Sponsors Link

7 Manfaat Batu Granit Bagi Kehidupan Manusia

Sponsors Link

manfaat batu granitBatu granit merupakan jenis batuan beku intrusif yang granular dan memiliki tekstrur phaneritic. Kata granit berasal dari bahasa latin “granum” yang berari butir padi. Istilah granit juga berlaku pada jenis batuan beku intrusif dengan tekstur yang sama dan sedikit variasi pada komposisi dan asal. Batuan ini terutama terdiri dari 3 unsur utama yaitu :

ads
  • kuarsa
  • feldspar alkali
  • plagioklas feldspar

Mineral inilah yang membuat granit memiliki berbagai macam warna seperti warna putih, merah muda, atau abu-abu terang. Granit juga mengandung sejumlah kecil coklat tua, hijau tua, atau mineral hitam, seperti hornblende dan biotit mika.


Asal Batu Granit

Batu granit merupakan batuan beku dengan kandungan kuarsa setidaknya 20% dan kandungan feldspar alkali hingga 65%. Batu ini berbentuk besar, keras dan tangguh. Kepadatan rata-rata batu granit adalah antara 2.65 hingga 2,75 g / cm3, serta memiliki kuat tekanan yang biasanya terletak di atas 200 Mpa. Oleh karena itu ia sering digunakan sebagai bahan dasar konstruksi bangunan. Saat ini, batu granit diketahui hanya ada di bumi, ia merupakan bagian utama dari kerak benua.


Kelebihan Batu Granit

Dibandingkan dengan batu pasir, batu gamping, marmer dan batu kapur, batu granit memiliki memiliki beberapa kelebihan. Diantara kelebihanya adalah batu granit memiliki ukuran yang lebih besar, serta memiliki tekstur yang keras dan kuat. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu bahan baku konstruksi bangunan yang populer. Selain itu, batu alam ini juga memiliki daya tahan yang lebih lama, karena ia tidak dapat larut dalam asam, dan jauh lebih tahan terhadap air hujan maupun zat asam.

Selain itu,  batu granit menunjukkan tingkat yang jauh lebih rendah dari kerusakan, memiliki penyerapan terhadap air yang lebih rendah dan lebih sulit daripada marmer, kapur, maupun batu pasir. Manfaat batu granit tersebut, membuatnya menjadi salah satu jenis batuan terbaik untuk setiap konstruksi bangunan. Berbagai macam unsur alam seperti panas maupun air tidak akan menimbulkan kerusakan pada batu ini.


Batu granit merupakan salah satu bahan bangunan yang paling populer. Batu alam ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk aplikasi interior maupun eksterior. Batu granit digunakan dalam konstruksi gedung-gedung, jembatan, paving, monumen dan masih banyak proyek eksterior lainnya. Batu granit juga dapat digunakan sebagai ubin, lantai keramik, tapak tangga dan masih banyak lagi desain lainnya. Granit adalah bahan prestise yang digunakan dalam proyek-proyek yang menghasilkan penampilan yang terlihat elegan dan berkualitas tinggi. Beberapa penggunaan dari batu granit antara lain adalah :

1. Bahan dasar konstruksi bangunan eksterior

Manfaat batu granit merupakan salah satu bahan dasar konstruksi bangunan yang dapat memberikan kesan elegan seperti pada gedung-gedung, jembatan, monumen, maupun bangunan-bangunan lainnya. Penggunaan batu granit telah digunakan secara turun temurun dari masa lalu sampai sekarang. Bahan ini masih banyak digunakan sebagai bahan utama untuk banyak proyek konstruksi saat ini.

Tekstur batu granit yang menawarkan sifat anti-slip dan penampilan yang lebih menarik untuk mata. Namun blok masih bisa diasah untuk halus saat kusam. Jadi blok yang digunakan di dinding konstruksi internal.

2. Bahan dasar konstruksi bangunan interior

Meskipun keras, namun batu granit bisa diasah untuk membuat tampilan lebih menarik dan elegan. Batu-batu tersebut dapat digunakan sebagai ubin untuk dapur, kamar mandi dan tempat-tempat lain di rumah atau bangunan. Bahan ini juga digunakan sebagai dinding kamar mandi, tapak tangga maupun anak tangga, worktop dapur, panel kamar mandi, ubin wastafel, perapian, dan masih banyak lagi.

