20 Manfaat Akar Kelembak untuk Obat dan Pewangi Alami

Tumbuhan kelembak atau yang bagi sebagian orang disebut klembak merupakan jenis tumbuhan obat yang dikenal cukup luas di masyarakat. Tumbuhan yang memiliki nama latin rheum officinale.L ini biasanya hidup di dataran tinggi dan bersuhu dingin seperti di daerah pegunungan. Tumbuhan ini dapat dikenali dari bunganya yang majemuk dan berwarna putih serta daunnya yang berukuran sangat lebar dengan bagian tepi daun bergerigi. Terlihat seperti tumbuhan terong tapi dengan ukuran yang lebih tinggi.

Selain dikenal sebagai tumbuhan obat kelembak juga memiliki aroma yang wangi sehingga juga digunakan sebagai pewangi alami. Bagian-bagian kelembak yang biasa digunakan sebagai obat adalah batang, daun, dan akar. Berbagai manfaat pengobatan dari tumbuhan ini dihasilkan dari berbagai kandungan senyawa kimia alami yang dimilikinya sepert flavonoid, reumemodin, krisofanol, glikosida, rafontisin, saponin, frangula-emodin, polifenol, dan antra-glikosida.

Lantas apa saja manfaat tumbuhan ini? Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari tumbuhan kelembak:

