Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Manfaat Mengkonsumsi Asinan Sayuran

Sponsors Link

Siapa tak kenal dengan produk asinan? Di Indonesia asinan seperti salah satu makanan khas tradisional yang memiliki banyak sekali jenis dan citarasa tergantung dari daerah produksinya. Contohnya saja Asinan Banten, Asinan Betawi, dan Asinan Bogor. Di setiap daerah makanan ini sangat populer dan digemari karena rasanya yang bercampur aduk antara asam, manis, dan pedas.

  1. Cegah kanker

Nurtrisi pada asinan sayuran sepeti vitamin dan mineral dapat membantu tubuh menghentikan pertumbuhan sel kanker. Apalagi kandungan antioksidan yang terdapat pada beberapa jenis sayuran dapat benar-benar melindungi tubuh dari penyakit serius yang satu ini.

Baca juga:

  1. Kurangi resiko hipertensi

Banyak mengkonsumsi sayuran juga diyakini dapat mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi atau dikenal dengan hipertensi.

Baca juga:

  1. Hindari osteoporosis

Kandungan likopen pada asinan sayuran mampu membantu menghindari pengeroposan tulang atau osteoporosis. Likopen ini biasanya ditemukan pada sayuran yang berwarna merah. Belum lagi pada bengkuang yang dijadikan asinan terdapat kandungan fitoestrogen yang juga membantu menguatkan tulang dan menjaga tubuh agar tetap bugar di usia tua.

Baca juga:

  1. Obat awet muda alami

Menurut pakar kecantikan kandungan likopen pada asinan sayuran dapat menjadi obat awet muda yang alami dan aman untuk dikonsumsi. Vitamin maupun mineral yang berperan sebagai antioksidan dapat mencegah penuaan dini diakibatkan oleh radikal bebas.

Baca juga:

  1. Lawan radikal bebas

Radikal bebas dapat memberi dampak negatif pada kesehatan dan juga kecantikan apabila dibiarkan begitu saja. Salah satu cara menangkal radikal bebas ini adalah dengan mengkonsumsi asinan sayuran. Selain itu pada wortel terdapat betakaroten yang juga berperan sebagai antioksidan untuk menstabilkan radikal berinti karbon.

Baca juga:

  1. Tingkatkan kekebalan tubuh

Dengan asupan mineral dan vitamin yang cukup tubuh tentu saja dapat lebih kebal terhadap berbagai serangan dari lingkungan luar. Saat ini terdapat lebih banyak infeksi virus dan bakteri yang dapat mengancam kesehatan tubuh kita oleh karena itu kita perlu mensiasatinya dengan memakan sayuran. Salah satunya adalah asinan sayuran.

Baca juga:

sponsored links

  1. Menyehatkan mata

Vitamin A yang terdapat pada beberapa sayuran yang diasinkan seperti wortel sudah sangat dikenal dengan kemampuannya menyehatkan serta mempertajam pengelihatan. Pada sayuran yang berwarna ungu juga terkandung zat antosianin yang memiliki kemampuan untuk membantu menjernihkan pengelihatan di malam hari.

Baca juga:

  1. Sumber klorofil alami

Klorofil pada sayuran hijau memiliki begitu manfaat bagi kesehatan diantaranya dapat mendetoksifikasi racun, mengatur kadar asam basa agar tetap seimbang, membentuk dan memperbaiki sel darah, serta meningkatkan imunitas.

Baca juga:

  1. Tinggi kalium

Berbeda dengan klorofil, kalium umum ditemukan pada sayuran yang berwarna kuning. Manfaat dari kalium ini antara lain menstabilkan tekanan darah dan mengeluarkan karbondioksida dari aliran darah. Selain itu kalium juga mampu memicu kerja otot dan simpul saraf, menstabilkan cairan tubuh, serta melancarkan penyebaran oksigen ke otak.

Baca juga:

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa memakan asinan sayuran rupanya tidak hanya memanjakan lidah namun juga bisa memberi manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 26th, December 2016 / 04:39 Oleh :
Kategori : Makanan