10 Manfaat Angkat Beban Bagi Tubuh

Angkat beban merupakan cabang olah raga yang cukup diminati banyak orang. Setiap tempat kebugaran pasti memiliki jenis olah raga ini. Selain lebih mudah untuk dilakukan angkat beban ternyata memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah manfaat dari olah raga angkat beban yang dapat membuat kita tercengang.

  1. Mencegah Kematian Dini

Menurut salah satu peneliti dari UCLA yaitu Arun Karlamangla, semakin besar massa otot yang dimiliki seseorang, maka semakin rendah resiko kematian dini.

  1. Mencegah Insomnia

Setiap jenis olah raga, termasuk angkat beban dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari.

Baca juga:

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Angkat beban memang terbukti dapat meningkatkan massa serta kekuatan otot seseorang apabila dilakukan dengan benar. Otot yang kuat membuatnya tidak rentan terhadap resiko cedera otot.

Baca juga:

  1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Beberapa studi menunjukan bahwa angkat beban dapat meningkatkan kepadatan tulang khususnya pada orang dewasa atau paruh baya apabila dilakukan secara rutin.

Baca juga:

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Selain menguatkan otot-otot dan tulang Anda, angkat beban juga mampu menguatkan mental. Pada umumnya orang yang sering olah raga memiliki lebih sedikit rasa kecemasan atau depresi karena saat kita melatih tubuh ternyata secara tidak langsung kita juga melatih kekuatan mental.

Baca juga:

  1. Menyehatkan Jantung

Menurut The American Heart Association, latihan angkat beban yang dilakukan dua kali seminggu dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular seseorang. Apabila dilakukan secara rutin tekanan darah dapat diturunkan secara efektif.

Baca juga:

  1. Menunjang Program Diet

Angkat beban terbukti ampuh dua kali lebih efektif untuk membakar lemak serta kalori di tubuh. Tidak heran angkat beban menjadi menu latihan orang-orang yang ingin mendapatkan berat badan idealnya di berbagai pusat kebugaran.

Baca juga:

  1. Membentuk Tubuh

Olah raga angkat beban juga dapat membentuk tubuh menjadi lebih indah meski di usia tua. Penelitian mengemukakan semakin tua usia seseorang semakin kecil massa ototnya. Otot-otot itu akan terganti dengan lemak yang membuat bagian tubuh seperti pinggul menjadi besar. Oleh karena itu latihan rutin pembentukan otot diperlukan untuk tetap menjaga bentuk tubuh yang ideal di usia lanjut.

Baca juga:

  1. Menstabilkan Gula Darah

Sebuah penelitian di Australia menyebutkan bahwa penderita diabetes tipe-2 yang melakukan olah raga angkat beban secara rutin selama 4 bulan, kadar gula darahnya dapat menurun dan tetap stabil. Hal tersebut dikarenakan olahraga ini dapat membuat tubuh menjadi lebih sensitif terhadap hormon insulin.

Baca juga:

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri dapat diperoleh dari berbagai hal diantaranya adalah tubuh yang lebih sehat dan bugar. Bentuk tubuh yang ideal hasil olahraga juga menjadi penunjang rasa percaya diri kita untuk melakukan aktifitas rutin dan sosialisasi di dalam masyarakat.

Baca juga: Manfaat Olahraga Untuk Anak SD

Itulah manfaat dari olahraga angkat beban untuk kebugaran dan kesehatan tubuh serta mental kita. Namun disarankan tidak dilakukan secara berlebihan dan cobalah lakukan di tempat kebugaran didampingi oleh instruktur untuk menghindari cara angkat beban yang salah.

, ,
Post Date: Saturday 31st, December 2016 / 00:51 Oleh :
Kategori : Olahraga