Sponsors Link

16 Manfaat Baby Oil untuk Kulit – Wajah – Rambut

Sponsors Link

Baby oil hanya diketahui sebagai penghangat bayi saja, sedangkan untuk manfaat yang lainnya banyak yang tidak tahu. Baby oil terdiri dari berbagai macam merk. Baby oil sering digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi, baunya yang segar juga bisa membuat bayi akan berbau harum dan memiliki bau yang khas. Jika bayi belum menggunakan baby oil, bayi tidak akan beraroma segar. Padahal bayi seharusnya memiliki ciri khas dengan bau yang segar dan kulit yang hangat.

ads

manfaat baby oilMengapa Bayi Membutuhkan Baby Oil ?

Minyak satu ini menjadi salah satu minyak yang wajib ada dalam perawatan bayi terutama bagi bayi yang kulitnya sensitif. Selain membuat tubuh bayi menjadi hangat, baby oil juga bisa membuat kulit bayi menjadi lembut. Ternyata tidak hanya digunakan untuk bayi saja, namun baby oil juga sering digunakan olehorang dewasa. Manfaat itulah yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Sayangnya banyak orang dewasa yang masih canggung untuk menggunakannya, padahal jelas-jelas baby oil bisa bermanfaat untuk orang dewasa asalkan pemakaiannya benar dan dosisnya tepat. Berikut ini berbagai macam manfaat baby oil yang harus diketahui :

1. Body Lotion

Baby oil pada orang dewasa bisa digunakan sebagai body lotion. Manfaat body lotion itu bisa membuat kulit orang dewasa menjadi halus dan lembut seperti kulit bayi. Kandungan body lotion ini disesuaikan dengan kulit bayi sehingga tidak akan menimbulkan alergi. Kandungan pelembab yang tinggi bisa membuat baby oil melembabkan kulit tubuh. Gunakan sehabis mandi atau sebelum tidur, sehingga kulit tubuh bisa menjadi lembab dan juga cerah.

Kandungannya yang berminyak tentu akan menganggu, sebaiknya gunakan sedikit saja baby oil di kulit agar tidak mengeluarkan minyak berlebih.

2. Untuk Merendam Tubuh

Baby oil juga bermanfaat untuk berendam. Saat berendam anda bisa menggunakan baby oil yang dipadukan dengan buble bath. Rendaman air yang diberikan beberapa tetes baby oil bisa membuat tubuh anda menjadi lembab kembali. Manfaat spa dengan baby oil ini juga sangat menyehatkan kulit.

3. Massage

Untuk mendapatkan kelembaban kulit yang lama, anda bisa melakukan massage menggunakan manfaat baby oil. Selain alami dan tidak membuat kulit sensitif, baby oil bisa membuat kulit anda lembab lebih lama. Saat melakukan pemijatan, anda bisa meminta therapist untuk menggunakan minyak baby oil. Anda bisa merasakan tubuh anda hangat, lembab dan tentunya halus.

4. Membersihkan Make Up

Baby oil juga bisa digunakan untuk membersihkan riasan di mata dan juga bibir. Baby oil bebas dari alkohol sehingga aman untuk digunakan sebagai pembersih riasan. Kandungan minyak didalamnya bisa melembabkan sehingga riasan di mata ataupun di bibir bisa cepat hilang dengan minyak yang melembabkan tersebut. Bahan untuk membersihkan make up lainnya juga terdapat pada :

5. Mencegah Bibir Kering

Anda mengalami bibir yang kering? gunakan baby oil untuk menjaga dan menciptakan kelembaban di bibir. Bibir yang kering pun bisa diatasi dengan menggunakan manfaat baby oil tersebut. Oleskan baby oil pada bibir yang kering, kemudian pijat secara halus dan teratur. Lakukanlah saat malam hari sebelum tidur secara rutin bisa membuat bibir anda terhindar dari kekeringan.

Pencegahan bibir kering juga bisa dilakukan dengan :

6. Minyak Cukur

Bagi pria bisa menggunakan baby oil untuk mencukur bulu-bulu yang ada di tubuhnya secara aman. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan baby oil ke bagian tubuh yang ditumbuhi dengan bulu, setelah itu anda bisa melakukan cukur. Menggunakan baby oil saat cukur bisa membuat anda terhindar dari rasa pedih dan juga terhindar dari iritasi.

