9 Manfaat Alpukat Mentega Untuk Kesehatan

Buah alpukat termasuk salah satu buah yang sangat umum untuk dikenal. Karena buah ini banyak dijual di pasar tradisional gan juga pasar buah. Bentuknya yang lonjong bulat dengan kulit berwarna hijau namun saat sudah tua buah alpukat ini akan berubah warna menjadi coklat. Buah alpukat ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan karena memiliki senyawa berikut ini :

  • Vitamin a,b,c,d,e dan k merupakan salah satu kebutuhan tubuh untuk mencukupi nutrisi yang diperlukan.
  • Zat besi yang baik untuk proses pembentukkan tulang dan gigi.
  • Magnesium, potassium dan fosfor berfungsi untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan sel – sel baru untuk menggantikan sel – sel lama yang rusak.

Buah alpukat bisa dikonsumsi oleh segala jenis usia termasuk bayi yang memerlukan banyak kebutuhan nutrisi dan hampir sebagian nutrisi yang dibutuhkan terdapat pada buah alpukat. Berikut ini ulasan manfaat dari alpukat yang didapat di bidang kesehatan yaitu :

1. Mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang kehidupan wanita dan pria pada saat sekarang. Kanker merupakan pembunuh nomor satu yang disebabkan oleh gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Contoh makanan yang dapat menjadi kanker adalah makanan sepat saji, mengandung banyak zat pengawet dan zat perwarna. Jenis kanker sampai saat ini sangatlah beragam dan semakin tinggi tingkat stadium kanker maka akan semakin sulit untuk sembuh. Perbanyaklah untuk mengkonsumsi buahan – buahan seperti alpukat mentega yang dapat membantu mencegah kanker pada tubuh.

Artikel terkait :

2. Kesehatan mata

Alpukat mentega mengandung berbagai macam vitamin termasuk di dalamnya adalah vitamin a. Vitamin a berguna untuk menjaga kesehatan mata dari rabun jauh dan rabun dekat. Sehingga mengkonsumsi alpukat mentega untuk kesehatan mata sangatlah dianjurkan. Selain alpukat mentega buah sayuran yang mengandung vitamin a adalah wortel dan rimbang. Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk memberikan yang terbaik bagi kesehatan mata anda.

Artikel terkait :

3. Kolesterol

Salah satu musuh terbesar bagi kesehatan jantung adalah kadar kolesterol di dalam tubuh. Hingga penting bagi anda untuk tetap menjaga agar kadar kolesterol tidak tinggi. Kolesterol yang normal membantu menjaga kesehatan jantung dalam jangka waktu yang lama. Untuk menjaga kadar kolesterol yang baik bagi tubuh ada baiknya untuk rajin mengkonsumsi alpukat mentega. Beberapa faktor dapat menjadikan kadar kolesterol dalam tubuh menjadi naik seperti gemar makan makanan yang mengandung lemak tinggi dan makanan cepat saji. Untuk itu jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan demikian karena tidak baik untuk tubuh. Pada umumnya kolesterol ini juga lebih banyak menyerang usia diatas 40 tahunan.

Artikel terkait :

4. Hati

Manfaat alpukat mentega untuk kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan organ hati. Hati merupakan salah satu organ yang memiliki ukuran besar di dalam tubuh. Berfungsi untuk menangkal racun yang berasal dari makanan tidak sehat  yang dikonsumsi. Jika hati bermasalah bisa saja terjadi komplikasi seperti penyakit kuning dan hepatitis. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan hati ini bisa disebabkan karena hati yang terserang virus yang masuk bersama dengan makanan dan bisa juga karena kelelahan.

Artikel terkait :

5. Jantung

Alpukat mentega juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung agar dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Menjaga kesehatan organ yang paling penting bagi tubuh ini diperlukan agar tubuh tetap bisa menjalankan aktifitasnya sehari – hari. Ini karena alpukat mentega memiliki kandungan asam folat dan vitamin e yang baik untuk kesehatan jantung. Asam folat juga baik juga untuk perkembangan otak janin saat berada di dalam kandungan ibu.

