Sponsors Link

5 Manfaat Amoniak Bubuk Bagi Manusia

Sponsors Link

Pernahkah kalian membuat kue atau roti yang harus mengembang? Bahan pengembang apa yang kalian gunakan? Sebagian besar akan menjawab baking soda sebagai bahan pengembang roti. Tapi tahukah anda, sebelum penemuan baking soda, amoniak bubuk digunakan sebagai bahan pengembang roti. Bahkan beberapa kue dan biskuit masih menggunakannya sebagai bahan pengembangnya. Amoniak bubuk adalah nama dagang dari ammonium bikarbonat. Ammonium bikarbonat memiliki rumus kimia (NH4)HCO3. Amoniak bubuk seperti namanya, diperdagangkan dalam bentuk serbuk yang berwarna putih.

ads

Baca juga:

Kegunaan Amoniak Bubuk

Amoniak bubuk telah banyak dimanfaatkan diseluruh dunia. Beberapa kegunaannya antara lain:

1. Sebagai Bahan Pengembang

Seperti baking soda, amoniak bubuk juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembang beberapa jenis kue. Sebelum pengembang lain seperti baking powder, baking soda dan sebagainya digunakan, amoniak bubuk sudah banyak digunakan. Khususnya digunakan Negara Cina. Keuntungan penggunaan amoniak bubuk dibandingkan dengan baking soda adalah volume pengembangannya. Dengan jumlah bubuk yang sama, amoniak bubuk dapat membuat adonan lebih mengembang. Sampai saat ini amoniak bubuk banyak digunakan untuk membuat kue kue seperti bakpao, kue almond dan biskuit drömmar dari swedia.

Artikel terkait: manfaat TBM untuk kue – manfaat natrium bikarbonat – manfaat vanili untuk kue

2. Sebagai Pupuk Nitrogen

Seperti namanya, amoniak bubuk banyak mengandung unsur nitrogen. Nitrogen banyak dibutuhkan oleh tumbuhan sebagai bahan dalam pembuatan klorofil. Apabila tanaman kekurangan nitrogen maka tanaman akan mudah menguning dan layu. Itulah mengapa banyak tanaman yang dipupuk menggunakan pupuk nitrogen seperti pupuk urea. Selain pupuk urea, amoniak bubuk juga dapat digunakan sebagai alternatif sumber nitrogen bagi tanaman.

Artikel terkait: manfaat pupuk KCL – manfaat kotoran puyuh

3. Dalam Industri Plastik dan Karet

Amoniak bubuk atau ammonium bikarbonat masih banyak digunakan dalam industri plastik dan karet. Khususnya dalam pembuatan keramik dan sintesis katalis dalam produksi plastik. Amonia dan urea sebagai produk antara industri pertokimia juga dapat dihasilkan dari ammonium bikarbonat.

4. Sebagai Larutan Buffer

Larutan buffer adalah larutan encer yang mengandung asam lemah dan basa konjugasinya atau basa lemah dan asam konjugasinya. Ammonium bikarbonat adalah larutan buffer yang terdiri atas basa lemah dan asam konjugasinya. Larutan buffer juga memiliki pH yang konstan dengan penambahan sedikit asam atau basa. Oleh karena itu ammonium bikarbonat dapat digunakan untuk menjaga pH dalam proses purifikasi kimia.

Sponsors Link

5. Pembuatan Sirup Ekspektoran

Terkadang sulit untuk menelan obat saat batuk berdahak, khususnya anak-anak. Karena itu ekspektoran biasanya juga disediakan dalam bentuk sirup. Ekspektoran adalah obat pelancar dahak dengan cara memicu tubuh menghasilkan air liur yang lebih banyak. Akibatnya dahak akan lebih encer dan mudah dikeluarkan. Amoniak bubuk memiliki peran penting dalam pembuatan sirup ekspektoran ini.

Demikian uraian manfaat amoniak bubuk dalam kehidupan manusia. Perlu diperhatikan bahwa amoniak bubuk tidak cocok dijadikan bahan pengembang untuk semua jenis kue dan roti. Tetapi hanya cocok untuk beberapa jenis kue saja, misalnya bakpao. Pengembang berasal dari amonia yang dilepaskan sehingga kadar yang berlebihan akan menimbulkan bau tidak sedap. Itu juga alasan mengapa amoniak bubuk tidak digunakan sebagai pengembang roti.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 10th, January 2017 / 02:44 Oleh :
Kategori : Teknologi