13 Manfaat Arang Bagi Kesehatan (Activated Charcoal)

Tahukah anda jika arang berguna bagi kesehatan manusia? Mungkin masih banyak diantara kita yang belum mengetahui jika arang memiliki manfaat bagi kesehatan. Ya, sudah sejak jaman dahulu kala sebenarnya manusia sudah mulai menggunakan arang sebagai obat atau maupun untuk mempercantik diri. Namun, seiring perkembangan jaman, arang saat ini menjadi semakin dikenal manfaatnya dan dikemas dalam berbagai kemasan yang sangat menarik sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

Bahkan, saat ini di dunia sudah dikenal arang yang dikhususkan untuk dimanfaatkan untuk kesehatan. Arang tersebut dikenal dengan istilah ‘activated charcoal’ atau arang yang sudah diaktifkan. Activated charcoal ini merupakan arang yang sudah melewati proses tertentu sehingga menghasilkan arang murni. Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai apa itu activated charcoal serta manfaatnya bagi kehidupan kita.


Apa itu activated charcoal ?

Mungkin saat ini anda sering melihat ataupun mendengar iklan – iklan produk kecantikan ataupun produk perawatan tubuh yang menggunakan activated charcoal sebagai bahan utamanya. Lalu, apa bedanya arang biasa dengan arang yang sudah diaktivasi ini? Keduanya sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya saja activated charcoal ini sudah melalui proses tertentu yang menjadikannya sebagai arang yang murni. Bahan pembuatan activated charcoal ini menggunakan arang biasa yang selanjutnya melalui proses pemanasan yang menggunakan gas sehingga menghasilkan arang ysng memiliki struktur berongga.


Bagaimana Cara Kerja Activated charcoal ?

Cara kerja activated charcoal ini bisa mengikat segala macam zat racun sehingga banyak dimanfaatkan di dalam dunia medis maupun dunia kecantikan. Bahkan sejak Perang Dunia pertama, para tentara Amerika menggunakan activated charcoal pada masker mereka untuk mencegah keracunan gas yang dilancarkan oleh musuh.

Activated charcoal memiliki pori – pori pada permukaannya sehingga memiliki kemampuan untuk mengikat serta menyerap zat – zat pada permukaannya tersebut. Activated charcoal bahkan dapat menyerap zat – zat yang berbahaya hingga seribu kali dari berat activated charcoal itu sendiri. Sebagai informasi, activated charcoal ini memiliki istilah lain seperti arang murni, atau activated carbon.


Setelah mengetahui apa itu activated charcoal atau arang murni, selanjutnya dalam artikel ini juga akan dijelaskan mengenai manfaat dari activated charcoal. Ingat, yang digunakan disini adalah activated charcoal atau arang yang sudah di murnikan. Ini berarti anda tidak boleh menggunakan arang biasa yang belum melalui proses pemanasan atau proses lainnya agar menjadi activated charcoal. Arang biasa juga mungkin masih mengandung unsur-unsur berbahaya yang bisa berbahaya bagi tubuh.

1. Mengobati keracunan

Activated charcoal bisa menyelamatkan nyawa seseorang yang mengalami keracunan. Kemampuan activated charcoal yang bisa menyerap zat berbahaya sangat membantu pada kasus orang yang mengalami keracunan, bahkan setelah zat tersebut diserap oleh tubuh. Activated charcoal juga bisa membantu menyelematkan nyawa seseorang yang mengalami overdosis, seperti:

  • overdosis obat-obatan medis seperti aspirin, acetaminophen.
  • overdosis morphin, atau kokain.
  • keracunan pestisidan termasuk DDT
  • overdosis merkuri, timah atau bahan kimia lainnya.

Tetapi, perlu anda ingat. Tidak semua keracunan dapat tertolong dengan menggunakan activated charcoal. Manfaat arang bagi kesehatnaActivated charcoal tidak dapat bekerja pada keracunan alkohol, sianida, metal seperti besi dan lainnya, serta beberapa jenis asam tertentu yang bisa langsung terserap oleh jaringan tubuh dengan cepat.

