Sponsors Link

10 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau bagi Tubuh

Sponsors Link

Salah satu zat yang terbanyak ada didalam diri manusia adalah air, manusia membutuhkan asupan cairan untuk terus dapat hidup. Makan dan minum yang diperlukan oleh tubuh. Banyak minuman yang dapat menyehatkan tubuh, seperti yang ada dari hewan maupun tumbuhan. Contohnya yang berasal dari hewan, misalnya susu yang kemudian akan menghasilkan fermentasi yaitu yoghurt. Manfaat yoghurt yang baik untuk kesehatan dapat menetralisir usus sehingga kinerja usus menjadi lebih optimal.

ads

Untuk tanamanpun juga banyak jenis-jenisnya seperti yang ada pada manfaat teh, manfaat kopi yang bisa dikonsumsi sehari-hari maupun herbal lainnya misalnya minuman jahe, minuman temu lawak, buah-buhan yang bisa menjadi sari buah-buahan maupun aneka jus yang sangat banyak variannya termasuk juga susu nabati atau bisa juga berupa air rebusan kacang hijau.

Khasiat dari Air Rebusan Kacang Hijau

Kandungan banyak zat yang diperlukan tubuh dalam kacang hijau memungkinkan kacang hijau sangat baik untuk kemudian dikonsumsi setiap hari melalui merebusnya dan kemudian meminum air rebusannya. Manfaat kacang hijau sendiri yang dipercaya sebagai asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain itu kacang hijau juga kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan bagi tubuh. Berikut adalah manfaat kacang hijau yang lebih detail:

1. Mengandung Banyak Vitamin dan Kaya akan Serat

Kandungan dalam kacang hijau sanagt bermanfaat bagi tubuh, ada Vitamin A, Vitamin E, Vitamin D, Zat Besi, Vitamin B6, memiliki mineral essensial dan juga kaya akan serat. Manfaat vitamin A, manfaat vitamin E, dan manfaat vitamin D sangat penting bagi tubuh terlebih bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Khasiat vitamin lainnya juga dapat di lihat pada:

2. Baik untuk Penderita Anemia

Pasien yang menderita anemia di sarankan untuk mengonsumsi air rebusan kacang hijau. Hal ini berkaitan dengan meningkatkan produksi sel darah merah atau eritrosit. Kandungan zat besi yang ada di dalam tubuh akan membantu meningkatkan jumlah eritrosit di dalam tubuh. Manfaat daging kambing juga dapat mecegah anemia karena merupakan kelas daging merah yang dapat berfungsi sebagai penambah darah.

Untuk sayur mayur, baiknya banyak mengkonsumsi bayam merah. Sebab manfaat bayam merah yang terkandung di dalamnya dapat menambah zat besi bagi tubuh sehingga akan baik untuk peredaran darah dan mencegah anemia.

3. Manghaluskan Kulit

Selain baik untuk kesehatan anda, rebusan kacang hijau ini juga sangat membantu para wanita dalam merawat kulit cantiknya. Kandungan vitamin D dan E di dalam rebusan air kacang hijau akan sangat membantu tubuh merawat, menghaluskan juga melembabkan kulit anda. Untuk menghaluskan kulit dengan cara alami dapat juga menggunakan khasiat yang ada pada:

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Jika anda merasa akhir akhir ini mengalami masalah penglihatan, seperti mata lelah dan bayangan menjadi kabur, mengkonsumsi air rebusan kacang hijau adalah solusinya. Kandungan yang di hasilkan oleh air rebusan tersebut adalah vitamin A. Zat ini sangat membantu kesehatan mata anda.

Mengkonsumsi banyak buah-buahan akan baik untuk menjaga kesehatan pada mata. Salah satunya dalah buah naga, buah pisang, dan buah mangga. Siapa sangka jika manfaat buah naga, manfaat pisang dan manfaat mangga ini dapat menyehatkan mata bahkan menjaga kesehatan mata jika terus dikonsumsi. Tidak hanya itu tubuhpun akan terasa segar dan menjadi bugar.

5. Menyehatkan Rambut

Untuk anda yang ingin memiliki rambut yang sehat anda bisa rutin mengkonsumsi air rebusan kacang hijau karena kandungan zinc didalamnya. Membantu menormalkan hormon yang mengendalikan pertumbuhan rambut sehingga bisa mengatasi masalah rambut rontok yang dapat berakibat fatal yakni kebotakan, jadi dengan mengkonsumsi kacang hijau juga bisa menutrisi rambut dari dalam.

Yang bisa menyehatkan rambut secara alami ada pada:

6. Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan Asam Amino, Asam Folat, Kalsium, Protein, Vitamin B1, Vitamin B2, kaya akan Omega-3 dan juga Omega-6 anda tentu sering mendengar dan melihat bahwa zat-zat ini dicantumkan pada susu ataupun juga produk-produk yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Faktanya dalam kacang hijau mengandung semua zat tersebut dan tentu saja dengan harga yang cukup terjangkau bahkan reatif murah. Dengan begitu anda yang saat ini sedang hamil atau orang terdekat anda hamil anda dapat menyarankan untuk mengkonsusmi air rebusan kacang hijau ini sebagai minuman alternatif atau minuman pendamping.

