21 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Selama ini banyak orang yang tidak menyukai air putih, hal itu dikarenakan air putih tersebut banyak  tidak berasa dan tidak berwarna. Bagi yang tidak terbiasa minum air putih, mereka akan merasakan mual dan perih pada bagian lambung dan tenggorokannya. Banyak fakta yang ditemukan di lapangan jika banyak orang yang tidak hobi untuk minum air putih. Padahal dalam dunia medis, minum banyak air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Kandungan Air Putih

manfaat banyak minum air utihKandungan yang ada di dalam air putih adalah mineral yang tinggi dan kadar air yang tinggi. Sehingga air yang baik dan sehat bisa membuat tubuh tetap terjaga asupan cairannya. Sedangkan air putih yang tidak sehat dan hanya sedikit tidak akan cukup untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat keringat.

Masyarakat memiliki minat yang rendah terhadap air putih, alasan utamanya adalah banyak produk minuman dari air putih yang lebih enak dibandingkan dengan air putih. Produk itu misalnya produk teh, produk soda dan masih banyak lagi lainnya. Hal tersebut membuat posisi air putih semakin tergeser dan tergantikan oleh produk-produk tersebut. Padahal produk minuman tersebut belum tentu menyehatkan jika dibandingkan dengan air putih.

Minat terhadap air putih harus diperbaiki mengingat manfaat banyak minum air putih ini sangat banyak untuk kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Ketika kebutuhan akan cairan di dalam tubuh terpenuhi, kita akan terhindar dari sembelit. Cairan yang masuk ke dalam tubuh juga bisa melancarkan pencernaan sehingga,  jika pencernaan lancar maka nutrisi yang terserap ke dalam tubuh semakin cepat dan banyak.

2. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat air putih juga bisa meningkatkan metabolisme, metabolisme yang meningkat itu bisa membuat anda merasakan kenyang. Jika rasa kenyang lebih lama, maka resiko anda untuk memakan camilan. Rasa kenyang yang lebih lama bisa membuat intensitas makan besar juga akan berkurang.

3. Penambah Tenaga

Ketika merasa lelah, tubuh akan kehabisan tenaga. Tubuh yang kehabisan tenaga akan merasakan lesu dan lemas, sehingga tubuh pun akan terkena dehidrasi. Manfaat banyak minum air putih, membuat tubuh bisa terhindar dari dehidrasi. Orang yang terhindar dari dehidrasi akan memiliki banyak tenaga dibandingkan dengan orang yang mengalami dehidrasi.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Orang yang dehidrasi tidak akan mudah berkonsentrasi, berbeda halnya dengan orang yang minum banyak air putih dia akan terhindar dari dehidrasi. Cairan bisa meningkatkan konsentrasi otak, hal itu dikarenakan air membuat manfaat oksigen ke otak menjadi lancar. Otak yang mendapatkan cukup air dan oksigen, air dan oksigen yang masuk ke dalam otak bisa membuat otak tetap konsentrasi.

5. Penurun Stress

Susunan jaringan otak adalah manfaat air bahkan lebih dari 85 persennya adalah air. Ketika mengalami dehidrasi, tubuh dan pikiran pun akan menjadi stress. Ketika dehidrasi dan mengalami kehausan, tubuh dan pikiran pun akan menjadi stress. ada baiknya untuk tetap menjaga asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh anda. Sehari usahakan untuk mengkonsumsi cairan atau air putih sedikitnya satu liter.

6. Melemaskan Otot

Air putih juga bisa bermanfaat untuk otot. Air putih yang masuk ke dalam tubuh, bisa mencegah kram yang terjadi pada otot. Tidak hanya itu saja, air juga bisa digunakan sebagai pelumas otot sendi. Otot sendi yang terlumasi maka sendi pun tidak akan mudah merasakan nyeri dan tidak akan mudah merasakan sakit.

