Sponsors Link

18 Manfaat Alga Hijau bagi Manusia

Sponsors Link

Alga hijau adalah salah satu jenis alga yang dikelompokkan atas dasar zat warna atau dikenal dengan nama pigmentasi. Semua alga sebenarnya memang terlihat memiliki warna hijau, akan tetapi alga juga kembali dikelompokkan berdasarkan jenis yang berbeda-beda. Alga hijau sendiri ada yang memiliki sel tunggal dan juga sel banyak, lembaran, berwujud bekas atau membentuk sebuah koloni. Sedangkan spesies alga hijau bersel tunggal bisa berpindah tempat dan ada juga yang menetap.

ads

Sel pada alga hijau ini memiliki sifat eukariotik yakni materi inti dibungkus dengan membran inti. Untuk pigmen klorofilnya terdapat banyak di alga hijau seperti xantofil serta kaotena. Alga hijau ini ternyata juga menyimpan banyak khasiat untuk kehidupan sehari-hari dan berikut ini akan kami jelaskan manfaat alga hijau secara lengkap untuk kamu.

Artikel terkait:

  1. Menurunkan Berat Badan

Alga hijau sangat baik digunakan untuk menurunkan berat badan sebab mengandung fucoxanthin yang merupakan karotenoid alami yang biasa ditemukan pada alga hijau. Zat inilah yang akan berperan dalam pembakaran lemak yakni dengan meningkatkan ekspresi thermogenin.

  1. Pencegah Kanker

Dari studi yang sudah dilakukan membuktikan jika alga hijau bisa memperlambat pertumbuhan dari sel kanker dan menjadi salah satu cara pengobatan kanker secara alami. Studi yang dilakukan memperlihatkan kemampuan alga hijau dalam melawan luka mulut pra kanker yang dikenal dengan istilah oral leukoplakia. Dengan mengkonsumsi 1 gram alga hijau setiap hari selama 12 bulan atau 1 tahun, maka leukoplakia oral bisa dikurangi.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dari studi ilmiah yang dilakukan pada tahun 2013 yang lalu, ganggang hijau terbukti bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular serta sakit hati berlemak non alkohol. 2 jenis penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang sangat mengancam manusia di beberapa negara maju. Dengan mengkonsumsi alga hijau secara teratur, maka profil lipid darah akan diperbaiki untuk pencegahan terhadap radang serta stress oksidatif yang merupakan faktor dari pendukung perkembangan penyakit jantung. Kandungan karotenoid, phycocyanin, sterol tanaman, serat serta linolenat dalam alga hijau akan membantu proses pencegahan penyakit kantung dan juga hati berlemak non alkohol tersebut.

Artikel terkait:

  1. Meredakan Nyeri dan Pembengkakan

Alga hijau juga berkhasiat untuk mengatasi radang serta meredakan nyeri karena sifat kardio protektif yang ada pada alga hijau tersebut. Alga hijau juga mengandung anti inflamasi seperti klorofil serta asam lemak omega 3, analgesik serta gastroprotektif. Ekstrak dari alga hijau inilah yang akan membantu dalam proses meredakan rasa nyeri serta pembengkakan yang terjadi pada tubuh.

Sponsors Link

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Alga hijau juga menjadi penurun kolesterol alami yang sudah terbukti keampuhannya, sebab kandungan fucosterol bisa diisolasi oleh alga hijau dengan sangat baik sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Sebagai Antioksidan Alami

Aphanizomenon flos-aquae merupakan senyawa yang ada pada alga hijau sebagai sumber antioksidan. Antioksidan ini akan bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang terkandung dari makanan dan juga polusi udara. Oleh karena itu, alga hijau juga sudah banyak digunakan sebagai suplemen antioksidan makanan untuk menghilangkan stress oksidatif.

  1. Mencegah Rusaknya Sel Darah Merah

Dari penelitian yang dilakukan pada Universitas Urbino Carlo B membuktikan jika kemampuan AFA bisa memberikan pertahanan dalam kerusakan oksidatif di sel darah merah manusia serta plasma. AFA tersebut akan menurunkan zar oksidatif dalam manusia dan juga plasma sekaligus menghambat proses penipisan enzim yang sangat berguna untuk tubuh.

