Sponsors Link

8 Manfaat Batang Pisang Untuk Kesehatan dan Pupuk

Sponsors Link

Pohon pisang memiliki bentuk batang yang lurus tanpa cabang. Batang pisang memiliki ukuran yang sedang dan lunak. Batang pisang yang sudah berbuah biasanya akan mulai layu dan tidak bisa dimanfaatkan lagi. Hingga kini banyak yang belum tahu bahwa batang pisang sebenarnya memiliki banyak manfaat terutama dibidang kesehatan. Sehingga banyak kita jumpai batang pisang yang dibiarkan mati begitu saja sehingga menjadi sampah yang tidak berguna. Kandungan dalam batang pisang seperti tannin, saponin dan flanovoid baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan juga serat yang membantu melancarkan sistem pencernaan didalam tubuh.

Baca juga :

Itu sebabnya mengkonsumsi jus dari batang pisang dapat membantu mengobati beberapa jenis penyakit seperti berikut ini :

1. Sembelit

Batang pisang mengandung serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan didalam tubuh. Sehingga buang air besar tidak mengalami masalah lagi. Untuk mengkonsumsi jus dari batang pisang ini dapat diminum satu kali seminggu untuk mencukupi kebutuhan serat didalam tubuh.

Artikel terkait :

2. Diet

Jus dari batang pisang juga memiliki kandungan karbohidrat yang baik sebagai cadangan energi didalam tubuh dalam menjalankan aktifitas sehari – hari. Selain itu batang pisang yang dibuat jus juga membuat tubuh merasakan kenyang yang lebih lama. Hal ini akan berdampak baik bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Sehingga tidak ada salahnya meminum jus dari batang pisang ini. Jus dari batang pisang dapat diminum dua kali dalam seminggu sebagai menu tambahn saja. Selain itu untuk menjalankan diet yang sehat Anda juga harus sering melakukan olahraga agar badan tetap sehat dan bugar selalu.

Artikel terkait :

3. Batu ginjal

Satu lagi kandungan yang terdapat didalam batang pisang adalah dierutik. Dierutik bersifat meluruhkan endapan kalsium didalam ginjal atau yang biasa disebut batu ginjal. Natu ginjal yang terdapat didalam ginjal dapat membuat penderita mengalami rasa nyeri disekitar pinggang bawah yang menyiksa. Dalam kasus yang lebih tinggi batu ginjal dapat menyebabkan kematian. Cobalah untuk rutin mengkonsumsi jus dari batang pisang agar batu ginjal yang terdapat diginjal dapat dikeluarkan bersama dengan air seni.

Artikel terkait :

4. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu masalah akibat kinerja hormon insulin yang tidak seimbang didalam tubuh. Banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya diabetes yaitu faktor genetika. Selain genetika pola hidup yang tidak sehat juga dapat menimbulkan diabetes datang lebih dini. Untuk mencegah timbulnya kenaikan gula didalam darah ada baiknya Anda mengonsumsi jus dari batang pisang setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang mungkin bisa menaikkan kadar dula didalam darah. Ini karena jus dari batang pisang memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah sehingga mampu menjaga keseimbangan gula didalam darah bagi para penderita diabetes.

Artikel terkait :

sponsored links

5. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih bisa disebabkan karena kebiasaan yang sering menahan buang air kecil. Kadang sering dilakukan saat tengah bepergian jauh yang tidak memungkinkan untuk segera buang air kecil saat terasa. Anda terpaksa menahannya sampai tiba ditujuan selanjutnya. Kebiasaan seperti itu dalam jangka panjang dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Ini karena kandungan kemih dengan terpaksa melebarkan diri untuk menahan air dalam tubuh yang seharusnya sudah dikeluarkan namun belum dikeluarkan. Sementara air yang harus dibuang sudah ada lagi. Sehingga kandung kemih menjadi penuh dan dapat meneyabbkan infeksi. Salah satu ciri dari infeksi saluran kemih adalah nyeri pada saat buang air kecil. Pengobatan alami yang telah lama digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih adalah meminum jus dari batang pisang. Anda dapat mengkonsumsinya sebanyak dua kali dalam seminggu.

