Sponsors Link

10 Manfaat Akar Wangi bagi Kesehatan

Sponsors Link

Akar wangi sebenarnya merupakan salah satu jenis rumput bukan murni sebagai akarnya. Rumput akar wangi berasal dari negara india yang tumbuh sepanjang tahun. Rumput akar wangi lebih banyak hidup di daerah yang iklimnya tropis cenderung kering. Seperti namanya akar wangi memang memiliki aroma yang wangi dan sudah lama dijadikan sebagai bahan wangi-wangian oleh orang zaman dahulu hingga saat ini. tumbuhan rumput akar wangi termasuk masih satu keluarga dengan padi atau serai dan termasuk dalam family poaceae.  Tanaman akar wangi dapat tumbuh sepanjang 1 hingga 2 meter. Selain digunakan sebagai wewangian, tanaman akar wangi juga bisa digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan herbal. Pengobatan herbal ini sudah dilakukan sejak dahulu menggunakan akar wangi.

ads

artikel terkait manfaat akar:

Tanaman akar wangi biasanya ditanam di pinggir sawah sebagai tanggul alami karena akarnya cukup kuat untuk menopang tanah. bentuk tanaman ini menyerupai padi sehingga tidak jarang membuat bingung para petani untuk membedakannya. Namun akar wangi memiliki duri yang berwarna putih kusam serta memiliki biji yang berbentuk buliran. Yang paling mencolok dari tanaman ini adalah akarnya yang mengeluarkan bau sedap.

Langsung saja mungkin anda penasaran sebenarnya apa saja manfaat dari akar wangi ini untuk kesehatan dan untuk kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat akar wangi yang perlu anda ketahui.

  1. Sebagai pengharum alami

Seperti dengan namanya manfaat dari akar wangi ini tidak jauh dari fungsinya sebagai bahan wewangian atau pengharum ruangan. Akar wangi menghasilkan minyak vetiveria atau minyak esensial yang sudah sejak lama digunakan dalam industri kosmetik seperti parfum, sabun, bedak dan lainnya. aroma dari akar wangi ini mirip dengan aroma kayu cendana yang sudah banyak digunakan sebagai bahan parfum kelas tinggi.

  1. Mengatasi rematik

Penyakit rematik merupakan penyakit yang biasanya diderita oleh orang lanjut usia baik wanita maupun pria. Penyakit rematik sama dengan penyakit asam urat dimana gejalanya adalah adanya rasa sakit yang amat terasa terutama di bagian persedian tulang. Nah untuk membantu mengatasi penyakit rematik ini anda dapat menggunakan tanaman akar wangi. Caranya juga sangat mudah yaitu hanya dengan menggosok-gosokkan saja akar wangi pada bagian sendi yang sakit dan tunggu beberapa saat sampai rasa sakit mereda. Lakukan hal ini ketika rematik atau asam urat kambuh supaya rasa sakit tidak begitu menyiksa.

artikel terkait : manfaat kulit buah nagamanfaat viostin DS

  1. Mengatasi encok dan pegal linu

Encok dan pegal linu juga biasanya lebih banyak dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Namun untuk pegal linu sepertinya bagi anda yang masih muda juga sudah sering mengalaminya ya. nah, rasa sakit karena encok dan pegal linu juga bisa diredakan dengan menggunakan akar wangi ini. caranya pun sama dengan cara mengatasi rematik yaitu dengan menggosok-gosokkan akar wangi pada bagian tubuh yang terasa encok dan pegal linu. Kandungan alami yang ada di dalam akar wangi ini akan langsung masuk ke dalam tulang dan meredakan encok serta pegal linu yang anda rasakan.

artikel terkait : manfaat daun seledrimanfaat salep benoson M

  1. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut memang sangat menganggu apalagi jika anda harus melakukan interaksi dengan orang lain tentunya dengan bau mulut ini bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri anda. Nah, untuk mengatasi masalah bau mulut anda juga bisa menggunakan ramuan dari akar wangi dan beberapa jenis tanaman herbal lainnya. caranya adalah dengan membuat ramuan dari akar wangi, daun pegagan, daun sirih dan kapulaga dan dijadikan sebagai obat kumur. Kumurlah secara rutin menggunakan ramuan yang sudah dibuat tadi setiap pagi dan malam hari atau saat anda merasa mulut anda mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Dengan menggunakan ramuan tersebut dijamin nafas anda akan menjadi segar dan bau mulut menghilang serta tingkat kepercayaan diri anda kembali seperti semula.