Berbeda halnya jika melakukan cukur dengan menggunakan minyak yang lain, tubuhakan mudah terkena infeksi atau merasakan rasa pedih.

7. Perawatan Kuku

Baby oil juga bisa digunakan untuk perawatan kuku, tidak perlu melakukan menicure ataupun pedicure. Cukup gunakan baby oil, agar bisa merawat kuku anda dengan aman dan murah. Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan mengoleskan baby oil pada kuku sebelum tidur. Lakukan pemijatan lembut pada kuku. Baby oil dan pijatan yang dilakukan bisa melancarkan peredaran darah dan bisa membuat pertumbuhan kuku semakin cepat. kuku juga terhindar dari pecah-pecah dan juga kering.

8. Merawat Tangan Dan Kaki

Baby oil juga bermanfaat untuk merawat tangan dan kaki anda. Kaki adalah bagian tubuh yang mudah kering, begitu pula dengan tangan. Untuk menjaga tangan dan kaki tetap terawat anda bisa memijat secara perlahan bagian tumit kaki dan tangan anda menggunakan baby oil.

9. Menghilangkan Kaki Pecah-Pecah

Tumit kaki yang pecah-pecah bisa mengganggu penampilan, tidak hanya itu saja tumit kaki yang pecah-pecah bisa membuat sakit saat digunakan berjalan. Tumit kaki pecah bisa disebabkan oleh berat badan bertambah dan kulit kaki yang kering. Caranya mudah sekali, sebelum tidur aplikasikan manfaat baby oil di tumit kaki yang pecah dan pijat secara teratur. Tumit kaki yang pecah pun bisa teratasi menggunakan baby oil.

10. Menghilangkan Kulit Bersisik

Anda bisa menghilangkan kulit kaki dan tangan yang bersisik menggunakan baby oil. Kandungan minyak di dalam baby oil yang melembabkan bisa membuat kulit tangan yang bersisik pun menjadi halus kembali. Baby oil bisa melembabkan tangan sehingga sisik di kulit tangan maupun kulit kaki bisa hilang menggunakan baby oil. Gunakanlah secara teratur jika sisik di tangan dan kaki ingin hilang selamanya.

11. Memudarkan Stretch Mark

Stretch mark bisa terjadi saat kehamilan. Garis halus pada kulit biasa disebut dengan stretch mark, garis itu bisa menganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri terutama mengganggu saat memilih pakaian. Untuk menghilangkan stretch mark, anda bisa mengoleskan stretch mark pada bagian perut, paha dan juga pada bagian lengan. Sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk mengoleskan baby oil. Selain itu, strech mark juga bisa dihilangkan dengan manfaat daun antanan.

12. Mengembalikan Kilau Rambut

Rambut kusam dan tidak bercahaya? anda bisa menggunakan baby oil untuk mengembalikan kilau alami rambut. Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan mengoleskan baby oil ke rambut dan bungkus rambut menggunakan handuk yang sudah dicelupkan manfaat air hangat. Diamkanlah selama 15 menit, setelah itu mulailah keramas. Saat rambut sudah kering anda bisa merasakan perbedaannya.

13. Melebatkan Alis

ads

Saat mencukur alis, akan ada insiden kecil yaitu dimana rambut alis tidak rapi sehingga alis terlihat aneh. Untuk menumbuhkan rambut alis kembali bisa menggunakan manfaat baby oil seperti manfaat minyak zaitun. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan baby oil di permukaan alis dan lakukan sebelum tidur.

14. Pendamping Sun Block

Manfaat berenang memang menyehatkan, namun tentu anda membutuhkan perawatan lebih untuk kulit. Anda bisa menggunakan sun block untuk melindungi kulit anda dari matahari. Ternyata sun block saja tidak cukup, dibutuhkan campuran baby oil untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sebelum menggunakan sun block, olesi tubuh anda menggunakan sedikit tetesan baby oil. Tidak hanya itu saja, oleskan baby oil pada rambut agar tidak menjadi kering, bercabang dan pecah-pecah. Selama berenang, baby oil bisa mencegah kerusakan terhadap rambut akibat air kolam renang yang banyak mengandung kaporit.

