10 Manfaat Alga Coklat Untuk Kehidupan

Manfaat dari alga coklat untuk kehidupan mungkin belum terlalu banyak dikaji secara umum. Alga coklat atau yang dikenal juga sebagai ganggang coklat atau juga Phaeophyta merupakan salah satu protista fotosintetik. Protista fotosintentik ini dikenal sebagai salah satu jenis tumbuhan. Perbedaannya, Alga Coklat tidak memiliki kaitan dengan tanaman darat pada umunya. Perbedaan utama antara Alga Coklat dengan tanaman darat terutama terletak pada pigmen serta kandungan yang dimuat keduanya. Alga coklat memiliki pigmen klorofil c dan fucoxanthin yang tidak dimiliki tanaman darat lain, sedangkan tanaman darat lain memiliki plasmodesmata yang tidak dimiliki alga coklat.

Alga coklat dengan pigmen klorofil a dan c, serta xanthophyl dan fucoxanthin membuat warnanya memiliki kesan hijau kecoklatan. Warna yang kecoklatan inilah yang menjadikan alga coklat diberi nama sebagai alga coklat. Pigmen yang dimiliki tumbuhan alga ini adalah alat yang digunakannya untuk dapat bertahan di bawah laut. Alasannya adalah pigmen coklat dapat membantu tumbuhan alga bertahan hidup di iklim yang dingin. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang menunjukkan mayoritas alga coklat hidup dan tumbuh di perairan laut dengan iklim dingin seperti di belahan bumi bagian utara dan hanya sedikit yang hidup di air tawar. Hal inilah yang menyebabkan alga coklat identik sebagai tumbuhan bawah laut di daerah beriklim dingin.

Kandungan dalam Alga Coklat (Phaeophyta)

Manfaat dari alga coklat untuk kehidupan manusia sudah banyak diketahui secara umum. Manfaat alga coklat untuk kehidupan ini erat kaitannya dengan kandungannya yang kaya dan sangat bermanfaat. Berikut ini beberapa kandungan alga coklat yang banyak dimanfaatkan untuk keperluan perindustrian oleh masyarakat.

  • Asam Alginat

Kandungan alga coklat yang paling bermanfaat adalah asam alginat. Polisakarida kompleks ini sangat banyak dicari dari alga coklat. Ekstraksi dari kandungan asam alginate diketahui sangat bermanfaat untuk keperluan industri dan pembuatan beberapa jenis makanan. (baca juga: Manfaat Hilo Active)

  • Natrium

Natrium dalam alga coklat juga diketahui cukup tinggi presentasenya. Kandungan natrium seperti diketahui secara umum sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Natrium khususnya banyak dikonsumsi untuk memastikan pertumbuhan manusia berlangsung dengan maksimal. (baca juga: Manfaat Susu HiLo Active)

  • Kalium

Kalium merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh khususnya dalam menjaga kesehatan tulang. Alga coklat diketahui memiliki kandungan kalium yang tinggi untuk mencukupi kebutuhan konsumsi kalium seseorang. Oleh karena itu, produksi alga coklat menjadi makanan juga sangat populer.

  • Yodium

Kandungan lain dalam alga coklat yang diketahui sangat tinggi manfaatnya adalah Yodium. Yodium sama seperti kalium digunakan untuk menjaga tubuh dari beberapa penyakit yang mengancam jika tidak tercukupi kebutuhan yodiumnya. Salah satunya adalah penyakit gondok. (baca juga: Kelebihan Abalone (Kerang))

  • Protein

Kandungan protein pada alga coklat pun tidak diragukan lagi. Alga coklat diketahui memiliki protein yang sangat tinggi dan sangat banyak diincar untuk ekstraksi kebutuhan proteinnya. Oleh karena itu, makanan yang terbuat dari alga coklat juga diketahui memiliki kandungan protein yang sangat baik.

