Sponsors Link

Manfaat Bawang Putih Tunggal dan Jahe Merah Untuk Jantung

Sponsors Link

Jantung merupakan salah satu organ yang penting bagi manusia yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh dan mebersihkan tubuh dari karbondioksida. Sebagai organ tubuh yang penting, kesehatan jantung haruslah sangat dijaga agar terhindar dari berbagai macam gangguan. Salah satu ganguan jantung yang berpotensi untuk menyerang kesehatan jantung adalah penyempitan pembuluh darah pada jantung.

ads

artikel terkait:

Penyempitan pembuluh darah pada jantung merupakan salah saru penyakt yang sangat mematikan. Menurut Dr.M. Abbas, Sp. JP, gangguan yang terjadi karena penyumbatan pembuluh darah pada jantung ini dapat menyebabkan berkurangnya pasokan aliran darah pada otot jantung sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat pada area dada dan dapat berakhir kepad kematian mendadak.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah pada jantung, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.

Makanan berlemak, khususnya lemak tak jenuh dapat memicu tingginya pembentukan plak pada pembuluh darah (kolesterol).

2. Kurangnya olahraga.

Olahraga merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu membakar lemak pemicu lemak jahat pembentuk plak. Kurangnya olahraga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya penyempitan pembuluh darah.

3. Terlalu banyak konsumsi alkohol dan rokok

Konsumsi alkohol dan rokok terlalu banyak dapat menyebabkan timbulnya penyakit penebalan dan pengerasan pembuluh darah sehingga elastisitas pembuluh darah menjadi berkurang dan berujung pada penyumbatan.

artikel terkait: manfaat bawang putih untuk telingamanfaat bawang merah mentah

Ciri-ciri penyumbatan pembuluh darah pada jantung

Setelah mengetahui mengenai penyebab penyempitan pembuluh darah, ada baiknya kita mengetahui ciri-ciri adanya gangguan tersebut. Berikut merupakan ciri-ciri gangguan penyempitan pembuluh darah pada jantung.

  • Nyeri dada
  • Bagian perut terasa membengkak
  • Sesak nafas dan terengah-engah
  • Detak yang tidak teratur
  • Merasa mual dan nafsu makan berkurang
  • Keluar keringat meskipun tidak beraktivitas
  • Merasa lelah meskipun tidak beraktivitas berat
  • Sakit di tangan kanan dan lengan kiri pada wanita
  • Sakit di lengan kiri pada pria
  • Sakit pada beberapa bagian tubuh lain seperti bahu, leher, punggung dan siku
  • Pembengkakan pada pergelangan kaki dan perut

artikel terkait: manfaat bawang putih tunggalmanfaat bawang lanang bagi kesehatan

Adakah solusi untuk mengatasinya?

Untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah, biasanya langkah yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan operasi. Namun adapula langkah pengobatan lain yang menggunakan bahan-bahan herbal untuk mengobatinya. Salah satu ramuan herbal yang dapat digunakan untuk mengobati penyempitan pembuluh darah adalah campuran bawang putih tunggal dan jahe merah yang dipadu dengan sari lemon, cuka apel dan madu murni. secara detail, berikut merupakan ulasan khasiat dari masing-masing bahan.

artikel terkait: manfaat acar bawang putihtmanfaat bawang dayak

  1. Bawang putih tunggal

Bawang putih tunggal, atau juga disebut dengan bawang putih lanang, merupakan salah satu jenis bawangputih yang hanya terdiri dari satu suing. apabila bawang putih pada umumnya digunakan untuk memasak, bawang putih jenis ini lebih cenderung digunakan untuk pengobatan herbal. Meskipun baunya sangat menyengat, bawang putih tunggal memiliki berbagai macam kandungan nutrisi seperti minyak atsiri, allicin, kalsium, saltivine, diallysulfide, alilpropil-disulfida, belerang, protein, lemak, fosfor, zat besi serta Vitamin A, B1 dan C.

artikel terkait: manfaat bawang bombay

ads

2. Jahe Merah

Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang berwarna merah. layaknya jahe pada umumnya jahe merah mengandung berbagai macam senyawa aktif seperti zingiberena (zingerona), organic, terpenoid, gingerol, bisabolena, fenolik utama, minyak atsiri, filendrena, senyawa flovanoid, alkaloid, kukurmin, resin pahit, lemonin, kamfena dan zingiberol. Dikarenakan kandungan senyawanya pula, jahe merah ini sering digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

artikel terkait: 12 manfaat bawang putih bagi kesehatan kulit teruji

3. Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis jeruk berwarna kehijauan atau kuning yang memiliki rasa asam dan sering digunakan sebagai jus. Lemon memiliki kandungan asm sitrat dan Vitamin C yang cukup tinggi yang dapat berguna bagi kesehatan tubuh.

artikel terkait: manfaat minyak biawak

4. Cuka Apel

Cuka apel merupakan cuka yang terbuat dari buah apel dan biasanyan digunakan sebagai pengobatan herbal.

artikel terkait: manfaat menangis

5. Madu

Madu merupakan cariran manis bernilai gizi tinggi yang dihasilkan oleh lebah. Dikumpulkan dari berbagai macam nektar,madu memiliki beberapa kandungan senyawa seperti protein, asam, amino, enzim, asam-asam organic, mineral, tepung sari bunga, sukrosa, maltose, melezitosa dan oligosakarida. Selain itu, madu juga memiliki kandungan lain seperti karbohidrat, gula, serat pangan, robivlafin, niacin, kalsium dsb. Dikarenakan kandungannya, madu sering dijadikan sebagai obat herbal.

artikel terkait: manfaat astria

Campuran jahe merah dan bawang putih tungal penyembuh jantung

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bawang putih tunggal dan jahe merah dapat dikombinasikan untuk membentuk sebuah ramuan guna menyembuhkan penyempitan pembuluh darah pada jantung. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain sbb:

  • ¬†Jahe merah 1 kg, ambil sarinya
  • Bawang putih tunggal 1 kg, ambil sarinya
  • Sari lemon 1 gelas (300cc-500cc)
  • Cuka apel 1 gelas (300cc-500cc)
  • Madu murni 1 gelas (300cc-500cc)

Untuk membuatnya, silahkan lakukan seperti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Campur keempat bahan tersebut, kecuali madu, ke dalam panci
  • Panaskan selama kurang lebih 10 menit
  • Setelah dipanaskan, saring ramuan dan buang ampasnya
  • Setelah dibuang ampasnya, tambahkan 1 gelas madu ke dalam ramuan tersebut dan aduk rata
  • Setelah tercampur rata dan dingin, masukkan ke dalam botl dan simpan ke dalam kulkas agar awet
  • Silahkan konsumsi ramuan sebelum sarapan sebanyak 2 sendok makan

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 25th, March 2017 / 05:20 Oleh :
Kategori : Herbal