Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Manfaat Awan bagi Kehidupan Manusia

Sponsors Link

Awan merupakan benda langit berwarna putih dan juga hitam yang sering dikaitkan dengan kemunculan hujan. Awan sendiri pada dasarnya merupakan kumpulan dari Kristal Kristal beku atau tetesan air yang berkumpul menjadi satu pada atmosfer bumi. Awan yang berada pada langit dan atmosfer bumi tidak terbentuk begitu saja. Terdapat proses panjang yang membentuk awan, yang serin gkita kenal dengan siklus air.

Proses terbentuknya awan

Awan terbentuk melalui sebuah proses yang cukup panjang. Berikut ini adalah proses dari terbentuknya awan :

manfaat awan bagi kehidupan manusia

  1. Air menguap ke atmosfer. Pada fase ini, air yang berada pada bumi, seperti laut, danau, sungai dan juga penampungan air lainnya mengalami proses penguapan, dan menguap ke atmosfer bumi
  2. Uap air yang naik ke atmosfer mengalami pendinginan dan membentuk butir – butir air. Butir-butir air tersebut kemudian berkumpul menjadi satu dengan bentuk yang kita kenal dengan sebutan awan
  3. Ketika butiran dari air tersebut mulai membesar, maka terbentuklah hujan, yaitu proses turunnya butiran-butiran air ke bumi, yang membuat air kembali menggenang pada penampungan, seperti laut, danau, dan juga sungai.

Proses inilah yang terjadi secara berulang-ulang, sehingga juga sering dikenal dengan nama siklus air, yang merupakan salah satu siklus yang berperan penting dalam membentuk awan.

Awan meskipun terletak jauh di atmosfer bumi dan sulit bagi kita untuk menggapainya, memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan. Apa saja manfaat dari awan? Berikut ini adalah manfaat diantaranya yang penting untuk kehidupan kita :

1. Menghasilkan hujan

Manfaat awan yang pertama adalah untuk menghasilkan hujan. Ya, hujan meruapakn salah satu hasil alami dari proses siklus air yang terbentuk karena awan. Awan yang sudah memiliki butiran-butiran air yang banyak, akan turun ke bumi dalam bentuk hujan.

2. Membantu memberikan cadangan air bagi manusia

Manfaat air yang paling penting adalah untuk memberikan cadangan air di bumi ini yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Air merupakan sumber kehidupan, terutama bagi seluruh makhluk hidupp di bumi. Karena itu, awan sangat penting keberadaannya, karena dapat memberikan berkah berupa air yang turun ke bumi.

3. Membantu menyuburkan tanaman

Air hujan yang turun ke bumi juga dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk membantu menyuburkan tanaman. Dengan suburnya tanaman, maka hasil pertanian dan juga panen akan terjamin. Selain itu, dengan suburnya tanaman hal ini sangatlah penting untuk memaksimalkan produksi oksigen bagi manusia dan juga makhluk hidup lainnya.

4. Mencegah bencana alam kekeringan

Manfaat awan bagi kehidupan akan membuat turunnya hujan juga sangat penting untuk mencegah terjadinya bencana alam berupa bencana kekeringan. Kekeringan merupakan salah satu bencana alam yang sangat buruk, karena ketika bencana alam kekeringan terjadi, kondisi cuaca akan sangat panas dan tanah menjadi gersang.

5. Menghilangkan cuaca panas, and juga memberikan kesejukan

Awan juga dapat memberikan kesejukan dan suasanya yang santai. Selain itu, juga dapat  mencegah panas terik dari matahari.

6. Melindungi pancaran langsung dari sinar ultraviolet

Kegunaan penting lainnya dari awan adalah dapat melindungi pancaran langsung dari sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet yang berasal dari pancaran sinar matahari akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, apabila terkena secara langsung. Pancaran sinar ultraviolet ini dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada kulit, seperti infeksi kulit, ruam, kulit yang terbakar, kulit yang mengering dan kasar, dan juga kanker kulit.

Selain gangguan pada kulit, sinar ultraviolet juga dapat berdampak buruk pada mata anda, karena dapat menyebabkan kebutaan dan juga penyakit katarak. Maka dari itu, keberadaan awan sangatlah penting dan juga bermanfaat bagi kehidupan manusia, selain itu, dengan adanya awan, maka manusia juga dapar terhindar dari rasa panas terik, yang terkadang dapat menyebabkan rasa pusing.

7. Dapat memperkirakan arah angin

Manfaat awan bagi kehidupan manusia adalah sebagai salah satu indikator penting akan perkiraan tentang arah angin. Arah angin merupakan salah satu indikator penting dalam beberapa kejadian, seperti olahraga, dan juga kegiatan penerbangan. Dengan adanya awan, maka para pakar dapat melihat kecenderungan gerakan angin. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagau energi angin dengan baik, sesuai dengan arah dan juga kecepatan angin pada saat itu.

8. Meramalkan cuaca

sponsored links

Manfaat awan bagi manusia yang tidak kalah penting adalah untuk meramalkan cuaca. Dengan adanya awan, maka pihak berwenang, dalam hal ini adalah BMKG dapat memantau pergerakan dan juga jenis awan yang muncul. Hal ini dapat memperkirkan cuaca yang akan muncul dari parameter awan tersebut. Dengan adanya ramalan cuaca ini, maka manusia dapat bersiap siap untk menghadapi jenis cuaca yang akan muncul.

9. Menyelamatkan penerbangan

Awan juga sangat bermanfaat untuk menyelamatkan penerbangan. Salah satu hal yang diperhatikan ketika akan melakukan suatu penerbangan adalah kondisi awan. Jika pada atmosfer muncul awan yang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian pesawat, maka pesawat bisa jadi tidak diperbolehkan berangkat, atau dihimbau untuk menghindarinya. Maka dari itu, keberedaan awan juga sangat penting dalam mendukung keselamatan dari sebuah penerbangan.

Jenis-jenis Awan

Awan sendiri ternyata memiliki banyak sekali jenis-jenisnya. Paling tidak ada 10 jenis awan yang sudah pernah diidentifikasi oleh manusia. Berikut ini adalah ke 10 jenis awan tersebut :

  • Stratocumulus
  • Cumulus
  • Stratus
  • Nimbostratus
  • Altocumulus
  • Altostratus
  • Cissus
  • Cirrostratus
  • Cirrocumulus
  • Cumulonimbus

Nah, itulah beberapa manfaat awan bagi kehidupan manusia. Semoga artikel mengenai manfaat awan bagi kehidupan manusia dapat meningkatkan wawasan anda.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 30th, July 2015 / 05:19 Oleh :
Kategori : Alam