15. Membersihkan Kotoran Telinga

Untuk membersihkan kotoran yang ada di telinga, anda bisa menggunakan baby oil. Caranya pun sangat mudah sekali yaitu dengan mencelupkan cotton bud di baby oil sebelum membersihkan telinga. Kotoran telinga akan menempel dan terangkat sempurna pada cotton bud yang telah dicelupkan baby oil.

16. Membersihkan Cat

Cat yang melekat di tembok bisa dibersihkan menggunakan baby oil. Caranya adalah dengan mengoleskan baby oil dititik yang terkena cat dan ingin membersihkan cat dari tembok tersebut. Anda bisa membersihkan bagian yang terkena cat  dengan kain yang bersih, kemudian teteskan baby oil sedikit demi sedikit saat cairan baby oil telah hilang.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Baby Oil

Ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan ketika perawatan menggunakan baby oil. Hal-hal tersebut harus benar-benar menjadi perhatian ketika ingin menggunakan baby oil sebagai perawatan wajah. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan perawatan wajah menggunakan baby oil :


1. Pembersihan Wajah

Seorang dokter ahli kecantikan mengatakan bahwa baby oil digunakan pada kulit bayi yang cenderung normal, sedangkan orang dewasa memiliki berbagai macam tipe kulit dan memiliki berbagai macam masalah kulit. Misalnya saja komedo dan jerawat. Jika kulit orang yang berminyak menggunakan baby oil maka kulitnya akan semakin berminyak.

Pemakaiannya bisa menimbulkan masalah kulit pada orang dewasa. Kandungan minyak mineral pada baby oil justru bisa menyumbat pori-pori sehingga orang dewasa dengan kulit berminyak bisa timbul jerawat dan juga komedo. Orang dewasa sebaiknya menggunakan produk kecantikan yang cocok dan sesuai dengan jenis kulitnya agar tidak menimbulkan masalah.


2. Jangan Rutin

Meski baby oil bisa digunakan untuk membersihkan kulit setelah melakukan make up, ada baiknya anda menggunakannya tidak secara rutin. Alasannya adalah :

  • Jika baby oil digunakan secara berkelanjutan dan terus menerus dalam membersihkan riasan mata maka kulit bisa menjadi lebih tebal dibandingkan dengan sebelumnya.
  • Selain tebal juga bisa membuat tesktur kulit menjadi kasar dibandingkan dengan sebelumnya.
  • Membersihkan wajah pada muka orang dewasa menggunakan baby oil bayi bukanlah langkah yang tepat. Orang dewasa bisa menggunakan face toner atau cleansing yang bisa digunakan sebagai pembersih make up, sabun pun harus menggunakan ph yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Ph yang sesuai dengan jenis kulit bisa membuat kulit orang dewasa akan tetap sehat dan juga lembab, terjaga kadar keasamannya dan mencerahkan dengan mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit.

3. Sebagai Pelembab Wajah

Manfaat baby oil bisa digunakan untuk pelembab wajah orang dewasa. Namun menurut dokter ahli kecantikan mengatakan bahwa pelembab wajah sebaiknya disesuaikan dengan tipe atau jenis kulit wajah. Berikut ini pelembab wajah yang tepat menurut dokter ahli :

  • Jika orang dewasa yang memiliki kulit berminyak menggunakan baby oil untuk pelembabnya, baby oil itu justru bisa merusak kulit dan membuat kulit wajah berminyak seperti kilang minyak.
  • Jika produksi minyak berlebihan, maka kulit pun akan semakin bermasalah misalnya saja komedo dan juga jerawat.
  • Pada dasarnya pelembab dibedakan menjadi tiga macam yaitu pelembab oklusif atau pelembab yang sifatnya menutup, lengket dan juga untuk kulit kering.
  • Pelembab yang kedua bersifat humektan yang artinya adalah menarik air di berbagai jaringan sekitar kulit wajah.
  • Pelembab yang ketiga yaitu meolien yang bisa berfungsi sebagai zat yang bisa mengisi celah-celah antar sel wajah.
  • Dari semua jenis pelembab itu, baby oil termasuk dalam oklusif atau lengket dan panas. Meski melembabkan, baby oil bisa membuat kulit menjadi kering.


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 21st, May 2015 / 08:32 Oleh :
Kategori : Kesehatan