Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Batang Talas Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Talas (Colocasia esculenta) adalah salah satu contoh tumbuhan penghasil umbi. Tumbuhan talas memiliki tinggi sekitar 0,4 – 1,5 meter dengan umbi berada dibawah tanah. Dalam satu tumbuhan, biasanya terdapat 3 – 5 helai daun dengan tangkai seperti pelepah. Tumbuhan ini dipercaya berasal dari daerah Asia Tenggara lalu menyebar ke berbagai belahan dunia seperti India, Cina, dan Afrika. Talas merupakan tanaman yang dibudidayakan sebelum padi. Oleh karena itu di berbagai daerah Indonesia masih ada yang menjadikan talas sebagai makanan utama.

Baca juga:

Kandungan Talas

Sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya, talas banyak digunakan sebagai bahan makanan. Umbi talas adalah salah satu makanan pokok pengganti nasi. Di beberapa negara maju, umbi talas bahkan digunakan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi. Umbi talas dipercaya banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang banyak berperan dalam merawat kesehatan sel. Selain itu talas banyak mengandung mineral seperti potasium, kalium, dan kalsium yang menjaga kestabilan metabolisme dan kesehatan jantung. Daun talas juga dapat dikonsumsi sebagai sayur. Daun talas selain memiliki rasa yang enak juga mengandung banyak serat, vitamin A dan vitamin C.

Artikel terkait :

Manfaat Batang Talas

Tumbuhan talas memiliki banyak manfaat. Uniknya hampir 90% dari seluruh bagian tumbuhan talas dapat dimanfaatkan, termasuk daun, batang, dan umbi talas. Daun dan batang talas banyak digunakan sebagai sayur yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Dalam 100 gram batang talas, terdapat 20 mg fosfor, 60 mg kalsium, 400 mg karbohidrat, 100 mg serat dan mineral mineral lain. kandungan ini menyebabkan batang talas dapat dimanfaatkan untuk:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ yang sangat vital dalam tubuh manusia. Tanpa adanya jantung, maka darah tidak dapat dipompa keseluruh tubuh manusia. Dalam hal ini, kandungan batang talas yang kaya mineral kalsium dan kalium dapat membantu menjaga kesehatan organ jantung. Bahan lain yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca juga : manfaat kacang tanah untuk jantung – manfaat alpukat untuk jantung – manfaat daun kelor untuk jantung – manfaat nanas untuk jantung – manfaat daun binahong untuk jantung

2. Melancarkan Pencernaan 

Batang talas mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Serat menjaga usus agar dapat mencerna makanan dengan lebih optimal dan melancarkan pembuangan sisa makanan dari tubuh. Makanan berserat juga lebih sulit untuk dicerna tubuh sehingga pencernaannya lebih lama. Dengan mengonsumsi makanan berserat seperti batang talas, maka pencernaan akan lebih baik.

baca juga:

sponsored links

Pengolahan Batang Talas

Bagian bagian tumbuhan talas banyak mengandung getah yang dapat membuat gatal. Sehingga langkah awal dalam mengolahnya adalah dengan menghilangkan getah talas. Caranya, kupas kulit batang talas dan cuci hingga bersih. Selanjutnya potong-potong sepanjang 4-5 cm atau sesuai selera, lalu rebus dalam air mendidih hingga masak lalu tiriskan.

Salah satu resep masakan yang bisa diterapkan adalah lompong masak santan. Berikut ini adalah resepnya.

Bahan :

  • 3 ikat batang talas
  • Kelapa ½ butir
  • Lombokrawit  50 gr
  • Bawang putih 4
  • Bawang merah 6
  • Lengkuas 2 iris (masing-masing ½ cm)
  • Gula dan garam secukupnya

Cara Memasak :

  • Kupas bawang putih dan bawang merah.
  • Bersihkan lombok rawit dari tangkainya.
  • Goreng bawang putih, bawang merah, dan lombok rawit sampai matang. Uleg sampai halus.
  • Parut ½ butir kelapa tadi, beri air, lalu peras, dan ambil santannya kira-kira 1000 ml.
  • Siapkan wajan, masukkan lompong, santan, dan bumbu yang dihaluskan. Selama menunggu mendidih, aduk-aduk santan, jaga agar jangan sampai pecah.
  • Jangan lupa berikan gula dan garam. Lalu tunggu hingga mendidih, baru angkat dan sajikan
Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 09th, December 2016 / 05:36 Oleh :
Kategori : Tumbuhan