7. Gizi yang Baik untuk Janin

Mendambakan anak yang cerdas merupakan impian bagi seluruh bunda yang sedang hamil. Adaanya kebanggan tersendiri ketika anaknya sangat pandai dan cerdas baik dalam urusan akademik maupun seni. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan kacang hijau. Tidak hanya air rebusannya saja manfaat kacang hijau nya sendiripun memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Kandungan omega 3 dan omega 6 yang ada di dalamnya akan menjadi makanan dan produksi bagi sel sel yang tumbuh di sekitar otak. Adanya banyak sel yang saling melintang dan bersinapsis antara satu dengan yang lain akan membentuk jembatan. Hal ini sangat membantu dalam proses remembering.  Inilah yang menyebabkan anak menjadi pintar.

8. Mempercepat Perbaikan Tubuh Saat Terluka

Tidak bisa di jamin jika tubuh anda tidak akan rusak. Saat anda terjatuh lalu terluka, tentu saja ada bagian sel tubuh yang pecah dan rusak. Jika tidak segera di ganti, maka akan mengganggu sistem pada tubuh anda. Inilah mengapa anda membutuhkan kandungan protein untuk membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak. Karena manfaat protein bagi tubuh dapat menjaga kesehatan terutama otot sebagai stamina tubuh.

9. Rasa Alami yang Enak dan Rendah Kalori

Meskipun minuman ini baik untuk kesehatan namun tapi juga memiliki kelebihan yakni pada rasa yang enak. Sehingga tidak hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa saja tapi juga bisa dinikmati oleh anak-anak yang tentunya juga akan suka kepada rasanya. Untuk anda yang membatasi jumlah kalori juga bisa meminumnya tanpa khawatir karena minuman ini termasuk minuman yang rendah kalori. Minuman lainnya yang termasuk minuman rendah kalori juga terdapat pada manfaat susu kedelai.

10. Mudah di Dapatkan

ads

Sangat mudah untuk mendapatkan kacang hijau anda bisa membelinya dipasar ataupun bahkan di swalayan modern dan merebusnya sendiri. Namun untuk anda yang tidak sempat membuatnya sendiri minuman ini juga cukup mudah didapatkan dijual dengan harga terjangkau dan dengan penyajian yang segar dan fresh.

Aplikasi Air Rebusan Kacang Hijau

Jika anda ingin membuat tidak hanya rebusan kacang hijau saja, maka anda bisa membuat bubur kacang hijau yang hanya membutuhkan bahan tambahan yang mudah didapatkan diantara yakni cukup sediakan gula merah, santan dan juga daun pandan untuk penambah aroma, mudah bukan.

Disarankan tidak terlalu lama baik merebus atau pun dalam membuat bubur, karena semakin lama merebus kacang hijau makan akan semakin banyak pula kandungan manfaat kacang hijau yang menjadi hilang.

Cara Menanam Kacang Hijau

Bahkan jika anda ingin menanam kacang hijau, dan ingin memastikan langsung bagaimana kacang hijau itu berasal, tumbuh, berkembang dan akhirnya bisa untuk dikonsumsi anda bisa mulai memikirkan untuk menanamnya sendiri. Berikut gambaran menanam kacang hijau sendiri yang bisa anda coba untik praktekkan:

  • Sebelum menanam tentu untuk hasil terbaik anda hanya bisa mendapatkannya dari benih terbaik pula. Untuk itu pastikan anda menanam atau menggunakan bibit dari varietas tanaman kacang hijau yang baik dan juga unggul.
  • Media tanah untuk menanam kacang hijau juga menjadi perhatian tersendiri, kacang hijau adalah jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak air, jadi meskipun drainase tetap harus baik namun tidak boleh banyak menyerap air karena akan membuat tanaman menjadi mudah membusuk, selain itu pastikan juga tanah kaya akan kandungan zat organik yang diperlukan oleh semua jenis tanaman untuk dapat hidup.
  • Penanaman kacang hijau harus diberi jarak tertentu antara 20 cm hingga 40 cm, dengan setiap lubangnya bisa ditanami antara dua sampai tiga biji kacang hijau. Selain itu disetiap lubangnya juga bisa diberi pupuk. Dan waktu musim kemaraulah yang dinilai paling cocok untuk masa menanam kacang hijau.
  • Untuk pemupukan bisa dimulai sejak benih ditanam bisa menggunakan pupuk urea. Namun jika tanaman kacang hijau sudah muai berumur dua minggu maka pemupukan bisa diganti menjadi penyemprotan maupun menyiramnya
  • Untuk proses pengairan baru bisa dimulai saat tanaman kacang hijau muncul kecambah. Selain itu bila dalam satu minggu tidka terjadi hujan bisa dilakukuan pengairan, namun bila terdapat hujan sebaiknya tidak dilakukan pengairan. Karena ditakutkan bila air melebih kadar yang sesuai tanaman bisa terhambat tumbuh kembangnya bahkan akan layu, rusak dan mati.
  • Jika tanaman sudah berumur antara 100 hingga 110 hari dengan penampakan warna daun yang berubah warna menjadi kuning dan mulai layu (namun bukan karena sakit ataupun) dan cara mudah mengenali tanaman siap panen adalah dengan melihat bagian polong yang mulai menggelap dan sudah muncul retak, tandanya kacang hijau siap untuk dipanen.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 01st, October 2015 / 04:38 Oleh :
Kategori : Minuman