Sponsors Link
     Sponsors Link

20 Manfaat Barley untuk Kesehatan

Sponsors Link

Barley adalah jenis biji bijian yang tampilan fisiknya menyerupai gandum dimana barley juga termasuk dalam keluarga tumbuhan gandum-ganduman. Kandungan nutrisi yang ada pada barley :

  • Protein nabati utuh berkisar 13 g
  • Serat berkisar 19 g
  • Asam amino essensial dan Selenium
  • Kalsium 35 mg, fosfor, mangan tembaga.
  • Gula alami 0.8 g
  • Natrium 12 mg dan kalium 452 mg
  • Vitamin A sebesar 24 IU
  • Vitamin B1, B2, B12, B6 dan E
  • Seng  33 mg dan Magnesium 143 mg
  • Zat besi 3,6 mg kalsium 35 mg
  • Lemak tidak jenuh tunggal 0,4 g
  • Lemak tidak jenuh ganda 1,2 g

Inilah fakta manfaat barley untuk kesehatan tubuh sehari hari :

1. Dapat mencegah pengeroposan tulang

Zat kalsium yang didukung oleh mineral jenis fosfor, mangan dan tembaga dapat mendukung kepadatan tulang dari dalam.

2. Menghindari serangan arthritis

Kandungan zat tembaga yang ada pada barley mampu menghindari tubuh terserang arthritis, yang dapat juga berlaku pada orang orang yang telah lanjut usia.

3. Dapat menangkal radikal bebas

Nutrisi lengkapnya dapat bertindak sebagai manfaat antioksidan yang cukup baik untuk menangkal serangan radikal bebas dari udara dan dalam tubuh.

4. Menurunkan berat badan berlebih

Asam amino essensial yang ada pada barley dapat meluruhkan kalori, gula dan lemak trans yang dihasilkan dari sisa limbah makanan yang telah dikonsumsi. Kemudian dapat mempercepat pembakaran lemak dan menurunkan berat badan yang berlebih.

5. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Zat mineral lengkap dan didukung oleh asam amino essensial dapat menghancurkan penggumpalan kolesterol jahat, lemak  dan kelebihan gula yang ada di pembuluh darah, sehingga tekanan darah selalu seimbang.

6. menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah

Serat yang ada pada manfaat barley dapat meluruhkan, menghancurkan dan mengikat kelebihan asupan gula dalam darah. Kemudian akan diproses oleh ginjal, yang akan terbuang lewat urin dan keringat sehingga kadar gula dalam darah tidak mengalami peningkatan serta terbebas dari penyakit diabetes.

7. Dapat menghindari kanker usus

Serat selain menyehatkan kadar gula dalam darah dapat juga melindungi usus dari serangan virus, kotoran dari sisa limbah makanan yang kita konsumsi dan radikal bebas. Pada akhirnya, akan menghindari usus terserang sel kanker yang menyebabkan kanker usus.

8. Melindungi Empedu dari serangan radikal bebas

Serat larut yang ada pada barley mempunyai kemampuan meningkatkan kinerja empedu karena serat. Mampu menjaga jaringan empedu terbebas dari kotoran dan hasil dari radikal bebas sehingga, mampu membantu pencernaan selalu dalam kondisi terbaiknya.

9. Memperbaiki kekuatan tulang

manfaat Kalsium yang didukung oleh fosfor, mangan, magnesium dan asam amino essensial ada pada barley dapat memperbaiki masa tulang, agar lebih kuat dan sehat serta terhindari pengeroposan. Hal ini juga berlaku bagi orang orang yang berusia diatas 40 an.

10. Sebagai penghambat penuaan (anti aging)

Zat mineral jenis selenium yang ada pada manfaat barley dapat memperbaiki kolagen kulit, agar tetap seimbang dan meningkatkan regenerasi kulit yang mati akibat radikal bebas. Selenium dapat menghaluskan kulit dan merapatkan pori-pori dan memperbaiki struktur kulit yang tidak rata. Wajah akan terhindar dari kerutan halus dan selalu nampak awet muda.

11. Menghilangkan efek asap rokok dalam tubuh

Bagi perokok pasif atau orang orang yang tidak sengaja menghirup asap dari perokok aktif maka tubuhnya telah terkontaminasi zat berbahaya yang ada didalam rokok, termasuk tembakau dan nikotin. Maka jika seseorang  rajin mengkonsumsi barley sehari dua kali setiap hari dalam takaran sedang, maka zat anti inflamasi dan senyawa fenon yang ada dalam barley dapat menghambat efek tembakau dan nikotin agar disaring oleh ginjal. Selanjutnya dibuang bersama kotoran lain lewat feses, urin dan keringat.

12. Mencegah penyakit anemia

Bagi orang yang selalu melakukan rutinitas kerja selalu tidak memperhatikan tingkat gizi yang mereka konsumsi. Hal ini disebabkan begitu padat pekerjaan yang harus dikerjakan. Untuk mencegah tubuh kekurangan zat besi disarankan mengkonsumsi barley setiap hari, pagi dan siang hari agar stamina tetap terjaga. Bagi yang sudah menderita anemia maka mengkonsumsi barley dapat meningkatkan sel darah merah secara sistematik.

