Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Alpukat bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Sponsors Link

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh penderita kolesterol guna menurunan kadar kolesterol dalam tubuhnya. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi alpukat. Nah, sudah bukan rahasia lagi kalau buah yang satu ini memiliki manfaat untuk penderita kolesterol. Terbukti jika anda mengkonsumsi satu buah alpukat dalam sehari, dapat membantu membuang kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol merupakan sejenis lemak yang dibuat oleh tubuh supaya bisa bekerja dengan normal. Akan tetapi apabila kelebihan kolesterol, berdampak pada munculnya penyakit jantung dan stroke.

Kandungan dalam Buah Alpukat

Buah alpukat yang merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, baik dikonsumsi dalam takaran sedang (jangan berlebihan). Kandungan buah yang memiliki daging kekuningan dengan biji cukup besar ini, diantaranya :

  • vitamin dan mineral (sumber kalium yang lebih banyak dari pisang, vitamin B6, B9, vitamin K, vitamin C, dan vitamin E);
  • senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol/pitosterol;
  • serat (alpukat sedang mengandung setidaknya 11 gram serat);
  • antioksidan yang juga berperan dalam pencegahan sakit jantung atau disebut dengan polifenol;
  • protein (rata-rata alpukat mengandung 4 gram protein);
  • gula (kandungan gula rendah dibandingkan dengan buah lainnya. Setengah buah alpukat hanya memiliki kandungan gula 0,2 gram);
  • Asam oleat (lemak baik yang mengurangi kadar lemak jahat yang ada dalam darah).

artikel terkait:

Penelitian yang Membuktikan Manfaat Buah Alpukat

Penelitian yang telah dilakukan kepada 45 orang pria dan wanita yang mengalami masalah dengan berat badan berlebih (obesitas) serta yang dalam kondisi sehat, dengan rentang usia antara 21-70 tahun dan dibagi dalam 3 kelompok diet :

  1. Kelompok diet rendah lemak tanpa buah alpukat
  2. Kelompok diet lemak sedang dengan mengkonsumsi alpukat
  3. Kelompok diet lemak sedang tanpa konsumsi buah alpukat.

Hasilnya?

  1. Pada orang yang berdiet lemak sedang dengan disertai konsumsi alpukat dengan teratur memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah (tingkat LDL atau kolesterol jahat menurun sampai dengan 13,5 poin);
  2. Untuk kelompok yang berdiet lemak sedang tanpa makan buah alpukat, kadar LDL menurun sampai dengan 8.3 poin;
  3. Sedangkan bagi mereka yang berdiet rendah lemak tanpa disertai dengan makan alpukat teratur kadar LDL berkurang 7,4 poin.

Pada penelitian yang lainnya, mengatakan bahwa buah alpukat memang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengkonsumsinya dengan teratur dan takaran yang tak berlebihan berdampak pada kadar trigliserida yang turun sampai dengan 20%, kadar kolesterol jahat turun sampai dengan 22%, dan kadar kolesterol baik (HDL) naik sampai 11%.

Sebagian besar kalori yang dihasilkan oleh buah alpukat yaitu sebanyak 77% kalori berasal dari lemak berupa asam oleat (sejenis lemak tak jenuh tunggal). Asam oleat ini ternyata juga terkandung dalam minyak zaitun, lho. Kembali ke alpukat! Tidak heran, kalau buah yang berdaging kekuningan ini dinobatkan sebagai salah satu buah yang mempunyai kandungan lemak paling banyak.

Yang perlu diketahui dan diperhatikan dalam konsumsi buah alpukat adalah bahwa kalori rata-rata yang ada dalam alpukat berkisar antara 200 sampai dengan 300 kalori. Jadi jika anda mengkonsumsi alpukat dalam jumlah banyak, berdampak pada tubuh yang gemuk. Beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan konsumsi alpukat selain kolesterol tinggi antara lain adalah jantung, stroke, kanker, dan membantu mengendalikan penyakit diabetes.

artikel terkait kolesterol:

Penjelasan Manfaat Buah Alpukat Lainnya

  1. Menjaga jantung tetap sehat

Kandungan yang terdapat dalam buah alpukat yaitu vitamin B6 serta asam folat bisa menjaga kadar homosistein tetap stabil. Perlu diketahui bahwa kadar homosistein yang tinggi bisa meningkatkan resiko sakit jantung. Kandungan lain dalam alpukat yaitu lemak tak jenuh tunggal, gluthatione, dan juga vitamin E bisa menjaga jantung tetap sehat.

