serat, sementara itu serat penting untuk diet sehat dan dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah, mencegah dan meringankan sembelit. Namun terlalu banyak serat dalam waktu yang cepat dapat menyebabkan efek samping pencernaan. Hal ini secara khusus dapat menyebabkan sakit perut dan sembelit dapat  jika tiba-tiba meningkatkan asupan serat dalam makanan. Untuk mengurangi kemungkinan ini terjadi, terutama jika diet pada awalnya rendah serat, lakukan secara bertahap untuk meningkatkan asupan serat. Melunakkan serat makanan dengan memasaknya, akan membuat serat lebih mudah dicerna. 3)

Tanaman bengkuang mengandung toksin organik yang larut dalam lemak yaitu rotenone dalam jumlah yang banyak. Hal ini terkonsentrasi di bagian puncak daun, batang etapi tingkat yang jauh lebih rendah di akar. Beberapa studi menemukan bahwa hal ini terkait dengan perkembangan penyakit Parkinson. Namun, akar yang dikupas akan aman untuk dikonsumsi manusia, termasuk pada anak-anak. Rotenone bekerja pada tingkat sel, dengan menghambat beberapa enzim metabolik seperti dehidrogenase di mitokondria. Di luar itu, mereka digunakan sebagai insektisida lingkungan yang aman dan racun ikan.


Advertisement
, , , , ,

Referensi   [ + ]

1. nutrition-and-you.com, Jicama (yam bean) nutrition facts, diakses 04 Desember 2014
2. livestrong.com, Nutrition Information on Jicama, diakses 04 Desember 2014
3. livestrong.com, Side Effects of Jicama, diakses 04 Desember 2014
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:46 Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links