Manfaat Batang Pepaya Bagi Kesehatan dan Sumber Pangan

Pepaya merupakan buah – buahan yang berasal dari Negara Amerika Selatan yaitu Meksiko. Dengan bantuan penyebaran para pedagang di zaman dahulu buah pepaya dapat sampai di Indonesia. Tidak hanya itu penanaman dari pohon pepaya yang tergolong mudah juga membuat pohon ini bisa tumbuh di Indonesia dan banyak digemari oleh Masyarakat. Ini karena selain mudah untuk didapatkan harga satu buah pepaya juga murah dan pas dikantong. Nama latin dari buah pepaya ini adalah Carica Papaya.

Buah tropis ini memiliki isi daging yang berwarna orange cerah dan jika sudah matang isi daging pepaya akan berubah warna menjadi orange matang. Buah pepaya sangat segar saat dikonsumsi pada siang hari yang panas. Caranya adalah dengan banyaknya buah pepaya yang dipotong – potong kemudian dimasukkan kedalam kulkas untuk sesudahnya dapat dinikmati. Selain itu tadi buah pepaya juga banyak dikonsumsi dengan diolah menjadi sup buah. Sehingga rasanya lebih nikmat lagi untuk dikonsumsi. Menurut penelitian buah pepaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dan juga semua bagian dari pohon pepaya miliki fungsinya masing – masing.

Artikel terkait :

Disisi lain batang dari pohon pepaya juga bisa dimanfaatkan dibeberapa bidang sesuai dengan fungsinya. Batang dari pohon pepaya memiliki karakteristik yang tinggi tanpa cabang. Tinggi pohon pepaya juga bervariasi tergantung jenisnya. Biasanya tinggi pohon pepaya yang paling tinggi bisa mencapai 300 sentimeter. Batang pohon papaya juga mengandung getah yang berwarna putih. Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat pada batang pepaya :

  • Karbohidrat yang memiliki fungsi sebagai tambahan energi dalam menjalankan aktivitas sehari – hari dengan jumlah 5,24 %. (Baca juga : Manfaat karbohidrat)
  • Serat tidak hanya buah pepaya yang memiliki kandungan serat namun batang dari pohon pepaya juga memiliki serat berkisar 2,74 %. (Baca juga : Manfaat serat)
  • Protein selanjutnya dengan persentase 0,32 %. ( Baca juga : Manfaat protein)
  • Kadar air didalam batang pepaya dengan banyaknya 82,3 %. (Baca juga : Manfaat air putih)

Itulah kandungan zat – zat yang terdapat pada batang pepaya setelah diteliti lebih jauh. Dan untuk manfaat yang didapat dari zat ini bisa bermacam – macam mulai dari pembuatan makanan ringan hingga manisan.

Setelah mengetahui kandungan dari batang pepaya maka selanjutnya adalah mengetahui manfaat dari batang pepaya. Hingga saat ini belum banyak orang yang mengetahui manfaat dari batang pepaya. Ini karena sosialisasi mengenai manfaat dari batang pepaya belum merata hampir diseluruh wilayah Indonesia. Padahal pemanfaatan batang pepaya sudah lama dilakukan untuk membuat manisan. Berikut ini ulasan mengenai beberapa manfaat batang pepaya dalam kehidupan sehari – hari :

1. Manisan dari batang pepaya

Anda pasti pernah memakan manisan yang berasal dari buah – buahan. Umumnya dipasar – pasar banyak yang membuat manisan yang berasal dari buah mangga, nanas dan pala. Namun sebagian besar manisan juga banyak dibuat dari batang pepaya. Karena manisan yang terbuat dari batang pepaya telah terjamin keamanannya untuk dikonsumsi. Kalau Anda ingin membuat manisan dari batang pepaya maka alat – alat yang dibutuhkan antara lain :

  • Panci ukuran sedang.
  • Spatula, golok, pisau, timbangan, saringan dan piring ukuran sedang.

Dan untuk bahan – bahan dasarnya yang perlu ada adalah pangkal dari batang pepaya, gula putih, kapur dan garam. Keempat bahan ini harus ada dan sudah siap untuk dibuatkan manisan dari batang pepaya. Untuk langkah pekerjaan membuat manisan dari batang pepaya maka caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Potong pangkal dari batang pepaya dengan panjang yang dimiliki adalah 14 sentimeter.
  • Pangkal batang pepaya tersebut kemudian dikupas kulitnya menggunakan pisau. Ambil bagian dalam batang kemudian gunakan timbangan untuk melihat beratnya sekitar 1 kilogram.
  • Pangkal batang pepaya kemudian dibelah menjadi empat belahan yang memiliki ukuran sama antara yang satu dengan yang lainnya. Selanjutnya diiris denga ketebalan sekitar 2 sentimeter.
  • Setelah diiris batang pepaya tadi direndam didalam air kapur selama satu hari penuh. Kemudian dicuci dengan air yang bersih dan mengalir.
  • Irisan batang pepaya yang telah dicuci bersih tadi direndam kembali namun dengan air garam selama lebih kurang 10 menit lalu tiriskan. Penggunaan garam yang dilarutkan keair tersebut sebanyak dua sendok makan saja.
  • Panaskan kompor dan letakkan kuali diatasnya. lalu masukkan irisan batang pepaya tadi kedalam kuali tambahkan dengan gula pasir sebanyak satu kilogram dengan nyala api yang sedang saja. Aduk kedua bahan tadi hingga benar – benar rata.
  • Setelah irisan dari batang pepaya tadi berubah baik dari segi warna dan bentuk. Anda dapat mengangkat kuali dan mematikan apinya. Namun yang perlu diingat Anda tetap harus mengaduk dua bahan tadi hingga gula mengering dan mengeras pada batang pepaya.