  1. Mengatasi sembelit Kelembak sangat terkenal sebagai tumbuhan pencahar yang dapat membantu mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Hal ini didukung oleh sifat laksatif atau pencahar yang dimilikinya yang sangat baik untuk mengatasi sembelit sehingga pergerakan kotoran di usus lebih cepat dan lancar. Bagian tumbuhan yang digunakan adalah akar dan batang yang direbus kemudian air rebusannya diminum. (Baca juga: manfaat yakult)
  2. Melancarkan buang air besar kandungan senyawa antrakinon yang terdapat pada kelembak dapat membantu melancarkan buang air besar. Dimana senyawa ini diuraikan terlebih dahulu oleh bakteri-bakteri yang ada di dalam usus. Setelah terurai baru senyawa ini dapat bekerja membantu meningkatkan pergerakan usus sehingga buang air besar pun menjadi lancar. (Baca juga: manfaat vegeta)
  3. Membantu mengatasi diare Akar kelembak dikenal bersifat bitter stomatchic yaitu istilah yang ditujukan pada makanan-makanan yang memiliki manfaat mengencangkan, menyehatkan, dan memperbaiki fungsi perut. Kelembak juga memiliki efek astringent yang dapat membantu mengerutkan selaput lendir pada usus untuk mengurangi pengeluaran cairan dari usus. Hal ini menjadikan kelembak dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi diare. (Baca juga: manfaat oralit)
  4. Mengatasi hipertensi Tekanan darah merupakan parameter kesehatan yang harus dijaga agar tetap stabil. Peningkatan tekanan darah dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan jika dibiarkan dapat membahayakan. Ada banyak tumbuhan obat yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah salah satunya tumbuhan kelembak ini. (Baca juga: manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi)
  5. Menurunkan kadar kolesterol Selain tekanan darah kandungan kolesterol dalam darah juga harus dijaga kestabilannya. Meskipun bermanfaat namun kadar kolesterol yang terlalu tinggi terutama kolesterol jahat dianggap dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti jantung koroner. Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat diturunkan dengan mengonsumsi ramuan kelembak. (Baca juga: manfaat daun binahong untuk kolesterol)
  6. Mengatasi radang Tumbuhan kelembak juga memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan dan pembengkakan. (Baca juga: manfaat buah mengkudu)
  7. Melancarkan menstruasi Jika menstruasi atau haid anda tidak teratur maka kelembak dapat dijadikan alternatif pengobatan. Dengan mengonsumsi air rebusan akar dan daun kelembak maka masalah menstruasi yang tidak teratur dapat diatasi. (Baca juga: manfaat asam jawa saat haid)
  8. Mengobati dan mempercepat penyembuhan luka Tidak hanya mengatasi penyakit-penyakit dalam. Kelembak juga dapat digunakan untuk mengobati luka luar dan mempercepat proses penyembuhannya. (Baca juga: 25 manfaat daun binahong)
  9. Mengatasi penggumpalan darah dalam tubuh Penggumpalan darah dalam pembuluh darah merupakan kondisi yang tidak baik bagi kesehatan. Lain halnya jika terjadi pada permukaan kulit yang luka dimana hal ini sangat bermanfaat untuk menghentikan pendarahan. Penggumpalan darah dapat terjadi karena berbagai faktor seperti merokok, kondisi hamil, kurang bergerak, cedera, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya kita dapat menggunakan atau meminum air rebusan tumbuhan kelembak. (Baca juga: manfaat vitamin e)
  10. Memerangi berbagai virus jahat Kelembak juga memiliki sifat antivirus sehingga dapat membantu tubuh dalam memerangi berbagai virus yang menyerang tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. (Baca juga: 36 manfaat daun sirsak untuk kesehatan rambut dan kulit)
  11. Membantu menghentikan pendarahan Pendarahan yang terjadi pada anggota tubuh harus segera dihentikan karena dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak darah dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Salah satu caranya dengan memanfaatkan ramuan kelembak. (Baca juga: 11 manfaat lemon untuk kesehatan dan perawatan kecantikan)
  12. Melancarkan peredaran darah Mengonsumsi air rebusan kelembak juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga peredaran darah menjadi lancar dan seluruh organ mendapat asupan oksigen dan sari makanan yang cukup. (Baca juga: manfaat badan diurut)
  13. Baik untuk kesehatan organ hati Sebagai organ tubuh yang vital dan perannya tidak dapat digantikan oleh organ lain hati harus dijaga kesehatannya. Salah satu tumbuhan yang sangat baik bagi kesehatan hati adalah tumbuhan kelembak. (Baca juga: manfaat daun kelor)
  14. Mencegah dan mengatasi penyakit liver/sakit kuning Dengan mengonsumsi ramuan kelembak akan membantu kita terhindar dari penyakit liver atau yang dikenal juga dengan penyakit kuning yang menyerang organ hati. (Baca juga: manfaat rebung bambu kuning)
  15. Mencegah penyakit hepatitis Selain mampu mencegah dan mengatasi penyakit liver tumbuhan kelembak juga bermanfaat untuk mencegah penyakit hepatitis yaitu hepatitis B yang disebabkan oleh serangan virus HBV. (Baca juga: manfaat vaksin hepatitis b)
  16. Meningkatkan sekresi empedu Sifat koleretik yang dimiliki kelembak dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sekresi empedu. Dimana cairan empedu sangat bermanfaat dalam proses pencernaan agar proses penyerapan sari-sari makanan menjadi lancar sehingga tubuh mendapat asupan nutrisi secara maksimal. (Baca juga: manfaat jeruk nipis)
  17. Mengurangi resiko penyakit jantung Kelembak memiliki kandungan antioksidan yang jika dikonsumsi dapat membantu tubuh menghambat perkembangan radikal bebas. Seperti yang diketahui perkembangan radikal bebas dapat memicu perkembangan sel-sel kanker. (Baca juga: manfaat daun kelor untuk jantung)
  18. Mencegah penuaan dini Kandungan antioksidan pada kelembak juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini sehingga anda terlihat lebih awet muda dan terhindar dari kerutan di wajah yang muncul terlalu cepat. (Baca juga: manfaat wortel)
  19. Sebagai bahan campuran pembuatan rokok tradisional Bersama-sama dengan tembaku akar kelembak diolah untuk dijadikan rokok yang dikenal dengan klembak menyan. Rokok ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat kelas menengah ke bawah terutama di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah. (Baca juga: manfaat tembakau)
  20. Dijadikan pewangi Selain berkhasiat obat kelembak juga memiliki aroma yang wangi sehingga juga dimanfaatkan masyarakat sebagai pewangi alami seperti pewangi pakaian. Bagian yang digunakan adalah bagian akar. (Baca juga: manfaat daun vanili)

Meskipun kaya manfaat namun penggunaan kelembak sebagai obat harus diperhatikan dengan baik dan tidak boleh dikonsumsi terus-menerus dalam jangka waktu lama. Hal ini disebabkan tumbuhan kelembak mengandung senyawa anthrone yang merupakan senyawa beracun yang kadar racunnya sulit hilang meski sudah direbus. Selain itu pasien atau orang yang memiliki kondisi kesehatan seperti kerusakan usus, dehidrasi, atau penyakit-penyakit perut lainnya sebaiknya menghindari mengonsumsi tumbuhan ini. Jika anda mengalami kondisi kesehatan seperti demikian sebaiknya pilihlah alternatif tumbuhan obat yang lain.

, , ,
Post Date: Monday 01st, May 2017 / 09:05 Oleh :
Kategori : Tumbuhan