Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Manfaat Batang Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Batang singkong memiliki tinggi yang sangat beragam dengan bentuk daun yang menyerupai jari – jari.  Batang singkong memiliki batang dengan warna yang coklat. Dimana didalam batang terdapat warna putih kekuningan yang berdiameter 2 sampai dengan 4 sentimeter. Selain itu batang singkong juga mudah untuk tumbuh. Ditanah yang subur hanya dengan menancapkan batang singkong yang mati diatas tanah dapat membuat batang singkong tumbuh dengan subur kembali. Batang singkong memiliki kandungan liginin sebanyak 23 persen, hemiselulosa sebanayk 12 persen.

Baca juga :

Sekarang sudah banyak yang tahun manfaat dari batang singkong dan banyak digunakan untuk kesehatan, membuat papan partikel dan lain – lain. Berikut ini ulasan dari manfaat batang singkong pada berbagai bidang :

1. Mengobati luka bernanah

Saat Anda terjatuh kulit bisa saja terluka dan jika tidak ditangani dengan cepat luka bisa saja menjadi infeksi yang menimbulkan nanah. Batang singkong berfungsi untuk mengobati luka bernanah dengan cara berikut ini :

  • Ambil batang singkong dan dikupas kulitnya.
  • Batang singkong tersebut dicuci terlebih dahulu untuk lebih bersih. Kemudian ditumbuk hingga halus.
  • Tempelkan tumbukan dari batang singkong tadi pada luka yang bernanah dan dapat diperban.

Setelah satu hari buka perbannya dan ganti dengan tumbukkan dari batang singkong yang baru. Dengan pemakaian selama satu minggu perlahan luka bernanah akan mengering dan sembuh.

Artikel terkait :

2. Obat cacingan

Tanda cacingan banyak menyerang anak usia pertumbuha karena mereka sedang aktif – aktifnya bermain diluar rumah. Namun saat ibu lalai memperhatikan kebersihan anak bisa saja menjadi cacingan. Gejala umum dari anak yang menderita cacingan adalah ukuran perut yang membesar dari pada bagian tubuh yang lain dan gatal disekitar dubur. Jika anak terlihat sering menggaruk daerah dubur ini dapat mengidentifikasi cacingan. Rasa gatal yang dirasakan dikarenakan cacing yang bertelur memerlukan udara untuk telurnya dan ini dilakukan didaerah sekitar dubur. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati cacaingan pada anak termasuk menggunakan batang singkong sebagai bahan alami yang baik. Batang singkong baik untuk membuat obat cacing dengan cara sebagai berikut ini :

  • Batang singkong dengan panjang sekitar 10 cm.
  • 30 gram daun ketapang china.

Kedua bahan ini dicuci hingga bersih dan dimasukkan kedalam wadah yang berisi air. Rebus kedua bahan ini kedalam tiga gelas air dan tunggu hingga mendidih. Setelah itu saring airnya kedalam gelas. Minuman dari batang singkong ini baik untuk diminum menjelang akan tidur.

Artikel terkait :

3. Papan artikel berkualitas

Manfaat selanjutnya dari batang singkong dibidang properti adalah membuat papan partikel yang berkualitas. Hasil dari papan partikel batang singkong ini dikenal ramah lingkungan dan dapat dijadikan pilihan pendukung untuk papan partikel yang terbuat dari kayu jati. Dari uji pengembangan dan ketebalan papan partikel dari batag singkong ini memiliki kerapatan dan rekat internal diatas SNI. Serta memiliki daya serap air kurang dari 30 persen.

sponsored links

Artikel terkait :

4. Dapat dijadikan sebagai kayu bakar

Batang singkong yang sudah mati juga bisa dimanfaatkan sebagai kayu bakar untuk memasak didapur. Ini karena kayu bakar dari batang singkong memiliki api yang baik untuk memasak. Anda bisa mengerinkan terlebih dahulu batang singkong dibawa sinar matahari. Ini bertujuan agar api mudah hidup dan membakar batang singkong saat digunakan untuk memasak. Beberapa masyarakat khususnya yang masih tinggal diperdesaan lebih senang menggunakan kayu untuk memasak. Bagi mereka memasak menggunakan batang singkong membuat rasa masakan lebih lezat dan enak.

Artikel terkait :

5. Bahan baku pembuatan bioetanol

Bioetanol adalah bahan bakar bensin yang aman untuk digunakan. Caranya cukup mudah anda tinggal mengambil 10 persen bioetanol dan campurkan pada premuium maka hasilnya bahan bakar menjadi lebih hemat dan jalannya lebih mulus. Berikut ini manfaat lainnya dari bietanol adalah aman untuk lingkungan sekitar, memperpanjang usia dari mesin kendaraan anda, pembakaran gas menjadi lebih sempurna dan bersih. (Baca juga : Manfaat biogas)

Nah itulah beberapa manfaat dari batang singkong dari beberapa aspek kehidupan sehari – hari.