Selanjutnya jika sudah mengering dan mengeras manisan dari batang pepaya ini sudah bisa dikonsumsi dengan rasa yang lezat. Berdasarkan penelitian manisan dari batang pepaya ini tidak mengandung bahan beracun dan bahan kimia yang membahayakan bagi kesehatan tubuh.

2. Dodol

Mungkin Anda baru pertama kali mendengar dodol yang terbuat dari batang pepaya. Sebenarnya pembuatan dodol dari batang pepaya memiliki rasa yang sama dengan dodol lainnya. Ide awal dari pembuatan dodol dari batang pepaya ini merupakan penemuan dari penelitian mahasiswa. Penasaran bagaimana cara membuat dodol dengan rasa yang enak dengan batang pepaya ? Berikut ini bahan yang harus disediakan dan alat – alat penunjangnya yaitu kuali, kompor, panci , mesin pengiling, pisau dan penyaring. Untuk bahan – bahannya adalah buah pepaya, batang pepaya, gula merah, vanili dan kelapa yang sudah tua.

Langkah pengerjaanya adalah sebagai berikut :

  • Buah dari pepaya dikupas kulitnya dan dibilas hingga bersih.
  • Batang pepaya juga dikupas kulitnya hingga yang tersisa hanya bagian dalamnya saja menggunakan pisau.
  • Lalu batang pepaya direbus yang bertujuan untuk menghilangkan senyawa yang memiliki rasa pahit dibatang pepaya. Senyawa ini bernama alkoloid.
  • Bahan dari kelapa tua dikupas kulitnya, kemudian diparut isi dari buah kelapa tadi. Remas untuk diambil santannya agar sari santan benar – benar didapatkan.
  • Lalu batang pepaya yang telah direbus diangkat dan dihaluskan. Kemudian peras batang pepaya yang tadi dihaluskan untuk mendapatkan airnya.
  • Langkah terakhir panaskan kuali dan masukkan perasan air dari batang pepaya tadi, masukkan juga santan dari kelapa tua, vanili dan gula merah kedalamnya.
  • Aduk terus menerus hingga bahan – bahan tadi menjadi mengental.

Setelah bahan tadi mengental maka dapat diangkat dan didiamkan sekitar satu jam. Selanjutnya dodol dari batang pepaya bisa dinikmati bersama. Mudah sekali bukan untuk membuat dodol dari batang pepaya ini. Anda dapat mencoba melakukannya di rumah sendiri. ( Baca juga : Manfaat dodol labu)

3. Keripik dari batang pepaya

Manfaat dari batang pepaya selanjutnya dalah pembuatan keripik dari batang pepaya. Selama ini yang kita ketahui hanyalah keripik dari singkong. Namun siapa sangka batang pepaya juga dapat dibuat sebagai keripik. Berikut ini langkah pengerjaan pembuatan keripik dari batang pepaya :

  • Ambil batang pepaya dengan panjang sekitar 30 sentimeter dari pangkal batang pepaya itu sendiri.
  • Setelahnya kupas kulit pepaya dengan tebal sekitar satu sentimeter atau bisa juga dijadikan patokan batang pepaya yang berwarna putih didalamnya.
  • Cuci batang pepaya tadi dan diiris dengan tipis seperti keripik yang banyak ditemui biasanya.
  • Kemudian direbus batang pepaya yang telah diiris tadi selama tiga puluh menit. Baru direndam pada air kapur sirih selama lebih kurang dua jam.
  • Panaskan kuali dengan minyak diatas kompor. Setelah panas masukkan irisan dari batang pepaya untuk digoreng hingga garing.

Setelah digoreng diatas kuali langkah terakhir untuk membuat keripik dari batang pepaya ini adalah memasukkannya kedalam oven dengan suhu 60 derajat celcius. Kemudian keripik dari batang pepaya ini bisa langsung dikonsumsi atau dimasukkan kedalam toples agar tidak menjadi lunak akibat masuk angin. ( Baca juga : Manfaat kerupuk kulit )

Itulah beberapa manfaat yang didapat dari batang pepaya untuk dibuat makanan ringan hingga manisan. Jika Anda ingin mencobanya dirumah Anda dapat melngikuti langkah – langkahnya satu persatu sesuai dengan intruksi diatas. Selamat mencoba.

, , , ,
Post Date: Monday 21st, November 2016 / 02:45 Oleh :
Kategori : Kesehatan, Makanan