15 Manfaat Ayam Betutu Bali Sebagai Menu Sambal

Indonesia yang kaya akan berbagai macam kuliner khas daerah-daerah dari seluruh pelosok nusantara. Dan kuliner khas yang terkenal dari Bali adalah ayam betutu. Ayam betutu adalah sambal yang enak dan bahan dasar ayam. Karena rasanya yang lezat ayam betutu sudah terkenal tidak hanya di daerah asalnya saja Bali. Kita semua tahun bahwa ayam kaya akan banyak manfaat dibidang kesehatan. Ini karena kandungan yang terdapat didalam daging ayam sangat kompleks dan dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan sumber vitamin dan senyawa lainnya. Adapun kandungan yang terdapat pada daging ayam adalah :

  • Asam amino esensial
  • Zat besi
  • Vitamin a
  • Vitamin c
  • Vitamin e
  • Lemak jenuh
  • Protein

Beberapa kandungan senyawa ini memberikan dampak positif bagi kesehatan dengan konsumsi daging ayam betutu secukupnya.

Artikel terkait :

Selain menawarkan rasa yang gurih dan enak, sambal ayam betutu ini juga bermanfaat dibidang kesehatan antara lain untuk :

1. Menghentikan diare

Manfaat dari mengonsumsi sambal ayam betutu adalah untuk menghentikan diare. Diare disebabkan oleh virus yang masuk melaui makanan. Dan diare menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan.

Artikel terkait :

2. Meningkatkan nafsu makan

Nafsu makan seseorang bisa saja mengalami perubahan mulai dari berkurang dan naik. Untuk meningkatkan nafsu makan Anda bisa mencoba sambal ayam betutu yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

Artikel terkait :

3. Mengobati anemia

Ayam betutu memiliki kandungan zat besi didalamnya. Zat besi berguna untuk mengobati dan mencegah anemia secara alami.

Artikel terkait :

5. Untuk diet

Program diet untuk menurunkan berat badan menjadi andalan manfaat dari konsumsi ayam betutu. Ayam kaya kandungan protein didalamnya yang dapat mengubah lemak menjadi kalori.

Artikel terkait :

6. Mencegah resiko kanker

Kanker disebabkan karena pertumbuhan sel yang tidak terkendali didalam tubuh. Salah satu cara untuk mencegah resiko kanker dengan teratur mengonsumsi ayam terutama sambal ayam betutu.

Artikel terkait :

7. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol merupakan cairan berwarna kuning yang melindungi jantung. Keberadaan kolesterol sama sekali tidak berbahaya selama tidak berlebihan. Untuk mengontrol kadar kolesterol didalam darah ada baiknya Anda mengonsumsi sambal ayam betutu.

Artikel terkait :

8. Menjaga tekanan darah

Manfaat dari ayam betutu selanjutnya adalah menjaga tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan strok dan tekanan darah yang rendah dapat membuat Anda merasa pusing.

Artikel terkait :

9. Mengobati flu

Mengobati flu ternyata juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi ayam betutu. Jika Amda penggemar ayam, cobalah sesekali membuat menu makanan dengan ayam betutu. Resep mengenai ayam betutu ini dapat dicari di sosal media.

Artikel terkait :

10. Menyehatkan jantung

Organ tubuh manusia yaitu jantung bertugas untuk memompa darah keseluruh tubuh. Jantung yang sehat membuat semua fungsi organ berjalan secara optimal. Jantung memerluka supan protein untuk menguatkan kinerjanya. Karena itu mengonsumsi ayam betutu bisa menjadi pilihan Anda.

Artikel terkait :

11. Mencegah osteoporosis

Mencegah osteoporosis dapat dilakukan dengan mengonsumsi daging ayam betutu. Osteoporosis banyak menyerang usia senja dimana tulang mengalami keropos akibat berkurangnya kalsium yang berguna untuk menguatkan tulang.

Artikel terkait :

12. Mempercepat metabolisme

Daging ayam mengandung banyak senyawa yang juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme diperlukan untuk energi bagi Anda dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Artikel terkait :

13. Merawat kulit

Kulit memerlukan nutrisi untuk tetap sehat dan cera. Vitamin yang diperlukan kulit adalah vitamin c dan e. Kedua vitamin ini terdapat didalam ayam betutu.

Artikel terkait :

14. Mata menjadi sehat

Kandungan dalam ayam betutu salah satunya adalah vitamin a. Vitamin a berguna untuk menjaga kesehatan mata. mengonsumsi daging ayam dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin a untuk menjaga mata tetap sehat.

Artikel terkait :

15. Mencegah sairawan

Sariawan dapat diatasi dengan makanan yang mengandng vitamin c didalamnya. Daging ayam betutu memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi sehingga bisa mencegah sariawan secara alami.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi ayam betutu, meskipun berasal dari bali namun Anda bisa mendapatkan masakan tradisional ini diberbagai penjuru nusantara karena sudah terkenal.

, , ,
Post Date: Monday 17th, April 2017 / 07:32 Oleh :
Kategori : Makanan