16 Manfaat Bekas Teh Celup Untuk Kecantikan Tubuh

Teh memang sudah digunakan sejak lama untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Mengkonsumsi teh secara rutin akan membuat tubuh lebih santai sehingga lebih nyaman beraktivitas setiap harinya sekaligus menghilangkan berbagai toksik di dalam tubuh. Teh yang bisa kamu konsumsi setiap hari terdiri dari dua bentuk yakni berupa potongan daun teh kering dan juga dikemas dalam bentuk kantung kecil atau teh celup yang lebih praktis dan juga tidak perlu disaring. Untuk kamu yang lebih sering menggunakan teh celup, jangan terburu-buru membuang bekas teh celup tersebut, sebab ampas teh tersebut masih bisa kamu gunakan kembali untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, kecantikan dan juga rambut. Langsung saja kamu simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Sun Burn

Sun burn atau kulit terbakar karena sinar matahari yang terlalu berlebihan, akan menyebabkan permukaan kulit terasa perih khususnya saat tersentuh. Untuk menghilangkan rasa perih tersebut, kamu bisa memanfaatkan bekas teh celup dengan cara mengompres permukaan kulit atau merendam kantung bekas teh celup di dalam air dan gunakan air tersebut untuk merendam area kulit yang perih.

  1. Scrub Wajah

Gunakan juga bekas teh celup untuk perawatan wajah wanita dan juga pria. Caranya, buka kantung teh celup dan tuang isinya ke dalam wadah lalu tambahkan dengan 1 sendok makan madu murni dan juga tepung beras secukupnya. Aduk sampai tercampur merata dan oleskan pada wajah sebagai scrub sambil diusap secara perlahan dan diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Artikel terkait:

  1. Menyembuhkan Sariawan

Sariawan yang menjadi salah satu masalah kesehatan di bagian mulut akan sangat mengganggu saat berbicara serta makan. Obat untuk menyembuhkan sariawan yang beredar di pasaran biasanya akan terasa perih saat diaplikasikan pada sariawan tersebut. Untuk menyembuhkan sariawan dengan cara murah dan tidak menyakitkan bisa dilakukan dengan menggunakan bekas teh celup. Caranya dengan mengaplikasan kantung teh celup bekas langsung di sariawan dan rasakan perubahan yang terbilang cukup cepat pada sariawan kamu.

  1. Membasmi Jamur Pada Kuku

Kandungan tanin yang ada pada daun teh merupakan obat mujarab untuk membasmi jamur yang ada pada area kuku kamu, sementara kandungan antibiotiknya berperan dalam mengatasi berbagai masalah pada kulit. Caranya adalah dengan membuka kantung teh celup lalu gunakan ampas daun teh tersebut untuk scrub area kuku selama beberapa menit dan bilas sampai bersih.

Artikel terkait:

  1. Menghentikan Pendarahan Ringan

Saat tangan kamu teriris saat memotong atau tergores benda tajam, kamu bisa memanfaatkan bekas teh celup untuk menghentikan pendarahan ringan yang terjadi pada luka tersebut. Caranya, letakkan bekas teh celup pada area luka selama 30 detik supaya kandungan tanin di dalam teh akan menghentikan pendarahan secara cepat.


  1. Menghilangkan Bau Pada Kaki

Untuk mengatasi bau pada kaki, kamu bisa mengeluarkan ampas teh celup lalu campur dengan air dingin dan rendam kaki kamu selama beberapa saat. Kandungan tanin di dalam teh akan segera membunuh bakteri yang menyebabkan bau pada kaki sekaligus menutup pori pori pada kaki. Lakukan cara ini setiap hari selama seminggu dan niscaya bau kaki bisa lenyap.

Artikel terkait:

  1. Pelembap Rambut Alami

Daripada kamu menghabiskan terlalu banyak uang untuk membeli conditioner rambut, akan lebih baik kamu memanfaatkan bekas teh celup supaya rambut kamu bisa selalu lembap. Rendam bekas teh celup kembali di dalam air hangat sampai air berubah suhunya menjadi lebih dingin. Gunakan air teh tersebut untuk bilasan terakhir rambut saat sedang keramas lalu diamkan beberapa saat baru dibilas kembali dengan air. Tidak hanya melembapkan, namun kandungan dalam bekas teh celup ini juga sangat baik untuk mengatasi rambut bercabang serta rontok.

