8 Manfaat Akar Pinang Untuk Kesehatan

Pohon pinang memiliki nama latin areca cathecu. Pohon ini memiliki batang yang tinggi dan buahnya yang berwarna orange ke kuning – kuningan. Di samping itu buah pinang juga banyak di manfaatkan  sebagai obat untuk kesehatan. Selain buah pinang yang memiliki manfaat di bidang kesehatan akar dari pohon pinang juga memiliki manfaat di bidang kesehatan.

Kandungan akar pinang

  • Alkalin adalah senyawa yang berfungsi untuk meningkatkan gairah seseorang.
  • Alkoloid berguna untuk memberikan efek tidak sakit saat di lakukan pembedahan. Contoh dari alkoloid ini adalah morfin.
  • Gluvakolin berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh dalam melakukan aktifitas.
  • Guvasine memberikan kesehatan dan juga kecantikan alami bagi tubuh.

Itulah beberapa kandungan yang terdapat pada akar pinang yang berguna bagi kesehatan. Berikut ini ulasan mengenai manfaat akar pinang bagi kesehatan :

1.Sakit pinggang

Sakit pinggang bisa di sebabkan karena bekerja melebihi batas yang bisa di terima tubuh. Apalagi aktifitas tersebut seperti merunduk hingga berdiri. Banyak obat herbal yang dapat di gunakan untuk mengobati sakit pinggang salah satunya akar pinang. Cara untuk membuat ramuan dari akar pinang ini antara lain :

  • Ambil akar pinang kemudian cuci hingga bersih dan di jemur.
  • Ambil juga buah pinang untuk di cuci dan di jemur.
  • Setelah kedua bahan diatas kering masukkan ke dalam panci berisi air untuk di panaskan.
  • Air yang di masukkan sekitar 3 gelas, tunggu hingga mendidih baru kemudian angkat dan di dinginkan.
  • Lalu setelah dingin saring ke dalam gelas, biasanya air yang sebelumnya 3 gelas menjadi berkurang 1 gelas.

Ramuan herbal ini dapat di minum sesudah makan sebanyak dua kali sehari sampai keadaan pinggang anda benar – benar sudah pulih.

Baca juga :

2. Rahim

Setiap wanita memiliki rahim sebagai tempat janin tumbuh kembang selama 9 bulan. Pasca melahirkan rahim tentu akan melebar sesuai dengan ukuran bayi. Untuk mengecilkan rahim dengan konsumsi minuman alami banyak yang menganjurkan dengan meminum ramuan dari akar pinang. Langkah – langkah untuk membuatnya yaitu :

  • Akar pinang di cuci dan di jemur di bawah sinar matahari.
  • Rebus akar pinang tadi sebanyak 2 gelas tunggu hingga mendidih atau hingga air untuk merebusnya tinggal sebanyak 1 gelas.
  • Setelah itu saring dan dapat di minum sebanyak 1 kali sehari.

Minum ramuan dari akar pinang ini aman bagi ibu yang selesai melahirkan karena tidak memiliki efek samping apapun.

Baca juga :

3. Penyakit kulit

Selanjutnya akar pinang juga bisa di manfaatkan untuk mengatasi penyakit kulit yang menganggu penampilan anda. Penyakit kulit yang bisa di obati antara lain seperti kudis, kurap dan panu. Penyakit kulit tersebut mudah sekali menular dari satu orang ke orang lainnya. Terlebih penyakit kulit juga membaut anda merasa gatal – gatal. Cara untuk membuat akar pinang sebagai salep untuk di oleskan pada kulit sebagai berikut :

  • Sediakan akar pinang, cuka, kapur sirih.
  • Keitga bahan diatas dicampur dengan di giling terlebuh dahulu.

Setelah halus ketiga bahan ini bisa di oleskan setiap tiga kali sehari untuk membantu menyembuhkan penyakit kulit yang di alami.

Baca juga :

4. Meningkat gairah

Akar pinang juga dapat membantu meningkatkan gairah pasangan suami istri. Caranya juga cukup mudah tinggal merebus akar pinang kemudian di saring airnya. Untuk lebih lengkap anda bisa mempraktekannya di rumah :

  • Sediakan akar pinang dapat diambil langsung dari batangnya kemudian di cuci hingga bersih dari tanah – tanah yang mungkin menempel.
  • Dalam keadaan basah tersebut jemur akar pinang hingga kering.
  • Setelah kering tumbuk dengan halus agar menyerupai bubuk.
  • Jika bubuknya banyak bisa disimpan di dalam toples dan letakkan di dalam lemari.
  • Ambil panci kemudian masukkan bubuk tersebut sebanyak lima sendok makan di tambah dengan tiga gelas air.
  • Panaskan hingga mendidih dan aduk perlahan. Kemudian matikan kompornya.
  • Tunggu hingga ramuan herbal tersebut dingin baru di pindahkan ke dalam gelas dengan cara di saring terlebih dahulu.

