Sponsors Link

9 Manfaat Akar Kelapa Bagi Manusia

Sponsors Link

Pohon kelapa merupakan pohon yang banyak di jumpai di pinggir – pinggir pantai dalam jumlah yang banyak. Pohon ini tinggi dan memiliki buah yang berwarna hijau dan juga kuning. Secara umum pohon kelapa sangat berguna dari buah, batang hingga karnya. Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai manfaat akar kelapa yang belum banyak di ketahui. Ternyata akar kelapa memiliki manfaat di bidang kesehatan karena mengandung  zat anti piretik tang berfungsi untuk menurunkan panas tubuh. Berikut ini manfaat aakr kelapa untuk mengobati penyakit seperti :

1. Wasir

Penyakit wasir ini jika di biarkan akan semalin melebar dan membesar hingga menyakitkan penderitanya. Di sisi itu wasir juga membuat tidak nyaman dan sewaktu – waktu bisa saja menyebabkan pencarahan. penderita wasir biasanya juga akan mengalami kesulitan untuk duduk. Jika anda ingin mengobati wasir dengan cara alami maka anda bisa mengambil pilihan untuk mengkonsumsi air rebusan dari akar pohon kelapa. Cara untuk membuatnya adalah sebagai berikut :

  • Ambil akar kelapa kemudian di cuci terlebih dahulu baru kemudian di jemur di bawah sinar matahari hingga kering.
  • Setelah kering masukkan bersama air untuk di rebus dengan api sedang. Air dimasukkan sebanyak 3 gelas saja.
  • Setelah mendidih biasanya air akan berkurang menjadi 2 gelas. Saring air rebusan akar kelapa tersebut dan tunggu hingga dingin baru kemudian dapat di minum.

Minuma rebusan akar kelapa ini sebanayak dua kali sehari hingga wasir sembuh.

Baca juga :

2. Demam

Untuk mengobati demam bisa menggunakan akar kelapa baik untuk orang dewasa maupun anak – anak. Demam bisa disebabkan karena cuacaa yang tidak menentu dan juga daya tahan tubuh anda yang lemah sehingga virus mudah menyerang sistem kekebalan tubuh. Demam di sertai dengan panas yang tinggi dan flu. Coba konsumsi rebusan dari akar kelapa dengan cara berikut ini :

  • Ambil akar kelapa yang sudah kering dan di haluskan terlebih dahulu.
  • Masukkan ke dalam panci yang berisi air dan rebus hingga mendidih.
  • Setelah mendidih saring ke dalam gelas untuk di minum.

Di minumnya dapat sebanyak dua kali sehari hingga panas tubuh menurun. Ini juga karena akar kelapa mengandung zat anti piretik yang dapat menurunkan panas tubuh.

Baca juga :

3. Perut kembung

Penyebab perut kembung bisa di sebabkan karena perut yang tidak terisi atau dalam keadaan kosong yang lama. Sehingga asam lambung menjadi naik dan menyebabkan perut kembung. Saat perut kembung ada baiknya tidak langsung makan karena ini akan menimbulkan perih bagi lambung anda. Baiknya minum air rebusan dari akar kelapa terlebih dahulu.

  • Siapkan akar kelapa yang sudah di cuci hingga bersih dan sudah di jemur terlebih dahulu.
  • Rebusan akar kelapa tersebut dengan air dan tunggu sampai airnya mendidih.
  • Setelah mendidih dapat di saring baru kemudian di minum.

Minum satu kali saja saaat perut terasa kembung. Setelah satu jam sesudah minum rebusan tersebut baru kemudian anda makan.

Baca juga :

sponsored links

4. Sembelit

Di dalam tubuh di perlukan serat untuk melancarkan pencernaan. Kekurangan serat dalam tubuh dapat menyebabkan sembelit yang justru menganggun kesehatan anda. Buah dan sayuran adalah makanan yang kaya akan serat. Namun ada juga selain buah dan sayuran yaitu akar kelapa yang dapat membantu anda mengatasi sembelit. Caranya sediakan akar kelapa kemudian di tumbuk hingga halus. Setelah halus akar kelapa tadi di masukkan ke dalam panci kemudian di tambahkan 2 gelas air. Panaskan dia atas kompor hingga mendidih. Setelah mendidih saring airnya dan dinginkan. Baru saat sudah dingin dapat di minum untuk mengatasi sembelit.

