Sponsors Link

10 Manfaat Bekam Kering Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Bekam merupakan salah satu jenis pengobatan tradisional yang sudah dikenal sejak jaman dahulu, bahkan sejak jaman kerajaan Sumeria dan pada jaman Nabi Muhammad SAW. Perbedaan bekam dari jaman dahulu sampai jaman sekerang hanya terletak pada alat yang digunakan dan beberapa manfaatnya juga memiliki sedikit perbedaan. Dahulu, bekam dilakukan dengan tanduk beberapa jenis hewan maupun dengan tulang unta. Dan sekarang ini, bekam biasanya dilakukan dengan menggunakan cangkir, dan yang lebih mudah lagi dengan menggunakan alat pompa vakum. Akan tetapi, tujuannya tetap sama yakni untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh melalui permukaan kulit dengan terlebih dahulu melakukan sterilisasi pada kulit.

ads

artikel terkait:

Perbedaan Bekam Kering Dengan Bekam Basah

Tidak hanya perbedaan alat dari jaman dahulu, sekarang ini bekam atau disebut dalam medis Oxidant Release Theraphy juga dibedakan menjadi dua jenis bekam, yakni bekam kering da bekam basah. Perbedaan yang sangat terlihat yakni dari alat yang digunakan. Bekam basah biasanya menggunakan alat pompa vakum, yang kemudian udahara di dalam cupping akan dipompa keluar. Sedangkan bekam kering biasanya menggunakan cangkir atau gelas yang dimasukkan api di dalamnya dan kemudian ditempelkan pada kulit. Api akan mati dan menyedot permukaan kulit serta memberikan efek panas pada permukaan kulit.

Dikatan bekam kering karena pada bekam kering tidak banyak darah yang keluarkan, biasa dikatakan darahnya sangat sedikit bahkan tidak ada. Hanya saja kulit akan berwarna merah kehitaman dalam jangka waktu beberapa hari. Diantara perbedaan tersebut, manfaat bekam dengan dua metode yang berbeda tersebut tentunya memiliki beberapa perbedaan.

Manfaat Bekam Kering

Metode bekam memang berbeda antara bekam basah dan bekam kering, namun tujuannya sama, yakni mengeluarkan darah kotor yang ada pada tubuh, meskipun darah kotor yang dikeluarkan pada metode bekam kering hampir tidak ada. Jika bekam basah memerlukan alat tersendiri seperti pompa vakum, sebenarnya pompa kering lebih mudah dilakukan karena hanya menggunakan gelas yang dimasuki api di dalamnya. Tanpa peralatan khusus, bekam kering dapat dilakukan sendiri di rumah. Hanya saja, perlu diperhatikan letak bagian tubuh yang akan ditempeli bekam. Karena melakukan bekam juga tidak boleh sembarangan, bekam dilakukan pada beberapa titik tertentu seperti pada akupuntur. Hanya bedanya, akupuntur dengan menusukkan jarum, sedangkan bekam kering dengan menempelkan gelas yang berisi sedikit api. Manfaat dari bekam kering itu sendiri diantaranya:

  1. Menjadikan Tubuh Rileks

Ketika melakukan bekam, permukaan kulit akan tersedot pada ruang kosong di dalam cangkir atau gelas. Hisapan pada kulit ketika bekam kering dapat menimbulkan efek relaksasi dan menjadikan tubuh terasa lebih rileks. Bekam kering ini dapat dilakukan ketika tubuh sedang lelah dan butuh rileksasi.

artikel terkait: manfaat terapi bekam

  1. Mengendurkan Otot

Bekam yang dilakukan dengan menggunakan gelas atau cangkir dapat membantu mengendurkan otot. Otot yang tadinya tegang dan lelah dapat kembali rileks karena hisapan pada kulit serta efek panas yang terjadi ketika bekam kering dapat membantu mengendurkan otot.

