21 Manfaat Akar Angin Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah Anda pernah mendengar mengenai akar angin? Akar angin bukanlah akar dari tanaman bernama angin, melainkan nama sebuah tanaman yang bentuknya menyerupai akar. Dikarenakan bentuknya yang unik, akar angin kerap dimanfaatkan sebagai tanaman hias oleh banyak orang. Namun di balik semua itu, akar angin ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman herbal yang dapat berguna bagi kesehatan manusia. Artikel berikut ini akan  membahas mengenai manfaat akar angin.

Sekilas mengenai akar angin

Akar angin (usnea Barbara fries) merupakan tanaman yang termasuk dalam family usneaceae. Hidup dengan ketinggian di atas 1000 mdpl, akar angin biasanya hidup menempel pada pohon inang namun tidak merugikan. Hidup akar angin yang menempel pada tumbuhan induk smangnya tapi tidak mengambil makanannya darinya juga disebut dengan epifit. Yang perlu diingat adalah akar angin ini bukanlah termasuk tumbuhan tinggi, melainkan sejenis rumput yang menempel pada pohon lain. Akar angin memiliki bentuk menyerupai benang atau jenggot berwarna hijau kelabu maupun putih keabu-abuan dan dapat memiliki tinggi yang mencapai 30 cm dengan posisi menjuntai.

artikel terkait:

Akar angin umumnya hidup pada daerah yang berhawa dingin maupun daerah pegunungan. Hal ini dikarenakan akar angin membutuhkan kelembaban yang cukup tinggi untuk hidupnya. Akar angin  sendiri memiliki berbagai macam nama sesuai dengan daerah masing-masing. Diantara nama lain akar angin tersebut antara lain janggut, janggut rabion, tahi angin atau tai angin (Sumatra), jenggot resi, kayu angin (jawa), janggutan resi (Nusa Tenggara).

artikel terkait: manfaat akar ginseng

Kandungan Akar Angin

Mengapa akar angin dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal? Hal ini dikarenakan terdapat kandungan zat yang berguna untuk tubuh. Diantara kandungan kimia yang terdapat dalam akar angin antara lain asam usnin, asam babatolat, asam usnetin, asam barbatin. Selain itu, akar angin juga memiliki kandungan seperti vitamin C, likuin, hidrat arang dan zat pahit.

artikel terkait: manfaat minyak akar wangi

Manfaat akar angin

Agar tidak salah dalam memanfaatkan akar angin, berikut kami sajikan manfaat akar angin sebagai berikut.

1. Membantu mengatasi bakteri dan kuman di tubuh

Apabila di tubuh Anda terdapat kuman dan bakteri, Anda dapat menggunakan akar angin untuk mengatasinya. Manfaat akar angin yang pertama adalah membantu mengatasi bakteri dan kuman di dalam tubuh. hal ini dikarenakan akar angin memiliki senyawa yang berguna untuk melawan kuman dan bakteri.

artikel terkait: manfaat jamu akar dewa

2. Membantu mencegah serangan virus

Manfaatyang kedua dari akar angin adalah membantu mengatasi serangan virus. Apabila Anda terserang oleh virus yang merugikan tubuh, Anda dapat menggunakan akar angin untuk melawannya.

3. Membantu mengatasi pegal dan linu

Apabila Anda mengalami pegal dan linu, barangkali Anda dapat menggunakan akar angin untuk membantu menyembuhkannya. Akar angin dipercaya dapat membantu menyembuhkan rasa letih yang berlebihan, menyegarkan kembali tubuh serta menambah stamina.

artikel terkait: manfaat akar putri malu

4. Baik untuk saluran kemih

Bagi Anda yang mengalami ketidaklancara pada aktivitas kemih, Anda dapat mencoba menggunakan akar angin untuk membantu memperlancar saluran kemih Anda. Akar angin dipercaya dapat membantu membuat saluran kemih menjadi bersih dan lancar. Selain itu, akar angin juga dapat membuat agar tubuh tidak mudah terserang infeksi saluran kemih.


5. Sebagai obat infeksi saluran pernafasan

Manfaat lain dari akar angin adalah sebagain obat untuk infeksi saluran pernafasan. Akar angin dipercaya dapat membantu mengatasi infeksi saluran pernafasan yang dapat mengganggu apabia hal tersebut terjadi pada Anda.

6. Membantu mencegah batu ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyerang ginjal manusia. Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi akar angin untuk membantu mencegah batu ginjal. Hal ini dikarenakan akar angin dipercaya dapat membantu mencegah batu ginjal secara ampuh serta membantu menyehatkan ginjal agar dapat berfungsi secara optimal.

artikel terkait: manfaat akar kelapa

7. Membantu menyembuhkan diare

Siapa yang pernah mengalami diare? Untuk mengatasi diare, terkadang kita enggan meminum obat untuk menghentikannya. Apabila terkena diare dan barangkali terdapat akar angin di sekitar Anda, Anda dapat mencoba untuk menggunakannya untuk menghentikan diare Anda. Silahkan konsumsi akar angin tersebut secara rutin hingga diare sembuh dengan sendirinya.

