Sponsors Link

10 Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Anda pasti sudah sering mendengar dan juga akrab dengan yang namanya bawang merah. Ya, umbi umbian yang satu ini banya digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk keperluan bumbu dapur. Bawang merah juga dinilai memiliki khasiat yang sangat tinggi sehingga banyak digunakan sebagai bahan tambahan pada pengobatan alternative.

Bawang Dayak

bawang dayakBawang merah memiliki beberapa jenis, salah satu jenis bawang merah yang juga cukup terkenal adalah bawang dayak. Pernahkah anda mendengar bawang dayak? Sesuai dengan namanya, bawang dayak ini berasal dari daerah Kalimantan, dimana suku Dayak tinggal dan juga berasaal. Bawang dayak memilki bentuk fisik yang mirip dengan bawang merah biasa, namun memilki sedikit perbedaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari bawang dayak dengan bawang merah biasa pada umumnya :

Bawang dayak memilki warna umbi yang lebih merah menyala dibandingkan dengan bawang merah biasa

  • Bawang dayak memiliiki permukaan yang licin
  • Lapisan umbinya tebal dan kerat
  • Dapat tumbuh hingga mencapai panjang 25 hingga 50 cm
  • Nama lain dari bawang Dayak

Selain dikenal dengan nama bawang Dayak, jenis bawang ini kaena memiliki ciri – ciri fisik yang cukup unik, maka sering juga dikenal dengan berbagai istilah. Berikut ini adalah beberapa nama lain yang biasa digunakan oleh bawang dayak :

  • Bawang berlian
  • Bawang Sabrang
  • Bawang Tiwang
  • Bawang Hutan
  • Bawang Mekah

Manfaat Bawang Dayak

Bawang dayak yang memiliki beragam dan bermacam – macam nama panggilan ini ternyata juga memiliki beragam manfaat dan juga khasiat untuk kita semua. Apa saja manfaat dan juga khasiat dari bawang dayak? Berikut ini adalah beberapa manfaat dan juga khasiat dari bawang dayak :

  1. Obat sakit perut

Manfaat dari bawang dayak yang pertama adalah sebagai obat sakit perut. Ya, sudah sejak lama masyarakat yang berasal dari suku dayak memanfaatkan umbi bawang dayak ini sebagai salah satu obat – obatan alami alias herbal.

Salah satu kegunaannya adalah dapat membantu menghilangkan dan juga meredakan rasa sakit, nyeri dan juga mual pada bagian perut.

  1. Obat Flu

Selain sebagai obat sakit perut suku dayak juga seringkali memanfaatkan bawang berlian ini sebagai obat – obatan lain, yaitu obat flu. Dengan kandungan antibakteri yang tinggi, maka bawang dayak tentu saja sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan munculnya penyakit flu, sehingga sangat baik untuk membantu mengobati serangan flu.

  1. Mengobati penyakit kuning (hepatitis)

Tidak hanya mampu mengobati penyakit ringan saja, bawang dayak juga memiliki khasiat dan juga manfaat yang sangat baik untuk membantu mengobati beberapa penyakit kronis,seperti penyakit kuning alias hepatitis.

Beberapa penelitian sudah membeberkan khasiat dari bawang dayak ini untuk membantu mengobati hepatitis alias sakit kuning.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bawang dayak memiliki kandungan vitamin dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Maka dari itu, bawang dayak sudah pasti memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dengan mengkonsumsi bawang dayak adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Anda dapat mengkonsumsi bawang dayak, dengan cara menambahkannya pada menu makanan anda sehari – hari untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda.

  1. Kaya akan antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu zat penting yang terdapat pada bawang dayak. Yap, anda semua pasti sudah sering mendegnar istilah antioksidan ini. Antioksidan memiliiki fungsi utama untuk menangkal radikal bebas yang sering mengganggu kesehatan tubuh. Dengan tingginya kadar antioksidan pada bawang dayak, maka hal ini akan berpengaruh pula pada efektifnya pengankalan tubuh terhadap radikal bebas.

Selain itu, antioksidan juga bermanfaat untuk :

  • Mencegah jerawat
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Mencegah penuaan dini
sponsored links
  1. Dapat membantu mencegah kanker dan juga tumor

Kanker dan juga tumor saat ini mungkin merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu dan juga mengkhawatirkan. Pasalnya, banyak kasus yang berujung pada kematian. Namun demikian, untuk mencegah munculnya kanker dan juga tumor, anda bisa mengkonsumsi bawang dayak. Ya, selain memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah kanker dan tumor, bawang dayak juga memiliki kandungan naphtoquinones yang merupakan senyawa alami yang sangat bermanfaat untuk mencegahmunculnya sel kanker dan juga tumor di dalam tubuh.

  1. Membersihkan tubuh dari bakteri

Sebagai salah satu jenis umbi – umbian yang kaya akan kandungna anti bakteri, maka sudah pasti bahwa bawang dayak memiliiki manfaat dan juga khasiat yang tentunya sanga baik untuk membantu menecgah masuknya bakteri ke dalam tubuh.

Selain itu, kandungan zat antibakteri aktif yang terdapat pada bawang dayak juga sangat efisien untuk membantu membersihkan tubuh dari bakteri, sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh anda.

  1. Mencegah terjadinya infeksi

Bawang dayak juga memiliiki khasiat dan juga manfaat yang sangat baik untuk membantu mencegah infeksi. Infeksi teebut bisa saja terjadi pada bagian dalam tubuh, ataupun bagian luar tubuh. Karena itu, apabila anda merasa takut terkena infeksi, terutama akibat luka, maka anda bisa menggunakan pilihan obat alternative berupa bawang dayak ini untuk mencegah dan juga meminimalisir resiko terjadinya infeksi.

  1. Mencegah perkembangan virus, bakteri dan juga mikroba

Virus, bakteri dan juga mikroba merupakan penyumbang penyakit terbesar di dalam tubuh manusia. Yap, dengan berkembangnya virus, bakteri dan juga mikroba di dalam tubuh, maka dapat menyebabkan tubuh terjangkit berbagai macam penyakit, sehingga sangat berbahaya bagi tubuh.

Untungnya, bawang dayak memiliki banyak sekali kandungan antibakteri, yang tentu saja memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mencegah perkembangan mikroba, virus dan juga bakteri agar tidak berkembang dan juga menimbulkan penyakit di dalam tubuh kita.

  1. Mencegah peradangan

Bawang dayak atau bawang berlian ini juga memilki manfaat lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Bawang dayak ini mampu untuk membantu mencegah peradangan pada tubuh. Biasanya peradangan yang banyak terjadi adalah peradangan pada bagian tenggorokan dan juga peradangan pada bagian usus dan juga lambung.

Dengan menggunakan bawang daya, maka anda bisa meminimalisir dan juga mencegah resiko mengalami peradangan pada tubuh anda. Itulah beberapa manfaat dan juga khasiat bawang dayak atau bawang berlian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan anda mengenai jenis bawang selain bawang merah yang bisa anda gunakan sebagai bumbu dapur.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 16th, September 2015 / 08:40 Oleh :
Kategori : Herbal