artikel terkait: manfaat bekam

Sponsors Link

  1. Menenangkan Sistem Syaraf

Sistem syaraf bekerja mengantarkan impulse yang diberikan oleh otak dan menyampaikannya pada semua bagian tubuh. Tentu saja syara memiliki kerja yang berat karena banyak sekali impulse yang diterima oleh syaraf untuk mengantarkan informasi tersebut pada seluruh bagian tubuh. Agar sistem syaraf kembali tenang, melakukan bekam kering dapat menjadi salah satu solusi, karena bekam kering dapat membantu menenangkan sistem syaraf.

artikel terkait: manfaat empedu kambing

  1. Melancarkan Aliran Darah

Dengan melakukan bekam kering, darah kotor di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui permukaan kulit meskipun tidak keluar darah seperti pada bekam basah. Secara otomatis, darah yang ada dalam tubuh sudah tidak tercampur oleh darah kotor yang terkadang dapat menyebabkan aliran darah terhambat.

artikel terkait: manfaat ginsamyong

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Keluarnya darah dari dalam tubuh ketika melakukan kering, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Darah kotor yang keluar dengan bekam kering akan membawa serta zat yang berbahaya bagi tubuh termasuk membawa kolesterol keluar dari dalam tubuh. Dengan melakukan bekam kering, kadar kolesterol dalam tubuh dimungkinkan dapat berkurang.

artikel terkait: manfaat ginseng merah

ads
  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Melakukan bekam kering memiliki beberapa efek yang baik untuk tubuh. Dengan keluarnya darah kotor, kadar kolesterol dapat dirurunkan serta aliran darah dalam tubuh menjadi lancar. Penurunan kadar kolesterol serta lancarnya aliran darah dapat membantu mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

artikel terkait: manfaat terapi air hangat

  1. Mengatasi Nyeri

Rasa nyeri yang timbul pada beberapa bagian tubuh dapat menyebabkan tubuh enggan untuk bergerak. Untuk menghilangkan nyeri biasanya digunakan obat pereda nyeri. Namun tentu saja, terlalu banyak mengkonsumsi pereda nyeri tidak baik untuk tubuh secara keseluruhan. Sebenarnya, menghilagkan rasa nyeri dapat dilakukan dengan melakukan bekam kering. Bekam kering diketaui dapat membantu mengatasi rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh.

artikel terkait: manfaat terapi waki

  1. Membantu Meringankan Rematik

Rematik biasanya terjadi karena asam urat berlebih dalam tubuh. Pengobatannya juga biasanya dengan mengkonsumsi bat rematik. Selain mengkonsumsi obat rematik, rematik dapat diatasi dengan bekam kering. Melakukan bekam kering dapat membantu mengeluarkan zat yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh, seperti mengeluarkan kelebihan asam dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat terapi komplementer

  1. Mengurangi Racun Di Dalam Tubuh

Racun yang masuk ke dalam tubuh memang akan diproses pada organ hati. Namun, kebanyakan racun dalam tubuh juga tetap dapat meracuni tubuh. Untuk itu, racun dari dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui bekam kering. Dengan bekam kering, racun dalam tubuh dapat dikeluarkan, sehingga kerja organ hati dapat menjadi lebih ringan.

artikel terkait: manfaat terapi ceragem

  1. Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin tejadi karena adanya angin yang terperangkap pada tubuh. Biasanya angin hanya terperangkap pada permukaan kulit, namun tetapi saja tidak bisa keluar. Cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengeluarkan angin darai dalam tubuh dapat dilakukan dengan bekam kering. Ketika menyedot kulit, angin yang terperangkap juga dapat keluar dari permukaan kulit.

artikel terkait: manfaat terapi hiperbarik

Banyak orang yang menyembuhkan penyakitnya dengan mengkonsumsi obat kimia. Selain mengkonsumsi obat kimia, beberapa jenis penyakit juga dapat diatasi dengan pengobatan tradisional seperti bekam kering. Pengobatan bekam kering dirasa lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya pada tubuh, meskipun ketika di bekam, timbul sensai kulit yang tertarik ke dalam gelas sedikit saja.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 03rd, August 2017 / 09:16 Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan