Sponsors Link

9 Manfaat Anggur Merah untuk Diet Sehat dan Enak

Sponsors Link

Buah merupakan jenis makanan yang selalu direkomendasikan oleh dokter dan ahli kesehatan karena sarat akan manfaat buah buahan. Baik untuk menjaga kesehatan tubuh maupun untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena berbagai kandungan pada beragam buah-buahan tersebut yang baik bagi kesehatan. Ada banyak jenis buah yang bisa dimanfaatkan untuk memelihara kesehatan tubuh dan menjaga berat badan seperti manfaat apel dan manfaat semangka. Salah satunya yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu manfaat anggur merah untuk diet yang sehat dan enak.

ads

Anggur merupakan jenis buah-buahan yang terkenal akan rasanya yang manis dan lezat serta harganya yang relatif mahal. Namun hal ini setimpal dengan manfaat anggur yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi buah yang terkenal diolah menjadi minuman wine ini. Ada banyak cara mengonsumsi anggur. Bisa dimakan langsung dimana nutrisinya tentu saja masih terjaga utuh, bisa juga diolah dulu menjadi jus, minuman seperti wine, dikeringkan yang disebut juga dengan kismis, dijadikan salad, dibuat jelly, atau diambil minyak dari biji anggur tersebut. Semuanya memiliki cita rasa dan kelebihan yang berbeda-beda.

Baca juga:

Salah satu varian anggur yang umum dikenal dan dikonsumsi masyarakat adalah jenis anggur merah. Rasanya manis dan tentu saja kaya akan manfaat buah anggur merah. Di dalam anggur merah terkandung berbagai nutrisi yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan diantaranya manfaat karbohidratmanfaat seratmanfaat fosfor, natrium, manfaat vitamin C, vitamin K, thiamin, manfaat kaliummanfaat protein, zat besi, flavonoid, resveratrol, mangan, asam ellagic, serta sedikit manfaat vitamin Amanfaat vitamin E, alpha karoten, vitamin B6, panthotenic acid, kalsium, magnesium, dan beta karoten. Anggur merah juga mengandung kalori dalam kadar yang rendah serta terbebas dari lemak dan kolesterol sehingga sangat menyehatkan dan cocok dijadikan menu diet sehari-hari.

Manfaat Anggur Merah untuk Diet

Dengan mengonsumsi anggur merah secara rutin dan tidak berlebihan ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan yang sangat mendukung keberhasilan program diet diantaranya:

1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu pendukung keberhasilan program diet adalah lancarnya pencernaan. Dengan pencernaan yang lancar akan membuat makanan yang kita makan dapat terserap dengan baik dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh serta zat sisanya dapat dibuang dengan lancar sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh. Selain itu kandungan serat yang tinggi pada anggur merah juga dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah anda makan secara berlebihan. Bagi anda yang sedang diet dianjurkan untuk mengonsumsi anggur merah setelah sarapan atau makan siang. (Baca juga: manfaat teladak)

2. Sumber vitamin

Diet yang baik adalah diet sehat dengan tetap memperhatikan asupan vitamin-vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu anggur merah sangat tepat dikonsumsi saat diet karena mengandung vitamin-vitamin yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin C dan E.

ads

3. Menghambat pembentukan dan pertumbuhan sel-sel lemak

Anggur merah mengandung resveratrol, sejenis antioksidan yang banyak terdapat pada bagian kulit anggur merah yang memilki banyak manfaat salah satunya menghambat pembentukan dan pertumbuhan sel-sel lemak sehingga tidak terlanjur menumpuk di dalam tubuh. (Baca juga: manfaat resveratrol )

4. Mengurangi kadar lemak dan meningkatkan metabolisme gula darah

Anggur merah juga mengandung senyawa asam ellagic yang dapat mengurangi kadar lemak terutama pada organ perut dan hati. Penumpukan lemak pada area ini tidak hanya dapat menimbulkan kelebihan berat badan namun juga menyebabkan penyakit diabetes dan jantung. (Baca juga: manfaat beras ketan untuk kesehatan)

5. Mencegah tubuh mengalami kelelahan berat

Salah satu faktor yang sering menjadi penyebab kegagalan program diet adalah rasa lelah yang amat sangat sehingga memicu anda untuk mengonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan. Dengan mengonsumsi anggur merah hal ini dapat dihindari karena kandungan vitamin C pada buah anggur merah dapat mencegah seseorang mengalami kelelahan. Tentu saja dibarengi dengan faktor-faktor lain seperti tidur malam yang cukup. (Baca juga: manfaat remayung)

Manfaat Lain Anggur Merah

Tidak hanya baik sebagai pengontrol berat badan konsumsi anggur merah juga mendatangkan banyak manfaat lain bagi kesehatan diantaranya:

1. Melancarkan peredaran darah

Dengan adanya kandungan senyawa flavonoid pada anggur merah sangat bermanfaat sebagai antioksidan serta menjaga kelenturan pembuluh darah. Selain itu anggur merah yang diolah menjadi wine juga bermanfaat untuk mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Kedua hal ini dapat mendukung kelancaran peredaran darah sehingga peredaran darah menjadi lancar dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. (Baca juga: manfaat buah cepokak)

2. Mencegah penyakit kanker dan jantung

Dengan mengonsumsi anggur merah tidak hanya tubuh langsing ideal yang kita dapatkan. Namun tubuh kita juga akan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung. Hal ini didukung oleh kandungan resveratrol pada anggur merah yang berperan sebagai antiinflamasi dan antioksidan serta bermanfaat untuk mengaktifkan enzim pada hati yang dapat membersihkan tubuh dari zat-zat kimia yang tidak diperlukan oleh tubuh. Dengan ini kita akan terhindar dari penyakit kanker dan jantung. (Baca juga: manfaat buah manggis)

Sponsors Link

3. Mengatasi hipertensi

Anggur merah mengandung banyak mineral penting salah satunya kalium yang sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah agar tidak melebihi batas normal. Selain itu kandungan serat pada anggur merah juga bermanfaat untuk membersihkan tumpukan endapan lemak dan kolesterol pada pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lancar. (Baca juga: manfaat daun beluntas untuk hipertensi)

4. Menghambat perkembangan radikal bebas

Anggur merah merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Dengan mengonsumsi anggur merah akan melindungi tubuh dari efek perkembangan radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung serta penuaan dini. (Baca juga: manfaat wortel)

Meskipun kaya manfaat bukan berarti kita dapat mengonsumsi anggur merah sesuka hati karena pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Anggur merah cukup dikonsumsi sekitar 15 butir perhari dan jangan dikonsumsi ketika kondisi perut sedang kosong karena dapat membuat perut terasa tidak nyaman. Dengan rutin mengonsumsi anggur merah secukupnya tubuh sehat dan langsing ideal akan jadi milik anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 31st, May 2017 / 13:17 Oleh :
Kategori : Buah Buahan