Sponsors Link

6 Manfaat Akar Teratai Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Mungkin anda masih sedikit asing dengan jenis akar ini yaitu akar teratai atau akar lotus. Akar teratai merupakan akar dari pohon teratai yang hidupnya mengambang di atas air. Di Indonesia keberadaan akar teratai ini memang belum familiar karena memang tidak banyak tumbuh teratai di Indonesia. namun di negara lain seperti di india dan china keberadaan akar teratai ini sudah sangat terkenal dan banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Di india dan china banyak tumbuh tanaman teratai karena tanaman teratai merupakan salah satu jenis tanaman sacral yang berhubungan dengan agama dan kepercayaan budha di kedua negara tersebut.

ads

Selain menjadi salah satu symbol di berbagai upacara keagamaan, masyarakat india dan china ternyata juga menggunakan tanaman teratai ini untuk bidang kesehatan. Ya, sudah tidak asing lagi bahwa china merupakan negara yang kaya akan pengobatan herbal dan salah satunya adalah dengan menggunakan akar tanaman teratai. Lalu mengapa akar teratai sangat bagus untuk digunakan sebagai obat herbal? Simak artikel ini selengkapnya.

artikel terkait manfaat akar:

Akar teratai sangat baik untuk kesehataN tubuh manusia karena di dalamnya mengandung beberapa kandungan nutrisi dan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Vitamin c

Akar teratai sangat kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. vitamin C dapat dijadikan sebagai antioksidan alami bagi tubuh yang sangat berguna sebagai penangkal radikal bebas. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas yang saat ini beredar sudah tidak terbendung lagi dan akan sangat mustahil untuk menghindarinya seratus persen sehingga tubuh membutuhkan asupan antioksidan yang lebih tinggi untuk membantu menangkal segala radikal bebas yang ada.

Dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup tubuh akan jauh lebih sehat dan tidak mudah sakit karena berbagai jenis bakteri, kuman dan virus penyebab penyakit dapat dilawan dengan antioksidan dalam vitamin C ini. mungkin selama ini anda hanya mengetahui sumber vitamin C dari buah jeruk, kiwi dan tomat saja namun jangan salah di dalam manfaat akar teratai ini juga mengandung vitamin C tinggi ya.

artikel terkait: manfaat vitamin A untuk kulitmanfaat vitamin C untuk kulit

  1. Serat

Kandungan nutrisi lainnya yang ada di dalam akar teratai adalah serat. Serat sangatlah penting bagi tubuh meskipun sebenarnya serat tidak dapat diambil nutrisinya ke dalam tubuh. namun fungsi serat ini adalah untuk membantu pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan pencernaan yang lancar tubuh akan jauh lebih sehat karena tidak terjadi penumpukan di dalam usus yang bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti buang air besar dan kanker usus besar. Selain itu manfaat serat lainnya adalah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula darah, mencegah ambeien atau wasir dan mencegah susah buang air besar.

artikel terkait: manfaat vitamin Kmanfaat vitamin A

  1. Vitamin B kompleks

Bukan hanya vitamin C dan serat saja yang ada di dalam akar teratai namun juga nutrisi lainnya seperti vitamin B kompleks. Tubuh sangat membutuhkan vitamin B kompleks karena merupakan salah satu jenis vitamin yang membantu penyerapan protein dalam tubuh dan membantu mengubah karbohidrat menjadi energi. Dengan mengonsumsi vitamin B kompleks yang cukup dalam tubuh dapat mengurangi terjadinya resiko terkena penyakit jantung, sakit kepala, stress, kolesterol dan membantu meningkatkan mood.

artikel terkait: manfaat vitamin Cmanfaat you C 1000

  1. Mineral

Manfaat lainnya yang ada di dalam akar teratai adalah kandungan mineralnya yang cukup lengkap bagi tubuh. beberapa jenis mineral seperti mangan, magnesium, besi, kalium, seng dan tembaga ada di dalam akar teratai. Fungsi dari jenis mineral tersebut sangatlah penting bagi tubuh seperti untuk meningkatkan fungsi otot, memproduksi sel darah merah, memproduksi enzim penting bagi tubuh dan untuk menyehatkan organ pencernaan. Manfaat ini bisa anda dapatkan hanya dengan mengkonsumsi akar teratai secara rutin supaya hasilnya maksimal.

artikel terkait: manfaat vitamin B bagi tubuh6 manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh

  1. Elektrolit

Di dalam akar teratai juga mengandung keseimbangan elektrolit yang seimbang antara potassium dan sodium. Jika anda ingin mendapatkan masakan yang memiliki rasa enak tanpa menggunakan penyedap rasa maka anda bisa menggunakan akar teratai ini sebagai penyedap rasa alami karena mengandung sodium. Sedangkan fungsi dari potassium adalah sebagai pengatur tekanan darah tinggi dan mengatur detak jantung yang tidak normal.

artikel terkait: manfaat vitamin Emanfaat suntik vitamin C di tubuh kesehatan

ads
  1. Prydoxine

Prydoxine merupakan salah satu dari vitamin B kompleks yang juga memiliki peran penting bagi tubuh. salah satu fungsi dari prydoxin ini adalah sebagai mood booster. Ya, jika anda saat ini sedang mengalami mood yang sangat rendah maka anda bisa mencoba mengkonsumsi akar teratai untuk membantu meningkatkan mood anda. Prydoxin juga bisa membantu menghilangkan rasa cemas, gugup dan takut anda saat anda hendak melakukan sesuatu. Sebelum mengerjakan hal yang membuat anda gugup, anda bisa mengkonsumsi akar teratai terlebih dahulu ya untuk membantu meredakannya dan membuat anda menjadi lebih percaya diri.

artikel terkait: manfaat melon untuk dietmanfaat jamu brotowali

Ternaya ada banyak manfaat dari akar teratai ini ya untuk kesehatan. So, bagi anda yang saat ini masih ragu mengonsumsi akar teratai jangan ragu lagi karena manfaatnya sangat bagus untuk tubuh.

Cara Mengolah Akar Teratai

Setelah anda mengetahui apa saja manfaat dari akar teratai ini mungkin anda menjadi tertarik untuk mengonsumsinya. Namun saat ini karena akar teratai masih belum terkenal dan ini membuat anda bingung bagaimana cara untuk mengolahnya. Nah, tenang saja karena berikut ini adalah beberapa olahan dari akar teratai yang bisa anda gunakan.

  • Jus akar teratai

Mungkin anda sedang mengerutkan dahi sekarang karena melihat judulnya. Namun memang benar akar teratai bisa dijadikan jus karena aman dikonsumsi. Anda hanya perlu menyiapkan akar teratai yang sudah dicuci bersih dan kemudian masukan ke dalam blender. Tambahkan gula, susu dan jahe untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. Konsumsilah jus akar teratai ini dengan rutin dan bermanfaat untuk menyembuhkan asam lambung, gangguan pada usus dan muntah darah.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk dietmanfaat madu untuk kesuburan

  • sup akar teratai

sama halnya dengan membuat sup lainnya, bahan yang dibutuhkan untuk membuat sup akar teratai ini pun sangat mudah. Bahan : bawang putih, lada, cabai, garam dan akar teratai yang sudah dipotong tipis. Cara membuatnya sama seperti membuat sup pada umumnya. Konsumsilah sup akar teratai saat masih hangat karena akan lebih enak rasanya.

artikel terkait: manfaat buah naga untuk diabetesmanfaat air jahe

Demikian informasi mengenai manfaat akar teratai, semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 11th, June 2016 / 21:43 Oleh :
Kategori : Herbal