Berikut tadi sebagian kandungan dalam alga coklat yang diketahui sangat berpengaruh pada banyaknya manfaat dari alga coklat untuk kehidupan. Sebagai pelengkap informasi, pada bagian berikutnya akan dijelaskan apa saja manfaat dari alga coklat untuk kehidupan manusia. (baca juga: Manfaat Kapuk)

Manfaat Alga Coklat untuk Kehidupan


Alga coklat tentunya dengan kandungannya yang sangat kaya, juga memiliki manfaat yang kaya. Manfaat dari alga coklat ini setidaknya ada 10 macam yang diketahui secara umum oleh masyarakat. Anda penasaran apa saja manfaat dari alga coklat untuk kehidupan? Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Ekstraksi Kandungan Yodium dan Kalium

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa alga coklat kaya akan kandungan yodium dan kalium. Hal inilah yang menjadi salah satu manfaat alga coklat, yaitu penghasil yodium dan kalium dengan cara ekstraksi. Seperti diketahui dalam suatu industri makanan, kandungan yodium dan kalium mungkin dibutuhkan tanpa menambah bahan tertentu seperti garam (kaya yodium) ataupun pisang (kaya akan kalsium). Untuk itulah alga coklat digunakan, dengan melakukan ekstrasi yodium dan kalium maka kebutuhan yodium serta kalium dalam industri makanan dapat tercukupi. Alga coklat merupakan penghasil ekstraksi yodium dan kalium yang paling efektif saat ini.

Artikel lainnya:

  1. Pembuatan Es Krim

Tidak banyak diketahui dalam industri makanan, es krim membutuhkan pengental yang diketahui terbuat dari bahan bernama asam alginat. Asam alginat ini dapat mudah ditemukan dalam alga coklat. Oleh karena itu, salah satu manfaat dari alga coklat adalah fungsinya untuk mempercepat proses pengentalan pada produksi es krim. Produksi es krim seperti diketahui adalah jenis makanan yang banyak digemari oleh manusia di segala umur. Es krim juga banyak dikonsumsi karena kandungan gizi yang banyak, khususnya bagi ibu hamil. Hal ini juga menunjukkan bahwa kandungan dari alga coklat sangatlah bernutrisi dan sangat aman untuk dapat turut campur dalam produksi es krim.

  1. Pembuatan Salep

Sama seperti pembuatan es krim, pembuatan salep juga membutuhkan asam alginat untuk proses pengentalan. Salep merupakan produk yang banyak digunakan dalam pengobatan. Produk salep biasanya identik dengan pengobatan luka, alergi, atau penyakit lainnya dengan menggunakan obat oles ini. Obat oles berupa salep harus memiliki tekstur yang kental, dan ternyata tekstur kental tersebut merupakan hasil dari kandungan asam alginat yang diperoleh dari alga coklat. Oleh karena itu, satu lagi manfaat dari alga coklat yang masih belum banyak diketahui adalah bermanfaat untuk membantu proses pembuatan salep. (baca juga: Manfaat Kotoran Sapi)

  1. Pembuatan Pil

Manfaat dari alga coklat untuk kehidupan selanjutnya diketahui dalam proses pembuatan obat berbentuk pil. Seperti yang tentunya anda sudah ketahui, obat berbentuk pil merupakan obat yang memiliki bentuk memanjang dan isi obat ada dalam suatu bungkusan yang aman dikonsumsi. Alga coklat dalam hal ini berperan dalam proses pembentukan bungkus pil yang selama ini mungkin sudah cukup sering anda konsumsi. (baca juga: Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan Kecantikan)

  1. Pembuatan Pasta Gigi

Pasta gigi juga merupakan salah satu hasil dari manfaat alga coklat untuk kehidupan. Manfaat alga dengan kandungan asam alginat lainnya adalah untuk membantu proses produksi dari pasta gigi. Seperti diketahui pasta gigi memiliki tekstur yang kental dan tekstur tersebut merupakan hasil dari pengental yang dilakukan oleh asam alginat. Kandungan asam alginat paa alga coklat memang sangat banyak dimanfaatkan untuk industri produk yang membutuhkan peran pengental. Itulah sebabnya, pasta gigi termasuk sebagai produk yang juga memanfaatkan alga coklat dalam proses pembuatannya. (baca juga: Manfaat Alga Hijau)

