Sponsors Link

Manfaat Akar Mangga Bagi Manusia

Sponsors Link

Mangga dikenal sebagai buah-buahan yang manis dan segar yang berbuah di musim tertentu. Di indonesia banyak sekali jenis – jenis buah mangga, mulai dari rasa, bau, bentuk dan ukuran. Buah ini tersebar di seluruh indonesia dan banyak dibudidayakan maupun ditanam sendiri di pekarangan rumah. Mangga sendiri banyak sekali menyimpan manfaat karena kandungan vitamin, mineral dan gizinya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. (baca juga : manfaat mangga , Manfaat Mangga Podang)

Tidak hanya buahnya, daun mangga juga bermanfaat bagi tubuh kita. Meskipun belum banyak orang yang tahu daunnya cukup terkenal sebagai salah satu obat herbal alami dengan banyak kandungan manfaat. Hal ini karena daun mangga juga mengandung zat-zat yang mampu mengobati beberapa penyakit. (baca juga : manfaat daun mangga , Manfaat Mangga Gadung)

Selain buahnya yang segar, manis dan enak dan juga daunnya yang banyak manfaatnya ternyata akar mangga juga bisa bermanfaat, khususnya bagi kesehatan dan lingkungan. Selama ini kita mungkin hanya mengambil dan menikmati buahnya saja yang kaya akan vitamin tersebut, tetapi ternyata ada manfaat tersembunyi juga di akarnya. Akar mangga termasuk dalam jenis akar tunggang. Dimana akar tersebut banyak cabangnya dan juga panjang, bahkan bisa mencapai 6 meter. Akar sangat penting karena merupakan penopang pohon, tanpa akar pohon pun tidak akan ada.

baca juga :

Yang belum banyak diketahui adalah manfaat yang ada dalam akar tersebut. Untuk akar mangga sendiri tentu berfungsi untuk memperkokoh pohon mangga agar tidak mudah roboh. Selain itu berfungsi untuk menyerap air dan unsur hara di dalam tanah untuk didistribusikan ke seluruh pohon mangga. Selain itu dengan akar pohon mangga mampu mencengkeram tanah sehingga tanah tidak akan longsor. Itu adalah manfaat akar pohon mangga bagi pohon mangga itu sendiri dan juga lingkungan. Sedangkan manfaat bagi kesehatan kita akan dibahas lebih lanjut dengan penjelasan dibawah ini. (Baca juga: Manfaat Biji Mangga , Manfaat Mangga Manalagi)

Manfaat Akar Mangga untuk Kesehatan

1. Mengobati masuk angin dan demam

Bagi yang sedang demam bisa menggunakan akar mangga sebagai salah satu alternatif pengobatan. Dengan menggunakan akar mangga yang merupakan bahan alami tentu akan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia yang mempunyai efek samping. Caranya adalah dengan mengoleskan akar mangga yang sudah ditumbuk hingga halus lalu gosokkan ke telapak kaki dan telapak tangan. Siapkan akar mangga segar secukupnya yang sudah dibersihkan lalu ditumbuk hingga halus dan menyerupai pasta. Oles-oles dan gosokkan pasta akar mangga tersebut ke penderita demam, lambat laun demam akan menghilang dan badan segar kembali. Jadi daripada buru-buru ke dokter akar mangga bisa menjadi salah satu alternatif alami untuk menurunkan demam.

artikel terkait : manfaat daun cincau – manfaat labu air – manfaat air kelapa hijau

sponsored links

2. Untuk vitalitas pria

Masalah vitalitas cukup banyak dikhawatirkan oleh pria, khususnya yang sudah berusia lanjut. Memang banyak sekarang tersedia obat – obatan tetapi alangkah lebih baiknya bisa menggunakan bahan alami yang salah satunya adalah dari akar mangga. Caranya siapkan akar mangga yang masih segar dan bersih secukupnya kemudian di parut. Masukkan parutan akar mangga tersebut ke dalam panci dan tambahkan 2 gelas air, kemudian rebus. Setelah mendidih tunggu hingga air surut yang tadinya dua gelas menjadi menjadi tersisa satu gelas saja. Saring air rebusan tersebut dan minumlah satu hari satu gelas dan rasakan manfaat dan perbedaannya. Jadi akar mangga bisa menjadi salah satu alternatif obat herbal alami untuk meningkatkan vitalitas pria.

artikel terkait : manfaat daun viagra – manfaat minyak zaitun –manfaat gingseng – manfaat mahkota dewa – manfaat semut jepang

Jadi pohon mangga termasuk pohon yang mempunyai sejuta manfaat. Mulai dari buahnya, daunnya, bahkan hingga akarnya juga bermanfaat. Oleh karena itu mulai sekarang bisa mulai ditanam pohon mangga, bisa mulai dari di pekarangan rumah kita sendiri atau bahkan sekarang bisa dibudidayan juga di pot. Dengan menanamnya selain kita bisa mengambil manfaat untuk kesehatan kita, pekarangan juga jadi lebih sejuk. Demikian manfaat dari akar mangga yang bisa dijelaskan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan infomasi terkait manfaat akar mangga. Gunakanlah ilmu secara bijak dan jagalah lingkungan dan kesehatan kita.

Artkel terkait:  Manfaat Mangga Muda – Manfaat Mangga Gedong – Manfaat Daun Mangga Untuk Diabetes

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 23rd, March 2017 / 09:53 Oleh :
Kategori : Buah Buahan