Baca juga :

5. Diare

Masalah pencernaan selanjutnya adalah diare yang dapat membuat penderita kehilangan banyak cairan dalam tubuhnya. Jika dibiarkan terus bisa menyebabkan kematian. Untuk pertolongan pertama penderita diare biasanya di beri larutan oralit terlebih dahulu. Baru kemudian ramuan herbal yang berguna untuk menghentikan diare. Akar kelapa dapat membantu untuk menghentikan diare dengan cara berikut ini :

  • Ambil akar kelapa kemudian di cuci hingga bersih baru kemudian dikeringkan.
  • Setelah akar kelapa kering baru di tumbuk hingga halus.
  • Masukkan akar kelapa dan air ke dalam panci dan panaskan diatas kompor.
  • Setelah mendidih matikan apinya dan tunggu hingga dingin.
  • Saring setelah rebusan tersebut dingin.

Minumkan kepada penderita diare. Biasanya setelah tiga gelas di minum maka diare akan berhenti dengan sendirinya.

Baca juga :

6. Masuk angin

Sering berjalan pada saat malam hari ? jika iya anda akan mudah terserang masuk angin. Rasanya sama seperti perut kembung hanya saja penyebabnya tentu berbeda. Gunakan juga rebusan dari akar kelapa untuk mengobati masuk angin anda. Caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Akar kelapa yang sudah kering anda masukkan ke dalam panci lalu tambahkan air.
  • Kedua bahan tadi di panaskan hingga mendidih.
  • Airnya di saring baru kemudian dapat diminum.

Baiknya di minum sesudah makan atau dalam kondisi perut yang sudah terisi makanan.

Baca juga :

7. Peredaran darah

Peredaran darah di dalam tubuh bisa saja terganggu karena hadirnya lemak yang mempersempitjalan peredaran darah. Timbulnya lemak di sana bisa di karenakan makanan yang di konsumsi dan juga berat tubuh yang diatas normal. Ini berlaku bagi penderita obesitas. Itulah kenapa obesitas tidak baik untuk kesehatan. Cara untuk melancarkan peredaran darah secara herbal dapat dilakukan dengan minum ramuan akar kelapa. Cara untuk membuatnya sama dengan sebelumnya. Ramuan ini dapat rutin di konsumsi dan perhatikan bahwa tubuh anda akan menjadi lebih segar dari pada sebelumnya.

Baca juga :

8. Hipertensi

Darah tinggi di sebabkan karena beberapa faktor di antaranya gemar makan makanan yang kaya akan lemak tidak sehat. Contohnya jeroan, sup lemak dan makanan fast food. Faktor yang juga meningkatkan resiko anda terkena darah tinggi adalah genetika. Riwayat kesehatan keluarga juga penting untuk anda ketahui. Untuk riwayat keluarga yang memiliki darah tinggi lebih baik berhati – hati sejak dini agar terhindar dari darah tinggi. Karena penyakit ini bisa menyebabkan stroke dan komplikasi bagi organ penting lainnya di dalam tubuh. Darah tinggi bisa di stabilkan dengan rajin minum ramuan akar kelapa. Berikut ini langkah – langkahnya untuk di buat di rumah :

  • Ambil akar kelapa yang sudah kering dan tumbuk hingga halus.
  • Masukkan akar kelapa tadi ke dalam panci yang berisi dia gelas air.
  • Baru kemudian di panaskan hingga mendidih.
  • Setelah mendidih air rebusan tersebut di saring dan begitu dingin sudah siap untuk minum.

Jika anda konsumsi rutin semoga darah tinggi bisa normal kembali.

Baca juga :

9. Penyakit kulit

Akar kelapa juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kulit dengan cara minum rebusan dari air kelapa tersebut. Untuk memudahkan anda membuat rebusan akar kelapa baiknya sediakan akar kelapa yang sudah keringd di rumah dan simpan sebagai stok jika sewaktu – waktu diperlukan. Jika perlu anda tinggal mengeluarkannya kemudian di rebus bersama dengan air hingga mendidih. Saring kemudian minum begitu air rebusan tersebut sudah dingin.

Baca juga :

Itulah beberapa manfaat dari air rebusan akar kelapa untuk mengatasi beberapa penyakit. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mengikut langkah – langkah yang telah dijelaskan sebelumnya. Air rebuasan akar kelapa ini dapat di minum secara teratur hingga sembuh.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 08th, November 2016 / 03:40 Oleh :
Kategori : Kesehatan