Artikel terkait :

6. Hipertensi

Tekanan darah tinggi juga dapat diatasi dengan alpukat mentega. Alpukat mentega membantu menjaga kestabilan dari tekanan darah. Penyakit hipertensi disebabkan karena tingginya konsumsi makanan yang berlemak sehingga menyumbat aliran darah. Resiko hipertensi lebih meningkat jika anda memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami hipertensi. Selain itu penderita hipertensi juga harus dibatasi dalam penggunaan garam pada makanan yang mereka konsumsi. Karena jika berlebihan akan meningkatkan kembali tekanan darahnya. Beberapa penyakit hipertensi bisa disembukan dengan mengkonsumsi pil yang memang memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan darah. Namun sebagiannya lagi membutuhkan penanganan serius di rumah sakit untuk bisa sembuh.

Artikel terkait :

7. Nutrisi

Karena kandungan alpukat mentega yang baik untuk kesehatan tubuh, alpukat mentega juga memberikan tubuh nutrisi yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan yang diperlukan oleh tubuh sehari – hari. Penyerapan nutrisi yang baik memberikan kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Nutrisi bisa di dapat dari berbagai macam makanan sehat seperti sayur – sayuran dan buah – buahan. Jadi penyerapan nutrisi yang

Artikel terkait :

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang meningkat dapat membantu tubuh untuk jauh dari berbagai macam penyakit. Karena tubuh dari dalam melawan serangan yang tidak menyehatkan seperti bakteri dan virus. Oleh sebab itu penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dengan rajin mengkonsumsi alpukat mentega. Kekebalan tubuh bisa menurun karena faktor cuaca yang mudah berubah seperti hujan dan panas yang datang silih berganti. Untuk itu agar bisa terhindar dari bakteri dan virus yang menyebabkan demam cobalah untuk banyak beristirahat dan imbangi juga dengan berolahraga.

Artikel terkait :

9. Antioksidan

Sumber antioksidan dapat diperoleh dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayuran. Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas untuk mencegah penuaan dini. Jadi penuaan dini pada kulit seperti keriput disekitar mata dan garis senyum yang jelas ada di sekitar bibir merupakan salah satu masalah penuaan dini. Karena seiring dengan pertambahan usia maka kolagen dalam kulit akan menjadi berkurang. Untuk mendapatkan sumber antioksidan yang alami selain yang di produksi oleh tubuh yaitu dengan mengkonsumsi alpukat mentega.

Artikel terkait :

Cara Membuat Minuman Dari Buah Alpukat Mentega

Itulah ulasan mengenai manfaat alpukat mentega di bidang kesehatan dan untuk membuat jus minuman yang lebih segar dari alpukat mentega ini dapat anda coba di rumah yaitu :

1. Alpukat mentega dengan es merah

Bahan – bahan yang perlu disiapkan untuk membuat jus alpukat ini adalah :

  • Alpukat mentega yang telah matang
  • Es warna merah dengan rasa yang manis

Cara untuk membuatnya adalah dengan membelah alpukat mentega kemudian keluarkan isinya ke dalam gelas. kemudian di lumatkan daging dari alpukat mentega dan masukkan es merah agar rasanya lebih lezat.

2. Jus alpukat mentega

Untuk membuat jus caranya adalah dengan membelah dua buah alpukat mentega kemudian keluarkan isinya dan masukkan ke dalam blender. Setelah di blender masukkan juga es batu setelah keduanya bercampur baru di tuang ke dalam gelas. Baru kemudian tambahkan susu coklat untuk menambah rasa manisnya.

Alpukat Mentega untuk Kecantikan

Manfaat alpukat mentega tidak hanya untuk di konsumsi namun juga dijadikan sebagai masker untuk kesehatan kulit yang bercahaya. Adapun cara untuk membuat masker dari alpukat mentega ini adalah sebagai berikut :

  • Sediakan buah alpukat mentega yang masih segar kemudian di belah menjadi dua bagian.
  • Keluarkan isi dari alpukat mentega ke dalam piring lalu lumatkan hingga menyerupai pasta.
  • Lanjutkan dengan membersihkan wajah terlebih dahulu dengan pembersih wajah lalu tepuk dengan air hangat untuk membuka pori – pori wajah.
  • Oleskan masker buah alpukat tadi kewajah dan tunggu hingga 30 menit.
  • Setelah 30 menit bilas dengan air yang bersih dan langkah terakhir di cuci juga dengan air yang dingin untuk menutup kembali pori – pori di wajah.

Rutin menggunakan masker alpukat dapat membantu untuk mejaga kelembapan kulit, menghilangkan jerawat dan menyamarkan bekas jerawat.

, , ,
Post Date: Saturday 15th, October 2016 / 03:39 Oleh :
Kategori : Buah Buahan