artikel terkait : manfaat banglemanfaat kluwek

  1. Mengobati luka

Manfaat lainnya yang ada di dalam akar wangi bagi kesehatan adalah mampu mengobati luka luar karena pendarahan yang lebih cepat kering. Caranya adalah dengan menumbuk akar wangi sampai halus dan kemudian dibalurkan ke area luka. Kemudian jangan lupa ditutupi atau dibalut dengan menggunakan perban atau kain kasa supaya zat dari akar wangi yang berfungsi sebagai penyembuh luka menjadi cepat masuk ke dalam luka dan membunuh semua bakteri. So, jadi jangan lupa untuk mempersiapkan persediaan akar wangi di rumah anda ya.

artikel terkait: manfaat tahu gorengmanfaat buah barteh

  1. Mengatasi bengkak

Selain mampu mengobati luka, manfaat lainnya dari akar wangi adalah untuk membantu mengatasi bengkak. Bengkak yang terjadi bisa karena dari luka itu sendiri atau karena tubuh sedang pegal hingga membuat tubuh bengkak. Cara yang digunakan pun anda hanya tinggal menggosok-gosokan akar wangi pada bagian tubuh yang bengkak saja. terus ulangi sampai bengkak mereda dan anda bisa mengulanginya lagi jika tubuh bengkak kembali.

artikel terkait: manfaat jinten hitam untuk asam uratmanfaat barley

ads
  1. Mencegah batu ginjal

Anda juga bisa menggunakan akar wangi sebagai ramuan penghancur batu ginjal secara alami. Pengobatan alami memang sedang menjadi primadona saat ini karena sudah terbukti ampuh dan aman dalam mengobati penyakit. Penyakit batu ginjal termasuk dalam salah satu jenis penyakit yang berbahaya dimana jika dibiarkan dapat merusak fungsi organ ginjal seluruhnya dan ini adalah hal yang sangat fatal. Jika ginjal rusak maka seluruh racun dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan dan membuat gangguan lain pada ogan lainnya hingga kemudian menjadikan masalah komplikasi penyakit yang lebih serius lagi.

Oleh karena itu, anda harus segera mengobatinya. Caranya adalah dengan membuat ramuan dari akar wangi yang direbus. Rebusan tersebut anda konsumsi secara rutin setiap pagi dan sore hari dan diminum dalam masih hangat. Lakukan hal tersebut sampai batu ginjal pecah dan keluar melalui urin. Proses keluarnya batu ginjal melalui urin ini memang akan menyakitkan namun itu tandanya anda sudah mulai sembuh dan mendapatkan ginjal sehat anda kembali.

artikel terkait: manfaat tanaman togamanfaat undur-undur

  1. Mengatasi panas demam

Kemudian manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari akar wangi adalah mampu membantu menurunkan panas dan demam. Terutama pada anak-anak sebaiknya anda menggunakan ramuan dari akar wangi ini untuk mengatasi demam dibandingkan dengan menggunakan obat kimia dari pabrik yang sudah banyak beredar di pasaran. Hal ini disebabkan karena obat kimia tidak begitu baik bagi tubuh terutama bagi anak-anak yang sistem metabolisme tubuhnya belum stabil. Selain itu dengan menggunakan akar wangi juga akan mengeluarkan aroma terapi alami sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks dan tenang sehingga proses penyembuhan pun bisa dilakukan lebih cepat dan anak tidak rewel.

artikel terkait: manfaat daun bakungmanfaat daun cangkring

  1. Menghilangkan ketombe dan kutu

Masalah rambut seperti ketombe dan kutu sangatlah tidak menyenangkan dan dapat menganggu anda dengan rasa gatal yang muncul. Oleh karena itu anda sebaiknya segera membasmi semua ketombe dan kutu yang bersarang di kepala anda. Caranya adalah dengan menggosok-gosokan akar wangi pada rambut ketika hendak mandi selama kurang lebih 15 menit. Lakukan hal ini secara rutin sampai ketombe dan kutu anda mati habis tanpa tersisa satupun di kepala anda.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk lansia – manfaat daun babadotan

  1. Membasmi rayap

Di dalam akar wangi terdapat zat isolaso nootkatone yang sudah terbukti ampuh dalam membasmi rayap dan berbagai jenis serangga lainnya. jadi jika dirumah anda terdapat serangga yang menganggu seperti rayap, semut, tawon dan lainnya bisa anda gunakan akar wangi sebagai pengusirnya. Selain serangga hilang, aroma wangi yang ditinggalkan dari akar wangi pun akan memenuhi rumah anda.

artikel terkait: manfaat kuning telur mentahmanfaat berpuasa

Demikian informasi mengenai manfaat akar wangi bagi kesehatan dan untuk kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 11th, June 2016 / 21:55 Oleh :
Kategori : Herbal