Sponsors Link

8 Manfaat Bekam Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Manfaat bekam bagi kesehatan sudah teruji sejak zaman dahulu dan  telah digunakan untuk berbagai masalah kesehatan. Bekam menjadi salah satu perawatan tradisional untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Bekam merupakan cara untuk mengobati penyakit yang dicontoh dari negara Arab dan sudah digunakan sejak jaman nabi Muhammad SAW. Kemudian bekam populer sebagai perawatan yang terkenal di China, Korea dan beberapa negara Asia Timur lain. Baru-baru ini bekam menjadi alternatif pengobatan di Indonesia yang sering dipilih. Banyak orang yang mulai menghindari obat kimia dan memilih bekam untuk mengeluarkan semua racun dari tubuh.

Jenis Bekam

Semua ahli bekam telah mempelajari ilmu khusus dalam bidang ini. Pada awalnya bekam masih dilakukan dengan sangat tradisional. Pertama kapas yang dibakar akan dimasukkan ke dalam cawan kemudian ditempelkan ke bagian titik tubuh tertentu. Setelah api mati maka angin akan ditarik oleh cawan. Namun sekarang ada dua jenis bekam yang paling sering digunakan, yaitu:


1. Bekam Kering

  1. Bekam Kering

Bekam kering dilakukan dengan menghisap permukaan kulit pada titik tertentu dalam tubuh sesuai dengan keluhan. Bekam dilakukan dengan alat yang lebih modern yaitu sebuah cawan dengan beberapa ukuran tertentu. Kemudian udara ditarik untuk menarik permukaan kulit yang ada didalam cawan. Setelah ada beberapa bagian kulit yang ditarik kemudian pompa akan dilepaskan. Gerakan dari tarikan kulit akan terasa sangat nyaman dan seperti dipijat oleh tangan orang.


2. Bekam Basah

Bekam basah menggunakan alat yang sama seperti untuk melakukan bekam kering. Namun ketika cawan sudah melekat pada bagian permukaan kulit beberapa saat kemudian akan ditarik kemudian sebuah pensil berisi jarum kecil akan ditusukkan ke bagian kulit itu. Setelah beberapa tusukan maka cawan akan dipasang kembali dan ditarik dengan pompa. Darah kotor yang kental dan merah akan keluar dari lubang kulit bekas tusukan jarum.


Manfaat Bekam untuk Kesehatan

Cara bekam memang terlihat menakutkan, namun jika Anda mencobanya sendiri maka Anda pasti akan merasa sangat nikmat. Selain rasanya yang seperti di pijat lembut, bekam juga memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bekam untuk kesehatan.

  1. Mengatasi Tubuh Lelah

Bekam akan menyembuhkan semua rasa tidak nyaman pada tubuh seperti tubuh yang lelah, nyeri pada otot, nyeri dan pegal, leher yang kaku, punggung yang sakit dan berbagai keluhan lain. Bekam kering maupun bekam basah akan mengatasi semua rasa tubuh yang tidak nyaman. Bekam akan menarik semua udara kotor dalam tubuh dan juga mengeluarkan semua darah yang tidak bersih dari tubuh. dengan cara ini maka Anda akan merasa lebih nyaman dan sehat.

  1. Menyembuhkan Sakit Kepala

Jika Anda pernah mengalami sakit kepala ringan, sedang atau migren maka bisa mencoba untuk melakukan bekam. Bekam sering dilakukan dibagian bahu atas,badan atau kepala. Untuk bagian kepala maka bagian yang dibekam harus dicukur. Beberapa titik yang berhubungan dengan sakit kepala akan diobati dengan bekam. Udara maupun darah yang kotor dari titik ini bisa meringankan sakit kepala. Juga sangat efektif untuk mengatasi sakit kepala karena masuk angin dan kelelahan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat bekam untuk menurunkan berat badan belum banyak yang tahu. Metode bekam juga bisa berguna untuk menurunkan berat badan.  Untuk masalah ini sebaiknya Anda memilih bekam kering daripada bekam basah. Pijatan lembut dengan cawan dibagian titik tubuh tertentu yang memiliki kandungan lemak banyak akan dikurangi dengan bekam. Bekam akan mengeluarkan semua jaringan lemak dari bagian pori-pori tubuh. Selain itu bekam akam meningkatkan proses metabolisme tubuh yang bisa menurunkan lemak dengan beberapa proses tambahan seperti latihan rutin setiap hari.