2. Menyembuhkan gigitan binatang

Banyak penelitian yang membuktikan jika activated charcoal atau arang murni bisa mengobati gigitan binatang yang beracun. Activated charcoal ini bisa menyembuhkan gigitan serangga seperti laba-laba, lebah maupun ular yang berbisa, hingga bisa menyerap dengan cepat bisa atau racun dari gigitan binatang tersebut.

Manfaat lain yang mampu menyembuhkan gigitan hewan :

3. Menyembuhkan jerawat

Anda mengalami jerawat? Manfaat Arang murni atau activated charcoal bisa membantu anda menghilangkan jerawat yang muncul pada bagian tubuh manapun. Saat ini sudah tersedia activated charcoal yang dikemas dengan kapsul. Jika anda menggunakan activated charcoal bubuk dari kapsul tersebut, anda bisa mencampurkan activated charcoal dengan manfaat air mawar atau air aloe vera. Lalu, gunakan campuran tersebut untuk membersihkan wajah atau bagian tubuh yang berjerawat. Jangan khawatir, walaupun terbuat dari arang dan warna dari activated charcoal ini juga berwarna hitam, activated charcoal tidak akan meninggalkan warna hitam pada kulit anda.

4. Memutihkan kulit

Ingin kulit putih bersih? Gunakan activated charcoal sebagai manfaat scrub sebelum atau saat mandi. Saat ini juga sudah banyak produk perawatan yang menggunakan activated charcoal, produk tersebut bisa sangat efektif dalam membersihkan permukaan kulit dan mencerahkan kembali kulit yang kusam.

Sejumlah bahan lain yang mampu memutihkan kulit yakni :

4. Memutihkan gigi

Jika anda berpikir zat yang berwarna hitam tidak bisa digunakan untuk memutihkan, maka anda salah. Anda bisa menggunakan arang biasa tetapi akan lebih baik jika anda menggunakan activated charcoal untuk memutihkan gigi. Manfaat arang bagi kesehatan biasa yang sudah menjadi bubuk atau bisa juga menggunakan activated charcoal bersamaan dengan pasta gigi. Gunakan secara teratur agar hasilnya dapat maksimal, namun jangan terlalu sering karena bisa mengikis enamel gigi.

Cukup gunakan dua kali seminggu sehingga anda tidak merusak enamel gigi anda. Anda juga harus mempehatikan apakah gigi anda termasuk gigi yang sensitif atau tidak. Karena jika sensitif, kemungkinan anda tidak boleh menggunakan arang maupun activated charcoal untuk memutihkan gigi anda.

5. Mengurangi sakit perut

Jika perut terasa kembung dan bergas, anda bisa mengkonsumsi activated charcoal untuk meredakan gas dalam perut anda. Gas dalam perut biasanya diakibatkan oleh konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, yang memang terkenal sebagai makanan yang dapatkan menghasilkan gas berlebih di dalam perut. Selain kembung atau gas berlebih dalam perut, activated charcoal juga bisa meredakan mual dan muntah. Tetapi harus anda ingat, activated charcoal tidak boleh dikonsumsi setiap hari. Gunakan sesekali saja dalam keadaan yang memang sudah sangat membutuhkan bantuan dari si activsted charcoal ini.

Terdapat sejumlah khasiat bahan alami lain yang mampu mengatasi sakit perut kembung yaitu :

6. Untuk detoks racun dalam tubuh

Seperti yang sudah ketahui bahwa activated charcoal merupakan zat yang sangat efektif untuk menyerap zat atau racun, banyak orang yang juga menggunakan activated charcoal untuk mendetoks racun-racun di dalam tubuh. Gunakan seminggu sekali jika anda ingin mengkonsumsi activated charcoal untuk detoksifikasi. Anda juga perlu berkonsultasi pada dokter mengenai berapa banyak activated charcoal yang harus anda konsumsi.

Karena jika berlebihan mengkonsumsi activated charcoal, anda bisa mengalami sakit perut atau sembelit, dan jika terlalu sedikit activated charcoal mungkin tidak akan efektif dalam mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Perbanyak minum air putih jika anda sedang mengkonsumsi manfaat arang murni ini, jika tidak anda dapat dengan mudah terserang sembelit.