Di minum sebanyak satu kali sehari. Dengan demikian gairah anda akan meningkat dengan sendirinya jika di terapkan secara teratur.

Baca juga :

5. Jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang paling vital dalam tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Di samping it penyakit yang mengintai jantung juga sangat banyak yang lebih berkaitan dengan pola hidup dan makanan yang di konsumsi. untuk memiliki jantung yang sehat sebagai salah satu upaya pencegahan anda dapat mencoba meminum ramuan dari akar pinang. Cara mengolahnya adalah sebagai berikut :

  • Ambil akar pinang untuk di bilas dengan bersih baru kemudian di jemur hingga kering.
  • Masukkan ke dalam panci dengan dua gelas air.
  • Panaskan dan tunggu hingga mendidih.
  • Setelah itu saring airnya dan tunggu hingga dapat di minum.

Untuk pencegahan ini dapat di minum satu kali dalam seminggu saja agar kondisi jantung tetap sehat dan prima.

Baca juga :

6. Diare

Diare bisa disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang telah terserang virus sebelumnya. Untuk itu sangat di anjurkan untuk membeli makanan yang terbungkus di dalam kemasan yang lebih aman dari pada makanan yang tidak memiliki kemasan. Penderita diare akan banyak kehilangan cairan di dalam tubuh hingga dapat membuat badannya menjadi lemas dan tidak bernafsu makan. Langkah pertama yang baik anda coba adalah memberikan minuman dari akar pinang. Caranya antara lain :

  • Akar pinang di rebus terlebih dahulu diatas kompor. Akar pinang tentunya telah di cuci dan di jemur dulu.
  • Rebus dengan 3 gelas air dan tunggu hingga mendidih atau menyisakan cukup sebanyak 2 gelas air.
  • Setelah itu airnya di saring dan tunggu hingga dingin.
  • Tambahkan juga beberapa tetes madu kemudian aduk hingga rata baru di berikan bagi penderita diare.

Dengan rutin selama dua hari minum rebusan akar pinang akan membantu menghentikan penyakit diare tersebut.

Baca juga :

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di dalam akar pinang terkandung senyawa bernama guvasine yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem tubuh yang meningkat bisa dipastikan terbebas dari serangan virus dan penyakit. Pada dasarnya tubuh bisa meningkatkan kekebalan tubuhnya sendiri. Namun dalam kondisi tertentu sistem imunitas ini bisa tiba – tiba menurun. Jika menurun maka kemungkinan anda terserang penyakit menjadi lebih mungkin jika tidak segera di atasi. Untuk itu di perlukan bahan alami untuk membantunya yaitu akar pinang. Untuk membuat akar pinang ini sebagai minuman herbal menginkatkan sistem kekebala tubuh dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Akar pinang di bersihkan dan di jemur.
  • Rebus dengan air hingga mendidih kemudian di saring ke dalam gelas.

Bisa di minum sebanyak dua kali dalam seminggu dalam rangka pencegahan. Ataupun di minum saat tubuh terasa lelah saja.

Baca juga :

8. Baik untuk kecantikan kulit

Minum rebusan dari akar pinang juga baik untuk menjaga kesehatan kulit anda. Ini karena akar pinang mampu meluruhkan darah kotor yang terdapat pada tubuh yang dibuang bersamaan dengan air seni. Akar pinang mengandung senyawa guvasine dan alkoloid sehingga kulit menjadi bersih dari masalah seperti jerawat, komedo dan flek hitam. Wanita mana yang tidak ingin memiliki kulit yanf sehat. Karena kulit sehat pasti membuat anda tampak cantik dan terawat. Untuk minumnya sebaiknya di minum sebanyak satu kali dalam seminggu saja sebagai langkah awal.

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat akar pinang yang di rebus untuk di minum bagi pencegahan dan juga pengobatan penyakit.

, , ,
Post Date: Monday 07th, November 2016 / 02:39 Oleh :
Kategori : Herbal