Artikel terkait :

6. Membersihkan darah kotor

Minum jus batang pisang sekitar satu bulan sekali juga baik untuk membersihkan darah kotor. Darah kotor yang terdapat didalam tubuh bisa didapatkan dari makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi sehari – hari. Saat metabolisme didalam tubuh terganggu darah kotor beredar bersama darah bersih didalm tubuh. Akibatnya kesehatan sering terganggu dan untuk kesehatan kulit bisa menimbulkan jerawat, alergi dan kulit yang gatal – gatal. Itu sebabnya darah kotor harus dikeluarkan dari dalam tubuh dengan proses detoksifikasi.

Artikel terkait :

7. Diare

Manfaat jus dari batang pisang berikutnya adalah untuk menghentikan diare. Diare disebabkan karena virus yang didapat dari makanan yang telah terkontaminasi oleh virus yang disebabkan karena makanan tidak diberi bungkus. Padahal udara dan tempat lingkungan sekitar yang kotor memudahkan virus ini menempel pada makanan. Diare menyebabkan penderita kehilangan cairan tubuh yang sangat banyak sehingga untuk pertolongan pertama diberikan larutan oralit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Selanjutnya Anda dapat memberikan jus dari batang pisang ini bagi penderita diare.

Artikel terkait :

8. Wasir

Terakhir manfaat dari batang pisang juga bisa untuk mengobati penyakit wasir. Konsumsi jus batang pisang ini sebanyak dua kali dalam seminggu untuk pengobatan.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat dari jus batang pisang yang dapat mengobati beberapa penyakit didalam tubuh. Adapun cara untuk membuat jus pisang yang lezat dan sehat, berikut ini bahan – bahan yang harus Anda siapkan :

  • Batang pisang yang masih segar seperti tunas batang pisang yang memiliki tinggi sekitar 60 cm. Cabut akarnya dan bersihkan dengan air yang mengalir.
  • Kemudian batang pisang tadi dipotong – potong berukuran kecil seperti dadu. Lalu masukkan kedalam blender untuk dihaluskan menjadi jud.
  • Tambahkan sedikit air untuk melarutkan batang pisang. Sesudah itu saring dari ampasnya karena yang akan kita konsumsi adalah air dari batang pisang.

Tuang kedalam gelas dan jus dari batang pisang ini bisa dikonsumsi langsung oleh Anda. Konsumsi secara rutin dan semoga penyakit yang Anda alami bisa segera sembuh dan Anda segera sehat.

Manfaat Batang Pisang untuk Pupuk Cair Organik

Selain memberikan manfaat dibidang kesehatan batang pisang juga bermanfaat untuk bidang pertanian karena bisa dibuat sebagai pupuk cair organik. Adapun bahan – bahan yang perlu untuk dipersiapkan adalah sebagai berikut :

  • Batang pisang, pilihlah batang pisang pada bagian dalam berwarna putih.
  • Gula pasir sebanyak 200 gram.
  • Air tanah.
  • Ember yang memiliki penutup.
  • Karung yang sudah tidak dipakai lagi.

Cara untuk membuatnya antara lain :

  • Potong bagian dalam pisang dengan ukuran yang kecil dan sesudah dipotong masukkan kedalam karung yang telah disediakan tadi.
  • Masukkan kedalam ember gula dan air kemudian aduk perlahan hingga gula tadi melarut dengan air.
  • Karung yang sudah berisi potongan batang pisang dimasukkan kedalam ember hingga tenggelam. Dan tutup ember tersebut. Selanjutnya letakkan ember diruangan yang tidak ada sinar mataharinya.
  • Tunggu hingga 7 sampai dengan 10 hari semabil terus mengawasi emebr dan membuka tutupnya selama satu hari sekali yang bertujuan untuk mengeluarkan gas yang terbentuk karena bahan tadi dengan diputar – putar dan ditutup kembali.
  • Setelah 10 hari pupuk cair dari batang pisang sudah bisa digunakan.

Baca juga :

Dalam menggunakan pupuk cair dari batang pisang ini air didalam ember tadilah yang disiram untuk diberikan pada tanaman dalam meningkatkan kesuburan tanaman. Pemberian pupuk cair organik ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk ampas batang pisangnya yang terdapat didalam karung bisa digunakan sebagai pupuk kompos.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, November 2016 / 04:33 Oleh :
Kategori : Tumbuhan