Sponsors Link

8 Manfaat Ampas Tahu bagi Kehidupan

Sponsors Link

manfaat ampas tahuAmpas tahu adalah salah satu jenis makanan yang sangat terkenal di beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa Tengah dan beberapa daerah lainnya. Namun bagi daerah perkotaan biasanya memang belum mengenal makanan yang berasal dari tahu ini yaitu, ampas tahu. Ampas tahu adalah zat buangan yang diperoleh selama proses produksi tahu.

Kedelai hasil perebusan akan didiamkan selama beberapa saat, kemudian akan digiling. Lalu, sari-sari tahu hasil dari kedelai giling akan diendapkan menjadi tahu. Sementara itu sisa dari kedelai giling yang tidak terpakai akan menjadi ampas.

Karakter ampas sama seperti tahu yaitu memiliki warna yang lebih putih dan lembut. Disinilah ampas tahu dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan lainnya yang juga memiliki gizi yang cukup untuk tubuh. Manfaat ampas tahu lainnya juga dapat di gunakan untuk makanan hewan.

Nilai Gizi Ampas Tahu

Ampas tahu sering diolah menjadi beberapa jenis makanan dan rasanya juga tidak kalah dengan tahu atau makanan dari olahan kedelai lainnya. Apakah ampas tahu mengandung nutrisi sehingga aman untuk dikonsumsi? Ya, ampas tahu memiliki beberapa nilai nutrisi yang cukup baik.

Dibawah ini adalah beberapa macam nutrisi yang terdapat dalam ampas tahu:

Jenis Nutrisi/ 100 gramJumlah
Energi400 kkal
Protein26 gram
Karbohidrat18,9 gram
Lemak12 Liter
Kalsium16 mg
Zat besi3 mg
Fosfor28 mg
Vitamin B10,5 mg

Ampas tahu pada awalnya hanya menjadi makanan sederhana yang tidak terlalu disukai oleh banyak orang. Tapi nilai gizi dan manfaat ampas tahu ternyata sangat baik untuk manusia dan konsumen lain. Berikut ini adalah beberapa daftar manfaat ampas tahu:

1. Diolah Menjadi Tempe

Salah satu jenis olahan dari ampas tahu yang banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah adalah tempe gembus. Tempe ini diolah dari ampas tahu yang diproses dengan ragi seperti jenis ragi untuk membuat tempe kedelai. Proses untuk membuat ampas tahu sangat mudah, bahan yang tidak banyak dan hasil yang lebih banyak.

Tempe gembus bisa dimasak menjadi berbagai olahan sesuai dengan selera. Di daerah Jawa Tengah tempe gembus biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Makanan ini tidak hanya sehat tapi juga penuh dengan nutrisi.

2. Makanan Sapi

Ampas tahu juga sering dimanfaatkan oleh peternak sapi sebagai sumber makanan untuk sapi. Ampas tahu mengandung jumlah kalori yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi sumber tenaga untuk sapi. Selain itu kandungan nutrisi lain pada ampas tahu juga bisa memenuhi gizi yang baik untuk sapi.

Sapi yang diberi makanan dari ampas tahu biasanya lebih cepat gemuk dibandingkan sapi yang tidak diberi ampas tahu. Biasanya para peternak mencampur ampas tahu dengan sari rebusan kedelai sehingga sangat disukai oleh sapi.

3. Sumber Pakan Ikan

Ampas tahu juga bisa diolah menjadi sumber pakan ikan. Kandungan protein yang tinggi bisa membuat pertumbuhan dan perkembangan ikan menjadi lebih cepat. Cara pengolahan ampas tahu untuk pakan ikan adalah dengan menyimpan ampas tahu dalam sebuah tempat yang terbuka.

Kemudian untuk mengembangkan mikroorganisme maka ampas tahu diberi beberapa bahan tambahan seperti putih telur maupun sisa masakan ikan. Setelah beberapa hari dan banyak ditemukan mikroorganisme maka ampas tahu bisa diberikan kepada ikan. Ikan ternak seperti lele menjadi ikan yang sangat suka dengan jenis pakan ini.