  1. Melindungi Tubuh Dari Stress

Alga hijau juga sudah terbukti bisa menghilangkan stress, karena aktivitas antioksidan dalam alga hijau yang sangat besar dan menjadi adaptogenik yang efektif sehingga tubuh bisa beradaptasi untuk melindungi dari serangan stress.

ads
  1. Memperbaiki Sel Tubuh Yang Rusak

Semua orang dewasa mempunyai sel induk yang berguna untuk melakukan perbaikan pada sel yang rusak. Akan tetapi, dengan semakin bertambahnya usia, maka sel induk akan berkurang sehingga menyebabkan tubuh lebih rentan pada stress oksidatif. Ini akan menyebabkan tubuh tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri dan dalam alga hijau yang mengandung ekstrak etanol AFA membuktikan bisa meningkatkan proliferasi sel induk pada manusia.

Artikel terkait:

  1. Menyehatkan Pencernaan

Alga hijau juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan usus serta kinerja dari sistem pencernaan pada tubuh, sehingga akan membantu dalam pengembangan proliferasi Candida Albicans pada usus.

  1. Menurunkan Resiko Leukoplakia

Dalam penelitian yang sudah dilakukan memberi bukti jika alga hijau akan membantu untuk menurunkan resiko pengembangan leukoplakia oral untuk para penghisap tembakau dalam jangka waktu 1 tahun penggunaan alga hijau secara teratur.

  1. Mengobati Anemia

Dengan kegiatan berat yang dilakukan sehari-hari, khususnya untuk para olahragawan yang melakukan latihan berat, maka defisit besi akan terjadi. Supaya zat besi bisa dikembalikan, maka mengkonsumsi alga hijau adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan. Alga hijau akan menurunkan gejala defisiensi otot serta kelelahan sehingga kemampuan fisik tubuh saat melakukan aktivitas berat bisa lebih ditingkatkan.

  1. Sumber Energi

Alga hijau yang sangat kaya akan protein, asam amino serta karbohidrat, maka membuat alga hijau menjadi sumber energi tubuh yang sangat luar biasa dan membuat seseorang bisa tetap beraktivitas dengan baik setiap hari.

Artikel terkait:

  1. Sumber Zat Klorofil

Alga hijau juga mengandung kadar klorofil yang sangat tinggi dan klorofil ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Klorofil ini dianggap sebagai zat terbaik yang bisa ditemukan di alam seperti yang sering kita dapatkan saat mengkonsumsi sayuran berwarna hijau.

  1. Mengeluarkan Merkuri dan Timbal Dari Tubuh

Alga hijau juga sangat baik digunakan untuk mengeluarkan logam berat berbahaya dari dalam tubuh. Dengan tingginya kadar logam berat di lingkungan membuat tubuh bisa terserang beberapa jenis logam berat tersebut seperti merkuri, timbal, arsenik dan juga aluminium sehingga bisa menimbulkan keracunan kronis di dalam tubuh.

  1. Mengurangi Kadar Lemak Darah

Dari studi yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food membuktikan jika alga hijau akan membantu untuk mengurangi peningkatan kadar lipis atau lemak di dalam darah pada manusia dengan sindrom nefrotik hiperlipidemia. Ini terjadi karena alga hijau sangat kaya akan kandungan asam lemak seperti asam amino, antioksidan dan juga GLA.

Sponsors Link

  1. Sumber Protein dan Anti Inflamasi

Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2015, memperlihatkan jika alga hijau mengandung protein tinggi yang menjadi sumber peptida aktif biologis baik untuk tubuh. Selain itu, alga hijau juga memiliki kemampuan sebagai anti inflamasi yang sangat efektif.

  1. Mengatasi Sindrom Pramenstruasi

Asam linoleat gamma yang ada pada alga hijau merupakan asam lemak esensial yang tidak sekedar bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung serta persendian, namun juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Alga hijau juga akan menjaga kadar gula darah sekaligus menurunkan nafsu makan berlebih dan yang paling penting adalah terbukti efektif untuk menghindari wanita dari sindrom pramenstruasi.

Artikel terkait:

Alga hijau yang merupakan sumber nutrisi berasal dari alam ini sudah membuktikan jika manfaat alga hijau untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak. Ini menjadikan alga hijau sangat baik untuk dikonsumsi. Alga hijau saat ini juga tersedia dalam bentuk, ekstrak, minyak ikan dan sebagainya sehingga mempermudah kamu untuk mendapatkan nutrisi bermanfaat alga hijau lebih mudah lagi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 13th, July 2017 / 13:12 Oleh :
Kategori : Tumbuhan