Cara Penanaman Batang Singkong

Batang singkong dapat muddah tumbuh hanya saja untuk mendapatkan hasil yang melimpah dan memuaskan diperlukan proses penanaman yang panjang. Kali ini kita akan mengulas cara penanaman batang singkong dengan cara di stek. Cara menyetek batang singkong ini sudah banyak dilakukan karena manfaat yang diberikan melalui hasil panennya. Berikut ini ulasan tentang masa – masa yang akan dilewati sebelum memanen singkong nantinya :

1.Memilih bibit

Langkah paling awal sebelum melakukan penanaman diperlukan ilmu untuk mengetahui bibit yang unggul. Karena bibit yang unggul ini juga akan membantu untuk proses akhirnya. Adapun ciri – ciri dari bibit yang unggul antara lain :

  • Batang singkong yang dipilih dari induk singkong yang berusia antara 9 sampai dengan 12 bulan.
  • Tidak ada cacat yang tampak pada batang singkong yang akan di stek.
  • Batang singkong harus lurus dan memiliki diameter sekitar 2 samapi dengan 3 sentimeter.
  • Belum adanya pertumbuhan tunas pada batang singkong yang akan dijadikan bibit.

Pemilihan bibit ini harus dilakukan dengan telitit agar jangan sampai melewatkan bibit unggul yang sangat dibutuhkan.

2. Lahan tanaman

Setelah mendapatkan bibit unggul yang sesuai denga ciri diatas, langkah selanjutnya adalah menyediakan lahan tanaman untuk menyetek batang singkong ini. Untuk pengolahan tanam lahan harus memiliki kesediaan ari yang cukup dan pengairan yang lancara nantinya. Langkah awal untuk menyiapkan lahan tanaman yang baik untuk batang singkong adalah :

  • Bersihkan rumput – rumput liar yang menganggu pada lahan agar pertumbuhan batang singkong tidak terganggu karenanya.
  • Gemburkan tanah menggunakan mesin traktor setelah digemburkan sebelum menanam batang singkong biarkan tanah lahan seminggu dulu sebelum ditanam.
  • Selanjutnya buatkan dibagian tengah lahan yang sudah dibuat panjang untuk temapt menanam batang singkong dengan dalam 20 sentimeter. dam masukkan pupuk dedalam lubang secukupnya.

Agar batang singkong yang tumbuh nanti tidak terlalu menyempit untuk tumbuh berik jarak antara lubang satu dengan lubang lainnya sekitar 120 sentimeter.

3. Proses penanaman

Perlu diketahui bahwa bibit stek batang singkong hanya dapat tumbuh baik pada lahan penanaman dengan kandungan air yang cukup dan ph tanah yang sesuai. Jadik jika lahan tanah tidak memiliki cukup air baiknya ditanam pada saat musim penghujan. Namun jika tidak ada baiknya lahan memiliki pengairan yang cukup. Untuk penanaman langkah pertama yaitu potong bagian pangkal batang singkong sekitar 40 sentimeter. Kemudian runcingkan ujungnya untuk ditanam pada tanah yang telah digemburkan sekitar satu minggu yang lalu.

4. Memelihara tanaman singkong

Setelah ditanam batang singkong tidak dibiarkan begitu saja. Ada tahapan yang perlu terus dikontrol saat memelihara tanaman singkong. Berikut ini cara untuk memelihara tanaman singkong :

  • Memastikan untuk mencabut jika tumbuh gulma yang menganggu tanaman singkong.
  • pada saat penanaman bisa saja ada bibit yang tidak tumbuh. Tugas selanjutnya adalah segera menggantik bibit batang singkong yang tidak tumbuh dengan bibi yang baru. Jangan dibiarkan begitu saja kosong.
  • Pemangkasan dilakukan pada batang singkong yang telah berumur lebih dari 7 bulan.
  • Melakukan pemupukan ulang saat usia dari batang singkong tiga bulan.

Dan juga sering melakukan penyiraman tanaman saat musin kemarau karena batang singkong tidak bisa tumbuh ditempat yang terlalu kering.

5. Panen

Bibit singkong yang telah ditanam dapat dipanen saat telah berusia lebih dari satu tahun. Adapun ciri untuk melihat singkong siap dipanen adalah dengan mencabut salah satu batang singkong dan perhatikan umbinya. Jika umbi singkong telah mencukupi sesuai dengan berat ideal. dan warna kulit umbi singkong telah berwarna coklat tua. Itu tandanya tanaman singkong sudah siap dipanen.

Melakukan proses panen singkong Anda tidak hanya akan memperoleh manfaat dari umbinya yang dapat dipasarkan dipasar – pasar tradisonal. Namun juga manfaat dari daun singkong, sari pari singkong, kulit batang singkong dan manfaat batang singkong yang sudah diulas terlebih dahulu tadi.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, November 2016 / 04:38 Oleh :
Kategori : Kesehatan