13. Dapat menurunkan kadar emosional seseorang

Barley yang dikonsumsi secara teratur dan konsisten maka mampu menurunkan kadar emosi seseorang agar lebih tenang dan fokus. Barley bersifat menenangkan dan mampu mengurangi stres pada seseorang yang sedang terbebani masalah berat.

sponsored links

14. Meningkatkan stamina dan kejantanan pria

Nutrisi lengkap pada barley dapat memberikan dan meningktkan stamina pada tubuh dengan lebih baik. Mampu meningkatkan libido pria sehingga, disela kesibukan rutinitas sehari-hari, tidak akan merasakan tubuhnya cepat merasa kelelahan.

15. Dapat mengempiskan peradangan pada bisul

Barley mempunyai kandungan anti bakteri dan peradangan yang tinggi, sehingga mampu meredakan rasa nyeri pada pembengkakan yang terjadi pada bisul, sekaligus menyembuhkannya secara perlahan lahan.

16. Menyehatkan jaringan hati

Serat, zat mineral dan vitamin yang ada didalam barley dapat bergabung untuk membentuk pertahanan yang kuat bagi dinding hati, agar tidak terjadi kerusakan karena serangan virus. Barley mampu memblokir gerakan virus hati agar segera dimusnahkan oleh zat anti virus yang cukup tinggi yang ternyata dimiliki oleh barley.

17. Dapat meredakan rasa sakit akibat rematik

Sakit pada tulang dan persendian serta gangguan saraf di seputar jaringan tulang, dapat diakibatkan anda menderita penyakit rematik. Rasa tidak nyaman tersebut dapat dikurangi dengan mengkonsumsi barley setiap hari. Zat mineral dan vitamin B kompleknya dapat memperbaiki jaringan otiot dan merilekskan saraf saraf tubuh sehingga secara perlahan barley mampu menyembuhkan penyakit rematik.

18. Dapat mengatasi penyakit anoreksia

Anoreksia adalah seseorang yang menolak untuk makan karena takut gemuk atau terobsesi ingin selalu terlihat kurus. Kondisi ini sangat membahayakan kesehatan karena dikhawatirkan asupan gizi seimbang dalam tubuh tidak tercukupi. Untuk memenuhi gizi seimbang disarankan pada orang orang yang terserang anoreksia untuk mengkonsumsi barley yang dipercaya tidak akan membuat tubuh menjadi gendut atau gemuk.

19. Memperbaiki pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak

Anak-anak usia diatas 5 tahun atau yang masih dalam masa pertumbuhan bisa mengkonsumsi barley setiap hari setelah pulang dari sekolah. Agar kesehatan organ tubuhnya tetap terjaga dengan baik dan pertumbuhan tubuhnya akan mengalami peningkatan dari bulan kebulan misalnya anak anak cepat tinggi.

20. Meningkatkan kekuatan gigi dan kesehatan gusi

Kalsium, vitamin A, E dan B kompleknya serta dukungan dari fosfor yang ada pada barley dapat bergabung untuk meningkatkan kekuatan dan kepadatan gigi serta menjaga gusi dari serangan bakteri. Rongga mulut selalu dalam kondisi baik dan sehat.

Barley dapat dijadikan campuran jus buah apa saja yang kemudian ditambahkan madu secukupnya maka efek segar dan mengenyangkan dapat segera terasa beberapa saat setelah dikonsumsi. Manfaat barley mempunyai efek yang mengenyangkan lebih lama tetapi tidak menimbulkan gangguan pada pencernaan atau lambung, maka dari itu barley cocok untuk program diet rendah lemak.

Siapa yang tidak diperbolehkan mengkonsumsi barley?

Gandum memiliki kandungan gluten yang cukup banyak , begitu pula dengan barley. Apakah gluten itu? gluten adalah sejenis protein yang dihasilkan dari zat Glutenin dan Gliadin yang ada didalam biji bijian dalam keluarga gandum dimana zat tersebut bekerja saling berkaitan didalam tubuh manusia.

  • Pada sebagian orang ada yaang mempunyai alergi terhadap zat gluten yang bisa menyebabkan  sakit kepal mendadak, terserang kurang darah, perut terasa nyeri, sendi dan otot terasa kaku, kencang seperti sedang ditarik dan nyeri yang berkepanjangan.
  • Jika seseorang alergi makan gandum maka sudah bisa dipastikan dia alergi pada zat gluten dan sebaiknya tidak mengkonsumsinya lagi walau dalam jumlah kecil, karena tubuhnya dengan sendirinya akan menolak zat gluten tersebut yaitu seseorang akan mengalami sakit kepala dan sakit perut atau sendi dan otot akan terasa nyeri yang berkesinambungan.

Cuaca dingin, angin malam dan terlalu sering begadang dapat membuat tubuh seseorang terserang masuk angin yang akhirnya memicu demam tinggi. Jika seseorang tua maupun muda terserang demam tinggi karena tubuhnya kelelahan, kurang tidur atau akibat cuaca malam yang dingin maka mengkonsumsi barley adalah solusi yang terbaik. nutrisi yang ada didalamnya dapat menyembuhkan masuk angin dan demam dengan cepat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 08th, March 2016 / 06:44 Oleh :
Kategori : Makanan