Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Ampas Tomat Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Sponsors Link

Tanaman tomat merupakan tanaman yang dapat tumbuh setinggi satu sampai tiga meter. Warna buah dari tomat sangat beragam mulai dari merah, kuning dan hijau. Tomat ini tidak tahan hujan, sinar matahari terik, serta membutuhkan tanah gembur dan subur sebagai media tanamnya. Tanaman ini berumur pendek yang hanya satu kali berproduksi, setelah itu mati. Tomat merupakan tanaman perdu atau semak yang menjalar pada permukaan tanah dengan panjang mencapai ± dua meter.

Penyajian dari buah tomat dapat dimasak bersama sayuran lain ataupun dimakan langsung. Hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi sedangkan daun dan batangnya tidak dapat dikonsumsi, sama halnya seperti tanaman kentang dan terung yang bagian daun dan batangnya tidak dapat dikonsumsi.

Artikel terkait tomat dan manfaat kesehatan :

Kandungan dalam Tomat

Kandungan dalam buah tomat meliputi alkaloid solanin (0,007%), saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, biflavonoid, protein, lemak, gula (fruktosa, glukosa), adenine, trigonelin, kolin, tomatin, mineral (Ca, Mg, P, K, Na, Fe, sulfur, klorin), vitamin (B1, B2, B6, C, E, niasin), histamin, dan likopen.

Seluruh kandungan yang terdapat dalam tomat sangat berguna untuk mengatasi serangan penyakit. Tomat memang berkhasiat untuk mengobati sariawan, pembentukan tulang dan gigi, memperlancar proses pencernaan, menurunkan gejala tekanan darah tinggi, mengurangi penuaan kulit, dan mencegah pembentukkan sel kanker.

Artikel terkait vitamin dan zat-zat yang bermanfaat dalam buah dan sayuran :

Manfaat Ampas Tomat Untuk Lulur dan Masker

Tomat memang kaya akan manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit. Selain buahnya yang nikmat untuk dikonsumsi, ampas tomat pun masih memiliki kandungan manfaat terutama untuk kulit. Hal ini dikarenakan dalam buah tomat terdapat kandungan antioksidan, vitamin A, C dan E yang mampu melembabkan kulit, mengurangi kandungan minyak pada wajah, menutrisi kulit serta mencerahkan kulit yang kusam.

Menggunakan ampas tomat untuk masker wajah secara rutin, dapat memperoleh berbagai manfaat. Penggunaan masker tomat ini harus disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing, karena tidak semua orang cocok menggunakan masker dari tomat. Berikut ini beberapa variasi masker wajah dari tomat yang dapat digunakan untuk perawatan sehari-hari.

1. Resep Pertama : Ambil satu buah tomat yang sudah dicuci bersih, haluskan dan peras airnya. Kemudian gunakanlah ampas tomat ini di seluruh wajah sebagai masker. Tunggu sampai beberapa menit, setelah itu bilaslah dengan air hangat sampai bersih.

2. Resep Kedua : Siapkan satu buah tomat matang ukuran sedang, dan susu cair tawar 250 ml. Kemudian blender buah tomat tadi. Pisahkan antara jus tomat dan ampasnya. Ampas tomat ini dapat digunakan sebagai lulur untuk badan sebelum mandi. Caranya dengan menggosokkan ampas tomat ke seluruh tubuh kemudian bilas tubuh sampai bersih dengan air. Sedangkan jus tomat tadi dapat dicampurkan dengan susu cair kemudian aplikasikan pada wajah. Tunggu sampai mengering dan bilaslah dengan air hangat.

3. Resep Ketiga : Ambil satu buah tomat, perasan jeruk nipis dan oatmeal. Blender buah tomat dan campurkan dengan perasan jerus nipis serta oatmeal, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit sampai mengering. Lalu bilaslah dengan air hangat.

sponsored links

4. Resep Keempat : Siapkan satu buah tomat. Iris tomat tersebut dan tempelkan pada permukaan wajah yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

5. Resep Kelima : Ambil satu buah tomat dan madu. Haluskan tomat terlebih dahulu, kemudian campurkan dengan madu. Oleskan pada wajah secara merata dan tunggu selama 15 menit. Lalu bilaslah dengan air bersih.

Artikel terkait buah dan sayuran untuk kesehatan dan kecantikan tubuh :

Demikianlah manfaat ampas tomat. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 25th, October 2016 / 02:55 Oleh :
Kategori : Buah Buahan