Sponsors Link

Manfaat Ampas Bengkoang Untuk Kecantikan Kulit

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal bengkoang? Buah berwarna putih dengan tekstur keras ini dapat dengan mudah kita temui di pasaran. Bengkoang (pachyrhizus erosus) pada umumnya berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Buah yang memiliki rasa manis dan renyah ini dapat tumbuh subur di daerah tropis. Diameter buah ini kira-kira berkisar antara 7 hingga 10 cm.

artikel terkait:

Bengkoang biasanya dikonsumsi sebagai buah meja, namun tidak jarang pula dijadikan sebagai manisan maupun campuran rujak dsb. Selain itu, dalam bidang non makanan bengkoang juga kerap dijadikan sebagai masker maupun lulur guna mempercantik kulit. Untuk dijadikan sebagai masker, bengkoang dapat diparut dan disaring sarinya hingga sarinya membentuk endapan yang nantinya dapat dijadikan masker.

Lalu bagaimana dengan ampasnya? Apakah perlu dibuang? Aww, jangan dibuang dulu ya. Karena sebenarnya ampas parutan bengkoang juga bermanfaat untuk kecantikan kulit Anda. Artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat ampas bengkoang yang dapat kita peroleh untuk kecantikan kulit kita.

Kandungan Nutrisi Bengkoang

Dikarenakan kandungan yang terdapat dalam buah bengkoang, bengkoang cukup digemari untuk konsumsi maupun sebagai masker untuk mempercantik kulit. Berikut merupakan informasi kandungan nutrisi yang terkandung dalam bengkoang.

Tabel 1. Informasi Kandungan Nutrisi Bengkoang per 100 gram

Kandungan Nutrisi Jumlah
Energi 55 kkal
Protein 1,4 gr
Lemak 0,2 gr
Karbohidrat 12,8 gr
Kalsium 15 mg
Fosfor 18 mg
Besi 0,6 mg
Vitamin C 20 mg
Vitamin B1 0,04 mg
Vitamin A 0,5 IU
Air 85,1 gr

artikel terkait: manfaat jamu akar dewamanfaat runput laut kering

Manfaat Ampas Bengkoang

Meskipun yang sering dijadikan sebagai masker adalah endapan perasan bengkoang, namun ampas benkoang juga masih dapat memberikan beberapa manfaat yang menggiurkan. Berkut merpakan manfaat yang dapat diperoleh dari ampas bengkoang, antara lain sbb:

1. Membantu menghilangkan jerawat

Untuk membantu menghilangkan jerawat, Anda dapat menggunakan ampas bengkoang dengan mengoleskannya secara merata di wajah. Namun sebelum itu pastikan Anda mencuci wajah Anda dengan air bersih terlebih dahulu. Diamkan masker ampas di wajah Anda selama kurang lebih 15 menit hingga masker bengkoang tersebut mengering. Setelah itu, bersihkah ampas bengkoang yang menempel di wajah Anda dengan air bersih yang mengalir. Lakukan secara teratur agar mandapatkan hasil yang maksimal.

artikel terkait: manfaat ikan baronangmanfaat sayur cikri

2. Membantu mengangkat sel kulit mati

Untuk membantumengangkat sel kulit mati, Anda dapat menggunakan ampas bengkoang sebagai scrub alami untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang berada dalam kulit. Anda dapat melakukan scrub dengan gerakan meutar agar kotoran terangkat. Diamkan beberapa saat agar vitamin C yang terkandung dalam bengkoang dapat terserap dengan baik oleh kulit Anda. Setelah itu, bersihkan kulit Anda dari ampas bengkoang dengan air dingin. Lakukan secara teratur agar mandapatkan hasil yang maksimal.

artikel terkait: manfaat teh murbeimanfaat sinar matahari pagi

sponsored links

3. Membantu memutikan kulit

Nah bagi Anda yang menginginkan kulit putih, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba menggunakan masker alami dari ampas bengkoang. Caranya cukup mudah seperti di atas, yaitu dengan cara mengoleskan ampas bengkoang ke wajah Anda. Diamkan ampas selama kurang lebih 30 menit. Setelah mengering, bilas ampas bengkoang dari wajah Anda. Lakukan secara teratur agar mandapatkan hasil yang maksimal.

artikel terkait: manfaat batang gaharumanfaat teh daun sukun

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat ampas bengkoang. Setelah Anda membaca mengenai informasi ini, silahkan Anda praktekkan sendiri untuk memanfaatkan ampas bengkoang untuk kecantikan kulit Anda. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 04:39 Oleh :
Kategori : kecantikan