4. Produksi Nata de Soya

manfaat ampas tahu lainnya juga bisa diolah menjadi jenis makanan lain dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Olahan nata de soya adalah jenis makanan yang dihasilkan dari fermentasi ampas tahu. Nata de soya merupakan salah satu hasil pengolahan ampas tahu sehingga menjadi bahan makanan putih, kenyal, dan lezat.

Pengolahan nata de soya menggunakan jenis bakteri bacillus amyloliquefaciens. Pengolahan ampas tahu menjadi nata de soya bisa meningkatkan nilai gizi dan meningkatkan nilai konsumsi masyarakat.

5. Ampas Tahu sebagai Pupuk Organik
sponsored links

Manfaat ampas tahu tidak hanya berguna untuk makanan saja, namun juga dapat di jadikan pupuk. Kesadaran masyarakat untuk mengembangkan tanaman organik semakin tinggi. Hal ini diikuti dengan perkembangan sistem pertanian dan pupuk organik. Ampas tahu sebagai bahan limbah dari proses pengolahan tahu ternyata bisa dimanfaatkan sebagai sumber bahan pupuk organik.

Ampas tahu mengandung beberapa mineral seperti nitrogen, fosfat dan kalium. Tiga jenis senyawa ini sangat penting untuk menyuburkan tanaman. Ampas tahu bisa dibentuk menjadi pupuk organik cair maupun padat. Senyawa organik yang ditemukan dalam ampas tahu juga lebih banyak sehingga sangat aman untuk dikonsumsi manusia.

6. Tepung Ampas Tahu

Manfaat ampas tahu juga bisa di gunakan dalam bentuk tepung. Ampas tahu mengandung kalori dan protein dalam jumlah yang cukup tinggi. Ampas tahu akan diolah menjadi tepung seperti jenis tepung beras maupun tepung gandum. Produksi dari tepung ampas tahu bisa dimanfaat untuk membuat kue dan jenis masakan lain. Dalam sebuah penelitian yang dikembangkan terbukti bahwa tepung ampas tahu sangat baik untuk mendukung pertumbuhan anak-anak.

7. Ampas Tahu untuk Pakan Unggas

Ampas tahu sudah sejak lama diolah menjadi berbagai jenis makanan untuk manusia. Sekarang ampas tahu banyak digunakan sebagai bahan makanan khusus untuk hewan ternak. Ayam dan bebek menjadi hewan yang sangat suka dengan ampas tahu. Campuran ampas tahu dengan sisa penggilingan kelapa terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan unggas.

8. Ampas Tahu Menjadi Olahan Kerupuk

Kerupuk biasanya diolah dari beberapa campuran jenis tepung dan ikan. Namun bagi orang yang alergi ikan tertentu dan tepung maka tidak bisa makan kerupuk. Sekarang kerupuk bisa diolah dari ampas tahu yang telah diproses dengan beberapa tahap. Ampas tahu akan diseleksi dan disaring untuk mengeluarkan kotoran. Setelah itu ampas tahu yang sudah benar-benar bersih akan dicampur dengan tepung dan ikan atau jenis perasa lain. Ampas tahu memberikan sumbangan antioksidan yang cukup tinggi dalam pengolahan kerupuk.

Manfaat ampas tahu memang bisa digunakan menjadi beberapa sumber makanan pengganti untuk manusia maupun ternak. Namun mengingat ampas tahu merupakan termasuk jenis limbah, maka cara pengolahan dan konsumsi harus dilakukan dengan hati-hati. Ampas tahu bisa mengandung beberapa jenis bakteri apabila diolah dengan cara yang kurang higienis. Untuk itu konsumsi ampas tahu sebagai sumber pangan harus didapatkan dari pengolahan tahu yang bersih dan sehat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 22nd, June 2015 / 03:40 Oleh :
Kategori : Makanan