7. Melembabkan Kulit

Kandungan mineral yang ada di dalam air putih bisa digunakan untuk melembabkan kulit. Wanita yang sering mengkonsumsi air putih bisa menjaga kecantikan dan kelembaban kulitnya. Bagi wanita yang sering mengkonsumsi air putih dia akan memiliki kulit yang cantik namun lembab. Mineral bisa menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga regenerasi sel akan terjaga.

Cairan mineral yang ada di dalam air putih juga bisa menutrisi sel-sel kulit sehingga kulit akan terjaga kelembabannya.

8. Mencegah Keriput

Manfaat banyak minum air putih mengatasi kulit kering yang bisa menyebabkan kulit jadi mudah keriput. Hal itu dikarenakan kulit yang kering bisa menimbulkan kerutan-kerutan di wajah dan kulit. Untuk mencegah terjadinya pengeriputan dini ada baiknya memperbanyak konsumsi air putih karena air putih bisa menghindarkan dari kulit yang kering dan keriput.

Pencegahan keriput lainnya juga didapatkan dari :

9. Menyehatkan Jantung

Konsumsi air putih yang banyak dan cukup bisa digunakan untuk menyehatkan jantung. Air putih bisa melancarkan aliran darah menuju ke jantung, jika aliran darah ke jantung lancar maka jantung pun akan sehat. Jika jantung sehat maka jantung akan terhindar dari berbagai macam penyakit jantung misalnya saja gangguan jantung, komplikasi jantung dan masih banyak lagi lainnya.

10. Pencegah Sakit Kepala

Air putih yang dikonsumsi bisa digunakan untuk mencegah dan menahan sakit kepala berupa migrain. Jangan langsung mengkonsumsi obat saat sakit kepala mulai menyerang. Ada baiknya untuk mencoba manfaat banyak minum air putih minimal tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas of Masstricht di Belanda bisa meredakan sakit kepala seperti migrain dalam 21 jam.

11. Otak Semakin Tajam

Dehidrasi yang menyerang tubuh, bisa memberatkan kerja otak. Sehingga jika tubuh kekurangan cairan, otak pun bisa kekurangan cairan. Otak yang kekurangan cairan bisa mengakibatkan otak kekurangan oksigen. Oksigen yang kurang di dalam otak bisa membuat otak kurang tajam dan kurang konsentrasi. Cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat cairan dan oksigen yang masuk ke dalam otak cukup, sehingga otak akan semakin tajam dan semakin konsentrasi.

12. Obat Flu dan Batuk

Manfaat minum air hangat bisa digunakan sebagai obat flu dan batuk karena flu dan batuk bisa diredakan dengan air putih hangat. Air putih hangat bisa meredakan gatal di tenggorokan, mengeluarkan dahak dengan mudah dan juga meredakan nyeri di tenggorokan.

13. Membantu Dalam Mengeluarkan Keringat

Ketika minum-minuman panas akan membuat tubuh menjadi berkeringat. Orang yang berkeringat akan lebih sehat dibandingkan dengan orang yang jarang berkeringat. Hal itu disebabkan orang yang berkeringat akan muda dalam mengeluarkan toksin-toksin di dalam tubuh. Racun itu akan dikeluarkan melalui keringat. Selain mengeluarkan toksin, berkeringat juga bisa membersihkan sel-sel kulit dan bisa mengambil kelebihan garam di dalam tubuh.

14. Mengatasi Nyeri

Saat seseorang terkena menstruasi, dia akan mengalami nyeri hebat di perutnya. Minum air putih yang banyak bisa digunakan untuk mengatasi nyeri akibat kram menstruasi tersebut. Saat menstruasi jangan mengkonsumsi teh atau kopi secara berlebihan. Jika minum kafein secara berlebihan tubuh akan kekurangan zat besi dan kram yang dirasakan pun semakin hebat.

Nyeri haid juga bisa diatasi dengan :

15. Mengatasi Gangguan Kulit

Minum air putih yang cukup juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kulit. Gangguan kulit itu misalnya saja adalah psoriaris. Hal itu dikarenakan gangguan kulit bisa disebabkan oleh dehidrasi. Dehidrasi yang ekstrim bisa membuat kulit menjadi terganggu kesehatan dan kelembabannya.