  1. Meredakan Radang Gusi

Untuk mengatasi gusi sakit dan radang juga bisa dilakukan dengan bekas teh celup. Caranya adalah simpan terlebih dulu bekas teh celup dalam lemari es sampai dingin dan tempelkan kantung teh tersebut pada bagian gusi yang sakit. Radang pada jaringan gusi yang pecah tersebut akan diredakan oleh kandungan tanin pada teh celup sekaligus memperkecil pembuluh darah di area gusi.

Artikel terkait:

  1. Membersihkan Furniture Rumah

Untuk membersihkan berbagai noda yang menempel di jendela, cermin, kaca, lemari dan juga perlengkapan memasak bisa dilakukan secara mudah dengan merebus kembali beberapa bekas kantung teh bersama 1 gelas air. Sesudah agak dingin, masukkan kain bersih ke dalam larutan teh tersebut dan peras lalu gunakan untuk membersihkan berbagai kotoran yang menempel pada furniture kamu.

  1. Sebagai Pupuk Tanaman

Jika kamu memiliki tanaman buah atau bunga dan ingin tanaman tersebut selalu tumbuh dengan subur, maka kamu bisa mengumpulkan beberapa bekas kantung teh kemudian robek kantung teh celupnya dan taburkan pada tanah di sekitar tanaman. Kandungan yang ada dalam teh celup bermanfaat sebagai pencegahan dekomposisi dini sekaligus menambah kadar asam tanah yang sangat baik untuk tumbuhan.

  1. Mencegah Kulit Berminyak

Untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah, kamu juga bisa memanfaatkan bekas teh celup ini dengan cara mengompres wajah dengan teh celup atau membuka kantung teh celup dan menggunakan ampas teh sebagai scurb wajah. Usapkan ampas secara lembut di area wajah dan diamkan beberapa saat baru dibilas sampai bersih.

Artikel terkait:

  1. Menghilangkan Bau Ketiak

Semua orang tentunya tidak nyaman saat ketiak mereka mengeluarkan bau tidak sedap. Untuk mengatasi masalah ini, caranya cukup mudah yakni dengan menggosok bekas teh celup basah ke area ketiak dan lakukan selama beberapa menit setiap hari dengan teratur saat mandi.

  1. Menghilangkan Komedo

Untuk menghilangkan komedo yang sering muncul di sekitar hidung, keluarkan ampas teh dari kantung dan campur dengan sedikit madu kemudian campur sampai merata. Aplikasikan pada area hidung kamu dan juga ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit supaya nutrisi di dalam madu dan ampas teh bisa meresap ke kulit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.

Artikel terkait:

  1. Mengangkat Kutil Kulit

Saat timbul kutil pada permukaan kulit, kamu bisa menghilangkan kutil tersebut dengan salah satu cara alami yakni memakai ampas teh. Caranya adalah dengan meletakkan bekas kantung teh pada kutil selama beberapa jam dan ganti setiap hari sampai kutil lenyap. Kandungan asam pada tanin sangat ampuh menghilangkan kutil sampai ke akarnya.

  1. Mengatasi Gigitan Serangga

Radang berupa benjolan kecil dan kemerahan pada kulit yang disebabkan gigitan serangga juga bisa disembuhkan dengan memakai bekas teh celup. Caranya, rendam kembali bekas teh celup di dalam air hangat dan oleskan air rendaman tersebut pada kulit yang meradang akibat gigitan serangga.

  1. Menghilangkan Bengkak Area Mata

Beberapa masalah mata seperti bengkak, sembap, mata panda, mata kemerahan dan juga kantung panda bisa disingkirkan hanya memanfaatkan bekas kantung teh. Tunggu sampai bekas kantung teh dingin dan aplikasikan kantung tersebut untuk mengompres mata kamu selama beberapa menit.

Artikel terkait:

Dengan mengetahui beberapa kegunaan yang bisa didapat dari bekas kantung teh yang sudah kami ulas diatas, semoga bisa menambah wawasan kamu mengenai sampah tidak terpakai yang ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kehidupan kamu sehari-hari, selamat mencoba.

, ,
Post Date: Friday 02nd, June 2017 / 18:59 Oleh :
Kategori : Herbal