  1. Pembuatan Lotion

Selain bermanfaat dalam pembuatan makanan, obat, dan pasta gigi, ternyata alga coklat juga bermanfaat dalam pembuatan produk kecantikan yaitu lotion. Berbagai produk kecantikan yang diproduksi dalam bentuk lotion akan menggunakan kandungan alga coklat untuk memberikan tekstur yang kental. Lagi-lagi kandungan alga coklat yaitu asam alginat adalah yang dibutuhkan dalam proses pembuatan lotion ini. Sebagai informasi banyak produk kecantikan yang diproduksi dalam bentuk lotion seperti hand and body lotion, face cream, dan banyak lainnya. Hal ini menandakan bahwa alga coklat pun aman untuk digunakan dalam produk-produk yang dikenakan langsung pada kulit. (baca juga: Manfaat Talas Rebus)

  1. Sumber Makanan Rumput Laut

Tahukah anda bahwa rumput laut merupakan makanan yang terbentuk dari pengolahan alga coklat. Seperti diketahui alga coklat adalah jenis tumbuhan bawah laut yang kaya akan protein dan natrium, serta kalium. Kandungannya ini sangat bermanfaat bagi manusia, oleh sebab itu alga coklat kemudian diproduksi untuk dapat dikonsumsi oleh manusia. Rumput laut atau nori merupakan salah satu produk makanan hasil dari pengolahan alga coklat yang dikeringkan. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi dengan nasi hangat karena rasanya yang gurih dan lezat. (baca juga: Manfaat Bunga Ekor Kucing)

Artikel lainnya:

  1. Mengurangi Resiko Stroke

Alga cokelat memiliki kandungan zat aktif yang sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah. Oleh karena itu, konsumsi dari alga coklat berupa rumput laut diketahui dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Pembuluh darah adalah salah satu alasan kesehatan yang dapat menyebabkan seseorang menderita stroke. Oleh karena konsumsi dari kandungan alga coklat yang sangat baik, maka resiko stroke pun dapat dikurangi dengan maksimal. Pembuluh darah dapat mengalirkan darah dengan lancar tanpa sumbatan. (baca juga: Manfaat Beras Kencur untuk Kaki Bengkak)

  1. Berfungsi sebagai Pupuk Organik

Bagi anda yang memiliki hobi menanam tentu sangat membutuhkan pupuk dengan kemampuan yang efektif untuk menutrisi pertumbuhan tanaman anda. Saat ini anda sering khawatir karena kebanyakan pupuk telah terkontaminasi bahan kimia yang tidak baik untuk tumbuhan. Namun, anda dapat memanfaatkan alga coklat sebagai pengganti pupuk organik. Seperti diketahui, alga coklat memiliki kandungan protein, natrium, dan berbagai nutrisi lain yang baik untuk pertumbuhan tanaman anda.

  1. Suplemen Makanan untuk Hewan Ternak

Hewan ternak yang kurang bernafsu makan dapat anda coba ganti makanannya dengan menggunakan alga coklat (rumput laut). Makanan hewan ternak berupa alga coklat dapat mencukup kebutuhan asupan standar berupa protein dan natrium serta kalium. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memanfaatkan alga coklat sebagai pengganti pangan hewan ternak anda.

Berikut tadi beberapa informasi mengenai manfaat dari alga coklat untuk kehidupan manusia. Semoga informasi ini dapat membantu kebutuhan pengetahuan anda dalam memanfaatkan alga coklat dengan baik.

, , ,
Post Date: Monday 31st, July 2017 / 04:11 Oleh :
Kategori : Tumbuhan