Manfaat Apel Hijau Untuk Program Diet Sehat

Apel merupakan salah satu jenis buah yang sangat familier bagi kehidupan. Apel hijau merupakan buah yang dapat dengan mudah kita dapatkan tanpa menunggu musim. Hampir seluruh toko buah menjual apel hijau, sehingga apabila ingin mengkonsumsinya tidak terlalu susah dalam mencarinya. Seperti halnya buah pada umumnya, apel hijau memiliki kandungan dan manfaat yang baik bagi kesehatan. Tidak hanya sehat, namun bagi yang memiliki dengan berat badan, apel hijau dapat menjadi solusi untuk menurunkan berat badan. Gangguan metabolisme dalam tubuh yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang sehat dapat mengakibatkan kegemukan.

artikel terkait manfaat apel:

Untuk itu, bagi anda yang mengalami masalah berat badan harus dapat menjaga makanan apa saja yang harus dikonsumsi agar pembakaran lemak tidak terganggu dan juga tidak mengganggu metabolisme tubuh. Apel hijau menjadi salah satu solusi diet karena mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan kalorinya yang rendah, serta kandungan serat yang tinggi apel hijau ini dapat menjadi alternatif yang dapat digunakan untuk menurunkan baerat badan. Berikut alasan mengapa apel hijau dapat membantu menurunkan berat badan atau program diet:

  1. Memiliki Kandungan Kalori yang Rendah

Dibandingkan dengan beberapa buah lain, apel hijau memiliki kandungan kalori yang lebih rendah. Kandungan kalori dalam apel hijau pada takaran 1 cangkirnya mengandung 63 kalori, jauh lebih rendah dibandingkan dengan pisang. Dalam takaran yang sama, pisang mengandung 134 kalori, lebih tinggi 71 kalori dibandingkan dengan kandungan kalori pada apel hijau. Dengan mengkonsumsi apel hijau yang memiliki kandungan rendah kalori ini, maka berat badan juga akan menyusut dibandingkan mengkonsumsi buah lain seperti pisang. Jika dalam perharinya kalori yang dikonsumsi hanya sekitar 200 sampai 500 kalori,maka dalam kurun waktu satu minggu berat badan dapat turun sebesar 230 gram. Bisa dikira kira apabila dalam perminggunya turun berat badan sebanyak 230 gram maka dalam beberapa bulan berat badan akan turun beberapa kilogram.

artikel terkait: manfaat jus apel

  1. Memiliki Kandungan Serat yang Tinggi

Bagi orang yang memiliki berat badan biasanya memiliki masalah dengan keinginannya untuk selalu ngemil karena selalu merasa lapar. Memakan cemilan yang memiliki kandungan serat rendah akan tetap memberikan efek lapar meskipun sudah memaknnya dalam porsi yang lumayan banyak. Berbeda dengan makanan atau buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi seperti apel hijau. Buah yang kaya akan kandungan serat seperti apel hijau ini akan memperikan efek kenyang yang lebih lama. Rasa kenyang yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi makanan kaya serat akan mengurangi rasa lapar dan akan mengurangi ngemil. Alasannya simpel, yakni karena masih merasa kenyang sehingga tidak perlu memakan makanan lain seperti cemilan.

artikel terkait: manfaat daun apel

  1. Mengandung vitamin C yang Tinggi

Setiap jenis buah memiliki kandungan vitamin dan kadar yang berbeda. Buah apel hijau ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Manfaat tingginya kandungan vitamin C dalam apel hijau dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Selain vitamin C yang tinggi apel hijau juga mengandung fenol. Yakni kandungan dalam buah yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh dan membuat aliran darah menjadi lancar.

artikel terkait: manfaat apel merah bagi kesehatan

Kandungan dalam manfaat apel hijau untuk diet, dapat membantu untuk menurunkan berat badan yang dapat dibilang secara drastis. Namun dalam jumlah konsumsinya perhari juga harus diperhatikan, karena tubuh ini tidak hanya membutuhkan serat dan kalori saja. Namun juga membutuhkan lemak, protein, karbohidrat dan beberapa zat lain agar tetap memiliki tubuh yang sehat.

artikel terkait: manfaat fiforlitmanfaat jus mengkudumanfaat apel hijau bagi kesehatan

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan

  1. Mulailah sarapan sebalum jam 8 pagi agar dengan mengkonsumsi satu buah apel hijau.
  2. Pada saat makan siang, perlu mengkonsumsi jenis makanan lain untuk memberikan asupan kebutuhan tubuh seperti protein, karbohidrat, lemak dan beberapa kebutuhan tubuh lainnya. Hal ini dilakukanan agar gizi tubuh seimbang sehingga bagi orang yang melakukan diet tidak sampai kekurangan gizi.
  3. Tetap konsumsi air putih agar tidak terjadi dehidrasi. Tidak disarankan untuk memakan lebih dari tiga buah apel pada malam hari dengan alasan menggantikan cairan tubuh.
  4. Mengkombinasikan apel hijau dengan makanan lain yang mengandung protein yang juga baik untuk diet dan dapat memberikan energi dalam tubuh. Apel hijau dapat dikombinasikan dengan jenis biji bijian, kacang kacangan atau makanan penghasil protein lainnya seperti putih telur.
  5. Hindari makanan berlemak dan bersantan agar usaha diet yang dilakukan dengan mengkonsumsi apel hijau dapat berjalan dengan baik.

artikel terkait: manfaat labu putihmanfaat galvanic spamanfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan

Bagi orang yang memiliki masalah dengan berat badan, diet merupakan salah satu cara yang banyak ditempuh untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Namun, diet yang dilakukan harus dengan cara yang sehat dan dalam taraf normal, artinya tidak berlebihan dalam melakukan diet. Tetap konsumsi makanan lain selain apel hijau agar selama masa diet berlangsung, tubuh tetap sehat dan energi terjaga. Sehingga dapat melakukan aktivitas sehari hari dengan lancar tanpa kendala yang berasalan karena sedang menjalani diet.

, , ,
Post Date: Wednesday 24th, August 2016 / 09:16 Oleh :
Kategori : Buah Buahan