Sponsors Link

Manfaat Bawang Putih untuk Telinga Sakit

Sponsors Link

Bawang putih selama ini yang dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang wajib ada di setiap rumah ini ternyata memiliki khasiat lainnya untuk obat herbal. Setidaknya terdapat beberapa jenis penyakit yang mampu disembuhkan oleh bawang putih ini. salah satu penyakit tersebut adalah sakit telinga. Telinga merupakan salah stau panca indera yang fungsi utamanya sebagai alat pendengaran dan fungsi lainnya adalah sebagai penyeimbang tubuh.

ads

artikel terkait manfaat bawang putih:

Telinga karena memiliki lubang maka sangat rawan mengalami infeksi. Infeksi di telinga ini disebabkan oleh bakteri dan kuman yang masuk. Sebenarnya telinga memiliki pertahanannya sendiri supaya tidak terjadi infeksi namun jika jumlah kuman dan bakteri terlalu berlebihan maka infeksi tersebut sudah tidak bisa dihindari lagi. Jika pencegahan sudah tidak bisa dilakukan maka yang harus dilakukan adalah pengobatan.

Penyebab telinga sakit

Salah satu infeksi yang terjadi di telinga yang cukup sering dialami orang adalah Otitis Media Akut. OMA merupakan infeksi yang terjadi di telinga yang sudah menjadi komplikasi dari penyakit ISPA. Jadi bagi anda semua sebaiknya jika mengalami sakit pilek, flu atau saluran pernafasan lainnya jangan anggap remeh yak arena bisa menyebar ke dalam saluran pendengaran atau telinga. Jenis gejala adanya ISPA antara lain adalah sakit tenggorokan, batuk, sesak nafas, amandel dan lainnya.

Mungkin tidak anda sadari sebelumnya bahwa penyakit ISPA ini terjadi pada bagian yang menghubungkannya pada saluran telinga dimana saluran tersebut disebut sebagai eustachius. Karena adanya infeksi pada bagian telinga kemudian berkumpul menjadi nanah yang kemudian mampu menekan gendang telinga sehingga gendang telinga robek. Jika gendang telinga robek maka pendengaran pun menjadi berkurang.

artikel terkait:

Manfaat bawang putih untuk sakit telinga

Bawang putih mengandung antibakteri alami yang mampu membasmi bakteri dan kuman yang ada di dalam telinga. Mungkin anda penasaran bagaimana cara membuatnya, simak berikut ini:

  • Cara 1

Siapkanlah satu siung bawang putih dan ambilah pada bagian ujungnya saja sekitar seukuran ujung kuku. Letakan di bagian luar telinga jangan sampai masuk ke dalamnya dan kemudian anda bisa tidur. Kemudian setelah anda bangun, rasakanlah perbedaannya. Bawang putih mampu mengatasi peradangan dan membantu mengaurangi rasa sakit. Selain itu bawang putih juga bisa melembutkan telinga anda sehingga anda semakin mudah dalam membersihkan telinga.

artikel terkait: manfaat jeruk babymanfaat super tetra

  • Cara 2

Bawang putih dapat dijadikan sebagai antibiotic. Oleh karena itu bawang putih juga bisa dijadikan sebagai obat herbal penyembuhan infeksi. Cara yang bisa digunakan adalah dengan menyiapkan satu siung bawang putih. Kemudian potonglah satu siung bawang putih tersebut menjadi empat dan rendam dalam air selama 2 jam saja. gunakanlah air rendaman bawang putih tadi sebagai obat tetes telinga. Lakukanah penetesan selama 3 kali sehari dan jangan digunakan saat telinga dalam keadaan lembab.

artikel terkait: manfaat gurahmanfaat kina

Itulah cara yang bisa anda gunakan untuk membuat sakit telinga anda teratasi dengan baik. hal yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya anda menggunakan bawang putih yang organic saja karena lebih aman dan tidak mengandung bahan kimia di dalamnya.

Sponsors Link

Sebelum menggunakan bawang putih sebagai obat sakit telinga jangan lupa untuk mencucinya supaya benar-benar bersih terlebih dahulu supaya tidak menambah infeksi pada telinga. Setelah itu jangan lupa untuk selalu membersihkan telinga supaya tetap bersih dan terawat.

Demikian artikel mengenai manfaat bawang putih untuk telinga. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 25th, July 2016 / 16:58 Oleh :
Kategori : Herbal