7. Meningkatkan energi di dalam tubuh

Banyak yang sudah membuktikan keefektifan activated charcoal dalam membantu mengeluarkan racun dan kotoran-kotoran di dalam tubuh. Namun ada poin tambah lainnya jika anda menggunakan manfaat arang bagi kesehatan untuk detoks yakni tubuh menjadi terasa lebih bugar dan lebih berenergi.

8. Membantu menurunkan berat badan

Jika di dalam tubuh terdapat banyak racun, maka akan menghambat penyerapan nutrisi dan juga menghambat sistem pencernaan maupun pembakaran energi di dalam tubuh. Namun jika menggunakan activated charcoal atau arang murni untuk mendetoks racun-racun di dalam tubuh, tubuh akan lebih bagus sistem pencernaan dan sistem metabolisme di dalam tubuh. Sehingga selanjutnya bisa membantu untuk menurunkan berat badan seiring lancarnya sistem pencernaan maupun sistem metabolisme tubuh.

Manfaat lain yang mampu melancarkan pencernaan :

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lancarnya sistem pencernaan maupun sistem kekebalan tubuh tentu akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri mauoun virus. Sistem pencernaan yang baik juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

10. Menyehatkan rambut

Ingin rambut sehat? Detosifikasi racun di dalam tubuh dengan menggunakan activated charcoal atau arang murni bisa menjadi alternatif yang cukup efektif untuk membuat rambut lebih sehat. Dengan detoks menggunakan activated charcoal atau arang murni, ini artinya anda akan terbebas dari racun ataupun zat – zat yang tidak baik bagi tubuh anda. Di dalam tubuh yang terdapat banyak toksin akan menyebabkan turunnya tingkat kebugaran serta kesehatan tubuh anda secara menyeluruh.

Inilah yang memungkinkan detoks dengan activated charcoal bisa berpengaruh baik pada kesehatan rambut anda. Karens activated charcoal membantu tubuh mengeluarkan kotoran dan toksin dengan jauh lebih baik. Sama seperti sejumlah zat alami yang mampu menyehatkan rambut ini :

11. Meningkatkan daya konsentrasi

Beberapa orang yang telah mencoba melakukan detoks dengan manfaat arang bagi kesehatan akan mereka lebih mampu untuk berpikir secara jernih dan mampu lebih berkonsentrasi pada apa yang sedang mereka kerjakan.

12. Sebagai anti penuaan

Mendetok tubuh dari racun-racun yang memang memiliki efek tidak baik bagi tubuh akan berdampak sangat positif bagi organ-organ tubuh serta tubuh kita secara keseluruhan. Dan detoks juga bisa menjadikan tubuh terasa lebih bugar dan muda. Serta detoks pula dapat membantu mengembalikan fungsi organ tubuh kita.

Efek Samping Penggunaan Arang

Walaupun yang anda gunakan atau anda konsumsi merupakan arang murni, namun ada beberapa hal yang tetap perlu anda perhatikan jika anda menggunakan activated charcoal ini khususnya untuk dikonsumsi. Berikut hal – hal yang perlu anda perhatikan mengenai activated charcoal ini:

  • menggunakan activated charcoal atau arang murni dengan cara dikonsumsi secara terus menerus dapat mengakibatkan sembelit, sakit perut, mual, muntah, diare.
  • konsumsi activated charcoal yang terus menerus juga dapat mengakibatkan warna gigu menjadi hitam, lidah menjadi berwarna hitam.
  • dalam kasus yang lebih serius, activated charcoal bisa mengakibatkan
  • dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit tubuh jika activated charcoal dikonsumsi bersamaan dengan obat – obatan untuk mengobati konstipasi seperti sorbitol.
  • dapat mengurangi penyerapan obat – obatan seperti acetaminophen, aspirin, dll.
  • jangan mengkonsumsi activated charcoal sebagai suplement karena dapat mengurangi proses penyerapan nutrisi oleh tubuh.

, ,
Post Date: Saturday 15th, August 2015 / 07:01 Oleh :
Kategori : Alam