Manfaat Belimbing Wuluh

Manfaat belimbing wuluh memang dikenal dengan rasanya yang asam namun menyegarkan sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan seperti rujak. Belimbing wuluh bukan merupakan belimbing buah yang masih muda melainkan, belimbing wuluh termasuk jenis varietas berbeda dari belimbing buah. Maka dari itu, belimbing tidak besar seperti belimbing buah, besarnya hanya sekitar ibu jari orang dewasa. Rasanya yang masam juga tidak sama seperti rasa belimbing buah.

Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Manfaat belimbing wuluh sudah sejak lama digunakan sebagai bahan masakan untuk menghasilakan rasa masam alami. Rasa asamnya juga sangat nikmat untuk dijadikan kudapan seperti rujak atau asinan namun, siapa sangka kalau belimbing wuluh memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Manfaat belimbing wuluh ini bisa didapatkan sebagai buah-buahan penghasil vitamin C dan juga digunakan sebagai obat tradisional seperti manfaat kencur atau manfaat temulawak.

Manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan terdapat pada khasiatnya untuk mengobati penyakit seperti batuk, sakit gigi dan gejala penyakit diabetes. Hal tersebut terdapat pada kandungan unsur alami manfaat belimbing wuluh seperti yang banya terdapat pada bagian buahnya, antara lain : glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat.

Resep Pengobatan Dengan Manfaat Belimbing Wuluh

Manfaat belimbing wuluh merupakan tanaman berkhasiat komplek untuk kesehatan disetiap bagian tanamannya karena bagian lain seperti bagian daun, batang, buah, dan bunganya bisa dijadikan sebagai bahah ramuan obat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit. Berikut ini resep pengobatan dengan manfaat belimbing wuluh :

  • Mengobati batuk - Anak-anak yang rentan terhadap penyakit batuk ini bisa diberikan pengobatan dengan belimbing wuluh. Caranya : Segenggam bunga belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula secukupnya ditambah satu cangkir air. Campuran ditim selama beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan kain dan dibagi untuk dua kali minum, pagi dan malam saat perut masih kosong.
  • Mengatasi batuk rejan - Caranya : Ambil sebanyak 10 buah belimbing wuluh dicuci bersih, remas dengan dua sendok air garam. Kemudian saring dan minum dua kali sehari.
  • Mengatasi diabetes - 6 buah belimbing wuluh dilumatkan lalu direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari.
Berbagai tanaman yang sepertinya terlihat tidak berguna ini, ternyata mamiliki khasiat untuk mambantu menyembuhkan penyakit seperti manfaat belimbing wuluh ini. Selamat mencoba…
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:31 Oleh :
Kategori : Buah Buahan