Sponsors Link

15 Manfaat Belut Putih untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Pernahkah anda melihat belut yang berwarna putih? Karena jarang ditemui maka keberadaan belut putih sering dikaitkan dengan hal-hal mistis. Baik dijadikan sebagai jimat maupun aji-aji ilmu kanuragan, bahkan ada yang sampai mengatakan ilmu kanuragan tersebut membutuhkan tumbal. Tetapi, tahukah anda manfaat belut putih ini untuk kesehatan? Belut putih, lebih tepatnya bagian kepalanya ada yang dijadikan ekstrak menjadi minyak. Minyak ini bermanfaat untuk mengatasi permasalahan pada pria dan wanita. Meskipun demikian, belum ada studi lebih lanjut tentang manfaat belut putih untuk kesehatan. Namun, baik itu belut putih atau yang berwarna hitam secara umum tentunya memiiki manfaat yang sama. Di bawah ini akan diuraikan manfaat belut untuk kita, meliputi:

ads

Baca juga :

1. Bahan Makanan – Sudah tidak asing lagi bagi kita memakan makanan yang terbuat dari belut. Mulai dari digoreng, dimasak, dijadikan kerupuk, atau bahkan dijadikan keripik. Tentunya, belut putih juga bisa diolah menjadi berbagai makanan. Hanya saja karena keberadaannya yang cukup langka, untuk menjadikan belut putih ini sebagai bahan makanan harus dibudidayakan terlebih dahulu.

2. Bahan Penelitian – Belum ada studi yang meneliti tentang manfaat belut putih karena keberadaannya yang lumayan langka. Apakah belut putih merupakan keturunan belut yang berwarna hitam hanya saja pigmen warna hitamnya tidak ada, ataukan memang belut putih merupakan jenis belut yang lain? Belum ada yang mengetahui hal tersebut. Untuk itu, belut putih ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan penelitian

3. Sumber Protein – Salah satu kandungan terbesar dalam daging belut adalah protein bahkan melebihi kandungan protein di dalam telur. Jumlah protein di dalam daging belut setara dengan jumlah protein di dalam daging sapi.

4. Sumber Energi – Protein merupakan salah satu sumber energi selain karbohidrat dan lemak. Sumber energi dari protein memiliki kelebihan bagi yang mengkonsumsinya yaitu memberikan efek kenyang lebih lama. Belut adalah salah satu bahan makanan yang kaya protein dan lemak sehingga dapat dijadikan sebagai sumber energi. Seharusnya, hal ini juga berlaku untuk belut putih.

Baca juga :

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh – Manfaat lain dari protein yang dikandung belut adalah dapat meingkatkan sistem imun tubuh dengan cara membentu antibodi. Jika sistem imun meningkat maka tubuh lebih kuat dalam melawan bakteri dan virus seperti virus penyebab flu. Jika demikian, belut putih seharusnya juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sponsors Link

6. Pembentukan Otot – Untuk menambah massa otot, biasanya seorang binaragawan banyak mengkonsumsi protein. Hal ini karena protein sangat membantu dalam pembentukan otot. Salah satu sumber makanan yang tinggi protein adalah belut. Dengan demikian, belut juga dapat membantu dalam pembentukan otot. Tapi hati-hati, karena belut juga tinggi lemak. (Baca juga : Menyehatkan Otot dan Saraf)

7. Perbaikan Sel dan Jaringan – Tahukan anda bahwa protein juga mampu memperbaiki sel dan jaringan tubuh? Karena fungsi satu inilah maka ketika seseorang terluka atau pasca operasi maka dokter akan menyarankan untuk makan makanan yang mengandung banyak protein. Salah satu sumber protein yang dapat kita manfaatkan adalah belut.

8. Menguatkan Tulang dan Gigi – Salah satu kandungan terbesar lainnya pada belut adalah fosfor. Fosfor dapat membantu menguatkan tulang dan gigi sehingga belut cocok dikonsumsi oleh orang dewasa dan lanjut usia untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Namun, tidak cocok untuk penderita kolesterol karena dagingnya mengandung lemak dalam jumlah besar. (Baca juga : Manfaat Seledri Untuk Tulang)

ads

Baca juga :

9. Pertumbuhan – Tingginya protein dalam belut juga membuah makanan satu ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak. Hal ini dikarenakan protein di dalamnya juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan sehingga pertumbuhan janin dan anak menjadi lebih optimal.

10. Penyeimbang asam dan basa – Kemampuan protein yang lainnya adalah membantu menyeimbangkan kadar asam dan basa di dalam sel tubuh. Dengan demikian belut yang tinggi protein juga berfungsi sebagai penyeimbang asam dan basa. (Baca juga : Manfaat Asam Belanda)

11. Pembentuk Enzim – Belut mengandung jumlah protein yang tinggi dimana protein ini membantu dalam pembentukan enzim-enzim yang diperlukan oleh tubuh. Enzim membantu proses biokimia dalam tubuh seperti mengikat hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dalam darah.

12. Menyeimbangkan Produksi Hormon – Proses sekresi dam pelepasan hormon tidak lepas dari campur tangan protein. Dengan demikian, protein membantu menyeimbangkan jumlah produksi hormon dalam tubuh. Protein ini bisa kita dapatkan dalam belut. Tidak hanya belut biasa saja, tetapi belut putih tentunya juga bisa karena makanan yang terbuat dari hewan biasanya mengandung banyak protein hewani. (Baca juga : Manfaat Adrenalin)

Baca juga :

Sejumlah penjelasan di atas menunjukkan kepada kita betapa bermanfaatnya belut untuk tubuh kita. Tentunya manfaat ini juga akan kita peroleh ketika kita mengkonsumsi belut putih. Konsumsilah secukupnya saja, karena yang cukup itu lebih baik. Dan ingat, belut pun tak lepas dari penyakit. Untuk belut putih sendiri belum ada literatur penunjang yang memadai. Berikut inilah manfaat belut putih yang dipercaya oleh masyarakat:

13. Memperpanjang Organ Vital – Minyak yang terbuat dari belut putih dipercaya mampu memperpanjang organ vital pada laki-laki.

14. Memperkeras Organ Vital – Tidak hanya memperpanjang saja, tetapi minyak yang komposisi utamanya belut putih ini juga dipercaya membantu mengeraskan organ vital laki-laki.

15. Mengencangkan Payudara – Selain laki-laki, ternyata para kaum hawa juga dapat mengambil manfaat dari minyak kepala belut putih yaitu membantu mengencangkan payudara.

Untuk menggunakan minyak tersebut cukup dioleskan pada daerah yang diinginkan, dan dilakukan secara rutin. Meskipun belum ada medis yang membuktikan ketiga manfaat belut putih di atas namun banyak juga dari kita yang sudah menggunakan minyak tersebut.

Baca juga :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 28th, July 2017 / 23:33 Oleh :
Kategori : Daging