Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Jantung

Jantung sehat merupakan dambaan setiap orang. Jantung sebagai organ penting dalam tubuh dapat dikatakan sehat apabila didukung dengan rendahnya kadar kolesterol jelek dalam tubuh. Menurut penelitian yang telah dilakukan, menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan cara yang enak yaitu mengkonsumsi alpukat.

artikel terkait:

Kandungan Gizi Alpukat

Aplukat (Persea Americana) merupakan dengan tektur lembut berwarna daging buah kuning kehijauan yang sering dijadikan jus. Buah dengan ini memiliki kandungan gizi yang beragam, serta kaya akan vitamin dan mineral.

Kandungan gizi yang terdapat dalam alpukat antara lain air, energi, protein, kolesterol, karbohidrat, serat, gula dan lemak yang terdiri dari asam lemak jenuh total, asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Buah alpukat juga kaya akan mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium dan zinc. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin seperti vitamin C, Thiamin, Riboflavin, Niasin, Asam Pantotenat, Vitamin B-6, Folat, Kolin, beta karoten, alpha karoten, beta cryptoxanthin, lutein+zeaxanthin, vitamin B-12, vitamin A, E dan K.

artikel terkait: jantungmanfaat echo jantungmanfaat olaharga kardio

Manfaat Alpukat untuk Jantung

Buah yang biasa dibuat jus ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang berguna untuk melindungi kesehatanj jantung dari berbagai macam resiko. Hal ini dapat dilhat dalam rangkuman berikut mengenai manfaat alpukat untuk jantung.

  • Mencegah penyakit jantung

Buah alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membuat jantung Anda senantiasa sehat serta dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Hal ini didukung oleh penelitian Pieterse (2003) yang menujukkan hasil bahwa asam lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan oleh Grundy (1987) mengenai terapi diet yang berbeda terhadap penurunan resiko terkena penyakit jantung juga menunjukkan hasil yang sama. Ia memberikan perlakuan yang berbeda pada tiga kelompok: 1) kelompok yang mendapat terapi diet tinggi asam lemak tak jenuh tunggal, 2) kelompok yang mendapatkan terapi tinggi asam lemak tak jenuh ganda dan 3) kelompok yang mendapatkan terapi tinggi karbohidrat kompleks.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga metode tersebut dapat mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat). Akan tetapi, hanya pada kelompok pertamalah yang terdapat peningkatan HDL (kolesterol baik). Manfaat asam ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah alpukat. Dengan demikian, seseorang yang melakukan diet kaya alpukat akan mengalami penurunan kadar LDL dan kolesterol total yang signifikan dan peningkatan HDL. Hal ini akan membuat kesehatan jantung Anda akan tetap terjaga dan Anda juga akan terbebas dari timbunan plak pada pembuluh darah.

Selain itu, menurut studi Mutiara Medika (2008), kandungan asam folat yang juga terdapat pada alpukat akan dapat menurunkan homosistein tubuh apabila dikombinasikan dengan pemberian vitamin B6 dan vitamin B12. Hal ini dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan Anda dari penyakit jantung. Mengingat, homosistein ini memiliki peran dalam peningkatan stress, kerusakan pembuluh darah dan pemicu timbulnya plak.

artikel terkait: manfaat jantung pisang – manfaat omeprosmanfaat ct scan


  • Mencegah stroke

Kandungan kalium pada buah alpukat dapat membantu Anda untuk mencegah penyakit stroke. Hal ini didukung oleh penelitian dari Journal of the American College of Cardiology bahwa pemberian asupan kalium sebanyak 1600 mg per hari mampu menurunkan resiko stroke lebih dari 20%. Kandungan kalium pada alpukat ini juga baik untuk mencegah penyakit darah tinggi.

artikel terkait: manfaat beras jagungmanfaat alpukat mentahmanfaat melon madu

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat alpukat untuk jantung. Setelah Anda mengetahui hal ini, silahkan jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi alpukat agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

, ,
Post Date: Sunday 30th, October 2016 / 14:28 Oleh :
Kategori : Buah Buahan