artikel terkait: manfaat daun binahong untuk kolesterol

  1. Bersifat anti inflamasi/anti radang

Senyawa fitonutrien seperti polifenol dan flavonoid bersifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mengatasi peradangan dan gangguan degenerative.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk kolesterol

  1. Jaga tekanan darah

Buah yang satu ini banyak mengandung kalium bahkan merupakan salah satu buah sumber kalium sehingga bisa menjaga tekanan darah tetap normal dan stabil.

artikel terkait: manfaat omepros

  1. Jaga mata tetap sehat

Buah ini juga sumber lutein karotenoid yang bermanfaat untuk menjaga mata tetap sehat, menghindarkan mata dari katarak serta gangguan lain berupa kerusakan yang ada kaitannya dengan degenerasi makula karena faktor usia.

artikel terkait: 5 manfaat daging rusa bagi tubuh dan penderita kolesterol

  1. Kontrol kadar gula darah

Kandungan lemak baik yang ada pada alpukat bisa membalikkan resistensi insulin sehingga kadar gula darah terjaga. Selain itu serat larut yang juga ada dalam alpukat akan membantu menstabilkan kadar gula darah.

artikel terkait: manfaat cuka apel dan madu

  1. Mencegah cacat sejak lahir

sponsored links
Alpukat ini kaya akan kandungan folat berupa vitamin B9 yang merupakan asam folat. Dalam satu cangkir alpukat terkandung 23% folat dari nilai harian yang disarankan. Terkait dengan tingginya kandungan folat tersebut, bermanfaat untuk mencegah cacat lahir seperti cacat tabung saraf.

artikel terkait: manfaat olahraga kardio

  1. Mencegah kanker

Manfaat selanjutnya adalah untuk mencegah kanker. Salah satu yang dimiliki buah ini yaitu asam oleat efektif untuk mencegah kanker payudara.

artikel terkait: manfaat echo jantung

  1. Menurunkan resiko terkena stroke

Yang berperan dalam menurunkan resiko terkena stroke adalah kandungan folat dalam alpukat yang tinggi.

artikel terkait: manfaat CT scan

  1. Tangkal radikal bebas

Kandungan glutathione dalam buah yang satu ini sangat kuat dan dapat memerangi radikal bebas yang masuk ke tubuh.

artikel terkait: 17 manfaat jantung pisang untuk kesehatan pengobatan dan menu masakan

  1. Bersifat anti penuaan

Inilah manfaat buah alpukat yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi. Ia bisa memperlambat terjadinya penuaan. Ditambah gluthatione yang terkandung pada alpukat, bisa meningatkan kekebalan tubuh.

artikel terkait: manfaat cuka apel dan madu

  1. Menjaga kesehatan kulit

Minyak alpukat biasa dipakai dalam kosmetik dan beragam produk kecantikan karena khasiatnya dalam membantu menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit tampak bersinar. Alpukat juga bisa untuk pengobatan psoriasis (sejenis penyakit kulit yang membuat kulit iritasi dan merah).

artikel terkait: manfaat NHCP tiens

  1. Menghilangkan bau mulut

Alpukat bisa membantu membersihkan usus yang menyebabkan mulut bau.

artikel terkait: manfaat offroad

  1. Meningkatkan berat badan

Jumlah kalori yang tinggi pada buah alpukat, cocok bagi mereka yang ingin menaikkan berat badan dengan cara sehat.

artikel terkait: manfaat mahkota dewa untuk diabetes

  1. Penyerapan nutrisi meningkat

Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian terhadap orang-orang yang mengkonsumsi salad dengan campuran alpukat dan tanpa campuran alpukat. Mereka yang mengkonsumsi salad dengan campuran alpukat di dalamnya, jumlah karotenoid yang terserap 5 kali lebih banyak dibandingkan yang tidak makan salad dengan tambahan alpukat.

artikel terkait: manfaat kulit pisang untuk kesehatan tubuh

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 11th, May 2016 / 04:04 Oleh :
Kategori : Buah Buahan