  1. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Racun masuk ke dalam tubuh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Bahkan udara yang kita minum juga mengandung racun yang cukup berbahaya. Racun yang terus menumpuk akan mempengaruhi metabolisme dan sistem kerja organ tubuh. Anda bisa mencoba mengeluarkan racun dengan bekam basah. Salah satu ukuran yang paling sering terlihat jika tubuh Anda memiliki banyak racun, maka darah hitam akan keluar. Jika darah yang keluar masih merah maka tubuh Anda tidak memiliki  banyak racun. Terapi untuk mengeluarkan racun dengan bekam sebaiknya dilakukan secara rutin.

  1. Menyehatkan Pembuluh Darah

Pembuluh darah bekerja untuk menyalurkan darah ke semua bagian tubuh. Jantung menjadi alat pompa darah yang sangat penting untuk tubuh. Namun nutrisi tubuh yang masuk ke bagian tubuh juga bisa mengalir lewat pembuluh darah dengan bentuk sari makanan yang diikat oleh darah. Terkadang beberapa jenis makanan seperti lemak bisa menumpuk dalam pembuluh darah yang menyebabkan pengerasan dan plak. Untuk mengeluarkan semua penyumbatan pada pembuluh darah maka bekam bisa menjadi cara yang paling aman. Titik tertentu dalam tubuh akan dibekam dengan jenis bekam kering untuk mengeluarkan semua sumbatan pada pembuluh darah.

  1. Menjaga Pernafasan yang Sehat

Organ pernafasan seperti paru-paru memang sangat penting. Namun organ ini juga memiliki potensi terkena penyakit baik berupa dari udara maupun infeksi penyakit. Bahkan salah satu penyakit seperti asma yang menyerang tabung pernafasan bisa diatasi dengan jenis  bekam kering. Terapi dilakukan dengan bagian yang terhubung langsung dengan paru-paru sehingga bisa menyehatkan organ ini. Terapi ini perlu dilakukan secara rutin untuk mengatasi masalah pernafasan.

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
sponsored links

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang sangat komplek karena bisa meningkatkan beberapa resiko penyakit lain seperti diabetes, jantung, ginjal dan beberapa jenis penyakit lain. Bekam basah bisa mengendalikan penyakit tekanan darah tinggi. Beberapa bekam yang dilakukan di kepala, bahu dan badan bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan. Namun proses terapi ini sebaiknya dilakukan oleh ahli yang sudah menguasai bekam.

  1. Mengendalikan Stres

Stres bisa menjadi salah satu hambatan kondisi perasaan yang paling sering terjadi pada semua orang. Penyebabnya sangat beragam mulai dari masalah pekerjaan, tekanan hidup, kebutuhan ekonomi dan berbagai persoalan lain. Stress sering menyebabkan masalah lain berupa penyakit tertentu seperti jantung, tekanan darah tinggi, dan depresi. Bekam kering dan bekam basah bisa menyembuhkan keluhan ini dengan menciptakan rasa santai dan rileks untuk beberapa bagian tubuh. Bahkan pada titik tertentu dalam tubuh bisa dikendalikan dengan bekam. Pikiran Anda bisa menjadi lebih nyaman setelah bekam.

Perawatan Setelah Bekam

Bagi semua orang yang sudah mencoba bekam maka sebenarnya masih ada beberapa perawatan lain yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa perawatan yang sebaiknya diikuti sesuai petunjuk.

  1. Selama tujuh hari setelah bekam sebaiknya Anda mandi dengan menggunakan air hangat untuk membuat permukaan kulit menjadi lebih nyaman. Setelah bekam basah maka Anda kurang merasa nyaman pada bekas tusukan jarum karena itu mandi air hangat akan mempercepat pemulihan.
  2. Segera minum air hangat dan manis setelah bekam untuk memulihkan kondisi tubuh Anda. Anda bisa minum teh, susu atau jahe.
  3. Jangan mengobati bekas tusukan jarum dengan cairan apapun, karena bekasnya akan segera sembuh sendiri. Bahkan jika Anda memiliki bekas kulit yang terlalu menonjol maka dalam waktu tiga hari maka semua akan kembali seperti semula.
  4. Bagi pasangan suami istri sebaiknya tidak melakukan hubungan intim setelah bekam atau paling tidak setelah lebih dari empat hari.
  5. Wanita yang sedang hamil dan menstruasi sebaiknya tidak melakukan perawatan bekam karena bisa mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh.
  6. Pilih ahli bekam yang sudah memiliki pengalaman sehingga bisa melakukan bekam secara profesional dan sesuai dengan keluhan Anda. Perhatikan beberapa peralatan bekam yang digunakan dan pastikan semua alat itu bersih.

Bekam menjadi salah satu perawatan tradisional yang paling banyak dipilih. Ini adalah perawatan yang sangat aman dan tidak menimbulkan resiko. Jadi mulai sekarang Anda bisa mencoba untuk melakukan perawatan bekam.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 30th, August 2015 / 12:41 Oleh :
Kategori : Kebiasaan