8. Membantu mengatasi penyakit disentri

Konon akar angin dipercaya memiliki kandungan senyawa yang dapat membantu menyembuhkan penyakit disentr dan mencegahnya untuk datang kembali pada tubuh Anda. Jadi, jika Anda mengalami penyakit disentri, silahkan Anda konsumsi akar angin untuk membantu menyembuhkan akar angin tersebut.

artikel terkait: manfaat akar pisang

9. Membantu mengatasi penyakit TBC

Akar angin juga ternyata dapat membantu menyembuhkan penyakit TBC loh! Siapa sangka ya? Akar angin dipercaya memiliki senyawa aktif yang dapat membantu meringankan penyakit TBC. Meskipun demikian, sebelum Anda menggunakan akar angin untuk obat TBC< silahkan Anda konsultasikan pada dokter Anda yaa..

10. Membantu menyembuhkan bisul

Manfaat yang mengejutkan lain dari akar angin adalah dapat membantu menyembuhkan penyakit bisul. Bisul sendiri merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan pembengkakan dan rasa sakit apabila ditekan. Konon, akar angin dipercaya dapat membantu mempercepat penuaan bisul dengan lebih baik.

artikel terkait: manfaat akar bayam

11. Membantu mengatasi jamur pada kulit

Selain dapat mengatasi kuman dan bakteri pada tubuh, Akar angin ternyata juga dapat membantu mengatasi jamur yang tumbuh pada kulit kita. Apabila Anda mengalami masalah dengan jamur pada kulit seperti panu dsb Anda dapat menggunakan akar angin ini untuk membantu menyembuhkan jamur pada kulit Anda.

12. Membantu menyembuhkan gejala meriang

Pada saat mengalami gejala meriang seperti panas, dingin dsb, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mengkonsumsi akar angin untuk mengatasinya. Akar angin juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan gejala meriang yang terjadi pada tubuh seseorang.

artikel terkait: manfaat akar manggis

13. Membantu mengobati sariawan

Sariawan merupakan salah satu gejala kurangnya vitamin C yang ditandai dengan munculnya luka yang terdapat pada mulut. Untuk mengatasinya, Anda dapat memperbanyak konsumsi vitamin C maupun dengan cara mengkonsumsi akar angin. Kandungan vitamin C pada akar angin dipercaya juga dapat membantu mengatasi sariawan.

14. Membantu mengatasi masuk angin

Ketika terjadi masuk angin, biasanya hal yang dilakukan adalah dengan meminum minuman hangat maupun membalurkan tubuh dengan minyak hangat. nah, untuk mengatasi masuk angin, ternyata akar angin juga dapat berguna untuk membantu mengatasinya. Konsumsi akar angin pada saat masuk angin dipercaya dapat membantu menyembuhkannya.

artikel terkait: manfaat akar kelapa

15. Dapat digunakan sebagai batuh herbal alami

Batuk merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sedang tidak dalam kondisi sehat. Untuk mengatasi batuk yang mengganggu, terdapat berbagai macam cara dari konsumsi obat hingga ramuan herbal. Tahukah Anda? Akar angin ternyata juga dapat berguna sebagai obat herbal alami yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk. jadi, apabila Anda sedang batuk dan malas untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mengkonsumsi akar angin ini. Selain manfaat di atas, terdapat pula manfaat akar angin lain seperti:

  1. Sebagai minuman menyehatkan agar tidak mudah terserang penyakit
  2. Membantu mengobati nyeri pada otot
  3. Baik untuk pencernaan
  4. Sebagai astrigen
  5. Sebagai tanaman hias
  6. Sebagai obat herbal penyembuh berbagai amcam penyakit

artikel terkait: manfaat akar pepaya

Cara konsumsi akar angin

  • Sebagai obat batuk

Rebus ½ genggam akar angin, 11 biji kapulaga, 1 ibu jari rimpang jahe, 11 biji kemukus, 11 biji cengkeh, ¼ adas, ½ telunjuk kayu manis dan 20 gr gula dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Namun terlebih dahulu jahe dibakar sebelum direbus.  Minum ramuan 3 kali sehari dengan porsi 1 sdm untuk sekali minum.

  • Sebagai resep universal (segala penyakit di atas)

Rebus 10 gr akar angin, 10 gr daun pegagan dan 5 gr kayu manis dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum 2 kali sehari ramuan selagi hangat.

artikel terkait: manfaat akar wangi

,
Post Date: Saturday 13th, May 2017 / 01:01 Oleh :
Kategori : Herbal