16. Menghindari Dehidrasi

Salah satu manfaat banyak minum air putih yang nyata adalah untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi bisa disebabkan oleh kekurangan cairan di dalam tubuh. Cairan yang ada di dalam tubuh bisa berkurang setiap saat, namun kandungan cairan dalam air mineral bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Tubuh yang mengalami dehidrasi bisa terkena berbagai macam penyakit.

Dehidrasi bisa dihindari dengan bahan lainnya yaitu :

17. Menyeimbangkan Getah Bening

Cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat tubuh mampu menyeimbangkan getah bening. Cairan yang masuk digunakan untuk melancarkan sistem kerja getah bening. Jika getah bening bisa bekerja secara maksimal, tubuh bisa memiliki manfaat untuk melawan berbagai macam infeksi yang bisa mengganggu atau menurunkan kualitas kesehatan tubuh.

18. Penyeimbang Berat Badan

Air putih yang diminum ke dalam tubuh bisa bermanfaat untuk menyeimbangkan berat badan. Hal itu dikarenakan air yang masuk ke dalam tubuh melancarkan pencernaan dan membuat rasa kenyang lebih lama. Jika sudah begitu, keinginan tubuh untuk makan dengan porsi yang berlebihan dan melakukan ngemil bisa dihindari.

19. Ginjal Sehat

Banyak mengkonsumsi air putih bisa berguna untuk menciptakan ginjal yang sehat. Air putih lebih bisa diterima ginjal dibandingkan dengan minuman yang mengandung soda, pewarna, pemanis buatan dan masih banyak lagi lainnya. Sayangnya saat ini banyak produk yang menggunakan itu semua baik pemanis, pengawet dan perasa buatan.

Minuman itu tidak akan bisa diterima oleh ginjal. Air putih yang diminum sebelum tidur bisa mencuci ginjal, ginjal yang bersih bisa menciptakan ginjal yang sehat. Sehingga kotoran yang melekat pada ginjal akan dikeluarkan saat pagi hari bersamaan dengan urin.

20. Membuat Usus Lebih Sehat

Mengkonsumsi air putih yang cukup juga bisa digunakan untuk menciptakan usus yang sehat. Air putih yang sehat bisa bermanfaat untuk membuang kotoran dan racun yang melekat di usus. Manfaat banyak minum air putih juga bisa mengeluarkan kotoran yang melekat di usus bersama dengan urin. Oleh sebab itu untuk menciptakan usus yang sehat konsumsilah air putih setiap hari.

21. Menyeimbangkan Tubuh

Saat kekurangan cairan, keseimbangan organ di dalam tubuh akan terganggu. Oleh sebab itu mengkonsumsi air putih bisa digunakan sebagai penyeimbang organ di dalam tubuh agar bisa bekerja secara maksimal. Dehidrasi bisa menyebabkan penurunan kinerja jantung, paru-paru dan organ yang lainnya. Jika fungsi organ turun maka tubuh akan mudah terkena berbagai macam penyakit.

Pada dasarnya air putih adalah air matang yang tidak memiliki warna, tidak memiliki rasa, tidak memiliki bau dan sifatnya jernih. Kebanyakan orang saat ini lebih suka mengkonsumsi teh atau kopi, pola makan masyarakat yang semakin berkembang membuat banyak masyarakat hobi minum-minuman yang berwarna dan berasa. Pola makan inilah yang membuat kesehatan masyarakat dari waktu ke waktu semakin menurun, angka diabetes juga semakin naik. Minuman yang berasa dan berwarna biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi.

Kandungan gula yang tinggi tersebut bisa membuat seseorang mudah terkena diabetes. Oleh sebab itulah, agar terhindar dari penyakit yang diam-diam mematikan ada baiknya masyarakat mulai mengubah pola hidupnya dengan mengkonsumsi banyak air putih.

,
Post Date: Saturday 23rd, May 2015 / 04:40 Oleh :
Kategori : Minuman