3. Bahan dasar pembuatan paving

Batu granit dapat juga digunakan sebagai paving jalan maupun teras rumah. Hal ini memberikan kesan yang indah karena cara warna-warni dari batu granit yang menarik. Keindahan batu granit yang dikombinasikan dengan keahlian para desainer dapat menghasilkan hasil yang unik dan awet. Namun sekarang ini, keberadaan batu granit mulai tergantikan oleh aspal dan beton  yang diketahui memiliki biaya konstruksi yang lebih rendah.

4. Batu nisan

Granit adalah batu alam yang paling sering digunakan sebagai batu nisan di Amerika Serikat dan di negara-negara lainnya. Hal tersebut disebabkan manfaat batu granit sangat tahan lama dan menampilkan kesan yang elegan saat dipoles. Selain itu, manfaat marmer juga digunakan dalam pembuatan batu nisan.

5. Batu perhiasan

ads

Salah satu jenis yang paling menarik dari batu granit yang pernah ditemukan bernama “K2” yang ditemukan di puncak tertinggi kedua di dunia. Di dasar gunung tersebut ditemukan eksposur batu granit yang berwarna terang yaitu bola azurite biru. Kebanyakan orang tidak percaya bahwa azurite benar-benar terjadi dalam granit. Bahan ini dapat diolah menjadi permata dan telah banyak dipasarkan di pasar permata AS.

Sejumlah hasil bumi lain juga sering dijadikan perhiasan seperti :

6. Bahan pembuatan patung

Seperti halnya batu marmer, manfaat batu granit juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan patung. Batu  granit telah digunakan sejak lama. Misalnya di Mesir, batu granit digunakan sebagai bahan dasar pembuatan Piramida Mesir, seperti Piramida Agung Giza dan piramida Menkaure. Pada zaman Mesir Kuno, granit telah banyak digunakan untuk membuat kolom, sarkofagus dan struktur domestik lainnya, seperti penutup lantai, kusen, palang dan jambs.

Batu granit memiliki sifat yang tahan lama dan tahan gores, sehingga menjadikannya sangat cocok untuk batu peringatan dan monumen yang permanen.

7. Media panjat tebing

Penggunaan batu granit tidak berakhir dalam konstruksi dan seni saja. Batu alam ini juga dapat digunakan sesuai dengan bentuk alaminya. Potongan-potongan geologi dapat curam, belum stabil, dan terkadang retak. Batu ini sangat cocok untuk olahraga panjat tebing. Singkapan granit yang paling terkenal terletak di Pegunungan Alpen Barat ‘Mont Blanc Massif, California Yosemite, Corsica dan pegunungan Karakoram Perancis yang terletak di perbatasan Pakistan, China dan India.

Batu granit juga dapat mengalami kerusakan, hal ini disebabkan oleh :

  • Faktor alam, yaitu masalah yang terjadi berdasarkan karakteristik material dan kondisi eksposur batu
  • Faktor buatan, yaitu kerusakan yang diakibatkan oleh ulah manusia.

Efek Kesehatan pada Batu Granit

Meskipun indah dan tahan lama, akan tetapi study menunjukkan bahwa batu granit juga dapat menimbulkan risiko kesehatan. Batu granit dapat memancarkan tingkat radiasi yang berbahaya, terutama radon gas, yang merupakan penyebab utama kedua dari kanker paru-paru. Kebanyakan batu granit memancarkan beberapa radon dan bahkan jenis lain dari radiasi, namun seorang ilmuwan dari Departemen Kesehatan Negara New York yang bernama Michael Kitto, PhD, mengatakan bahwa hanya sebagian kecil dari sampel granit yang telah ia diuji dapat memancarkan radon pada tingkat yang tinggi. Oleh karena itu, batu granit dianggap aman dan ia tidak dapat mempengaruhi resiko terjadinya kanker.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 30th, April 2015 / 09:38 Oleh :
Kategori : Alam