10 Manfaat Akar Ginseng Untuk Kesehatan

Akar ginseng merupakan salah satu jenis obat herbal alami yang terkenal sejak jaman dahulu. Ginseng banyak tumbuh di negara-negara bagian utara. Namun penghasil ginseng yang paling terkenal dan terbesar di dunia adalah Korea yang disebut dengan Korea Red Ginseng. Korea Red Ginseng dikenal mengandung lebih banyak zat aktif dibandingkan dengan ginseng di negara lain. Ginseng di Indonesia disebut juga ginseng jawa atau som jawa dan kolesom. Apabila dilihat, ginseng berbentuk seperti manusia. Oleh karena itu maka disebutlah dengan ginseng yang berasal dari kata “ren shen” yang artinya duplikat manusia dalam bahasa mandarin. Akar ginseng memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia, sehingga akar ginseng banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Berikut penjabaran dan penjelasan manfaat dan khasiat akar ginseng yang luar biasa untuk kesehatan.

Baca juga :

Manfaat Akar Ginseng

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Akar ginseng mengandung zat aktif yang bisa merangsang terbentuknya antibodi. Dengan kemampuan itu  akar ginseng dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses penyembuhan. Akar ginseng juga dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Selain itu juga bisa mengatasi rasa lelah serta stress dan bisa mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit. Jika anda sedang terserang flu maupun pilek minum ginseng mampu memperingan gejala yang timbul. Akar ginseng juga bisa mencegah terkena serangan gejala flu maupun pilek khususnya pada kisaran usia 18-65 tahun.

artikel terkait :  manfaat melatih daya tahan tubuh – sistem kesehatan tubuh

2. Memperkuat daya ingat

Akar ginseng mengandung zat yang mampu membantu memperbaiki daya ingat otak. Hal ini pernah di uji cobakan kepada pasien penderita stroke yang juga mengalami kepikunan.  Di dalam otak terdapat zat choline aetty transferace dan accty choline. zat ini merupakan salah satu zat yang mempengaruhi daya ingat. Salah satu manfaat dari akar ginseng yaitu zat yang ada di dalam akar ginzeng mampu meningkatkan aktivitas zat di dalam otak tersebut.

artikel terkait : manfaat tidur siang – manfaat madu

3. Memperlancar peredaran darah dan sistem saraf

Akar ginseng mengandung zat yang mampu memperlancar peredaran darah dan sistem saraf serta jantung. Sedangkan apabila dikonsumsi oleh orang lanjut usia, akar ginseng juga mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak sehingga mampu membuat awet muda. Hal ini karena zat aktif yang terkandung di akar ginseng bersifat adaptogenik.

artikel terkait : manfaat buah cepokak – manfaat air putih

4. Mangatasi insomnia

Salah satu penyebab susah tidur atau yang sering disebut insomnia adalah karena adanya penyerapan gizi yang tidak sempurna. Di dalam otak terdapat glandula endokrin yang mengatur hormon-hormon dalam tubuh, termasuk untuk melancarkan metabolisme vitamin dan mineral. Dengan metabolisme vitamin dan mineral yang baik maka penyerapan gizi akan sempurna sehingga tidur manjadi lebih nyenyak. Glandula endokrin ini akan lebih optimal salah satunya dengan mengkonsumsi akar gingseng.

artikel terkait insomnia : manfaat daun afrika , Manfaat Mandi Air Garam)

5. Mencegah pertumbuhan beberapa  jenis sel kanker

Akar ginseng berkhasiat untuk melawan beberapa penyakit kanker. Journal Pengobatan Cina menyebutkan, ginsenosides mempunyai efek anti-tumor dan dapat menyebabkan kerusakan sel pada kanker prostat, kanker ovarium, adenokarsinoma paru-paru dan  neuroblastoma. Selain itu, akar ginseng juga bisa menghambat siklus sel, sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

artikel terkait kanker : manfaat keladi tikus – manfaat daun kenikir

6. Mengatasi diabetes tipe 2

Manfaat lain dari akar ginseng adalah dapat mengontrol gula darah, terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Akar ginseng mampu membantu mengontrol gula darah dan juga mencegah gula darah melonjak terlalu tinggi.  Namun apabila sudah  minum obat diabetes jangan dicampur dengan ginseng, karena bisa menyebabkan kadar gula terlalu rendah.

artikel terkait diabetes : manfaat bengkoang untuk diabetes – manfaat daun sambiloto

7. Membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat

Akar ginseng bisa memberikan energi pada tubuh dan pikiran kita. Saat tubuh dan pikiran terasa lelah mengkonsumsi akar ginseng akan mengembalikan stamina dan tubuh terasa segar kembali.

8. Mengurangi stres

Mengkonsumsi akar ginseng mampu mengurangi tingkat stress. Akar ginseng mengandung zat yang mampu mengontrol tingkat hormon adrenalin. Hormon adrenalin merupakan hormon yang dihasilkan saat kita sedang stress. Mengkonsumsi akar ginseng maka akan dapat membantu mengontrol tingkat adrenalin.

(Baca Juga:  Manfaat Sarang Tawon , Manfaat Bio Oil)

9. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa akar ginseng dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat. Zat yang ada di dalam akar ginseng yang disebut ginsenocides dipercayadapat mengurangi kolesterol.

artikel terkait: Manfaat Buncis Untuk Kolesterol , Manfaat Daun Kelor untuk Kolesterol

10. Meredakan rasa sakit saat datang bulan

Seperti halnya dengan pria, wanita juga mendapat beberapa manfaat dari akar gingseng yang antara lain mengatasi rasa sakit atau kram perut pada saat datang bulan. Jadi apabila saat keram perum akibat menstruasi bisa dicoba mengkonsumsi akar ginseng lebih dulu sebelum meminum obat pereda sakit.

artikel terkait : manfaat kiranti , Manfaat Sirih Hijau

Demikian beberapa manfaat dari akar ginseng bagi kesehatan tubuh kita. Meskipun alami, mengkonsumsi makanan herbal seperti akar ginseng juga harus hati-hati. Sebaiknya hindari penggunakan apabila anda sedang hamil atau menyusui. Bagi yang ingin melakukan pengobatan dengan akar ginseng ikuti petunjuk pemakaian yang tertera. Dan juga konsultasikan dahulu ke dokter apabila ingin mengobati penyakit tertentu.

, , , ,
Post Date: Friday 10th, March 2017 / 03:02 Oleh :
Kategori : Herbal