Sponsors Link

10 Manfaat Air Liur Walet untuk Kesehatan

Sponsors Link

Air liur dari burung walet menjadi salah satu produk herbal dengan harga yang sangat mahal. Air liur burung walet atau lebih dikenal sebagai sarang burung walet, yakni diproduksi dari air liurnya. Burung walet berbentuk kecil sebesar kira-kira 11 cm, berat burung walet sekitar 16 gram, sedangkan burung walet dewasa bisa mencapai ukuran sekitar 18 cm dengan berat mencapai 32 gram. Bulu ekor burung walet memiliki karakter bentuk yang pendek dan ujung memanjang yang berbentuk seperti ujung gunting. Burung walet akan membangun sarang dari air liur mereka sendiri di gua-gua maupun bangunan gedung yang sudah tidak terpakai.

ads

Burung yang memiliki warna bulu hitam dan variasi abu-abu ini, juga bisa tinggal di gedung-gedung yang digunakan sebagai sarang buatan untuk mereka. Banyak orang mulai mengembangkan usaha ini dengan membangun sarang khusus untuk burung walet.

Produksi Air Liur Walet

Burung walet banyak ditemukan di beberapa daratan China, India, Amerika Utara, Eropa dan Indonesia. burung walet yang membuat sarang liar di pepohonan atau lumpur tidak bisa digunakan untuk produk obat tertentu. Produk sarang dari air liur walet yang bisa digunakan berasal dari burung walet khusus yang masuk gua-gua atau gedung. Air liur walet membentu jaring-jaring seperti sarang burung yang mengandung saliva lamina. Produksi air liur ini dilakukan oleh kelenjar saliva yang terletak pada bagian bawah lidah. Air liur yang baru saja keluar akan berbentuk cair kemudian akan mengeras setelah terkena udara. Semakin kering air liur walet maka harganya akan semakin mahal.


Mengapa Air Liur Walet Dikonsumsi ?

China menjadi negara pertama yang mulai mengkonsumsi air liur walet. Peristiwa itu terjadi pada saat dinasti Yuan yang mengambil air liur burung walet dari Kalimantan. Hanya orang kaya yang bisa mengkonsumsi air liur walet. Berikut ini beberapa alasan mengapa sejak itu banyak orang ingin mengkonsumsi air liur walet :

  • Air liur walet dianggap sebagai salah satu bahan herbal untuk menetralisir semua racun dalam tubuh
  • Air liur walet dianggap sebagai sumber makanan yang sangat bergizi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit
  • Air liur walet dianggap sebagai salah satu obat terbaik untuk membantu pertumbuhan sel-sel baru yang lebih aktif dalam tubuh
  • Air liur walet juga dipercaya bisa membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan energi dalam kehidupan
  • Air liur walet juga dipercaya bisa menyehatkan paru-paru dan membuat umur panjang
  • Air liur walet juga dipercaya bisa mengatasi berbagai jenis penyakit dalam tubuh baik untuk anak-anak maupun orang tua.


Kelompok Mutu Air Liur Walet

Ada 2 jenis air liur walet yang dikenal oleh beberapa ahli pengobatan tradisional. Walet yang membuat sarang di gua dan gedung. Berikut ini beberapa sifat dari karakter air liur walet :

  • Air liur walet dari gua : air liur walet dari gua memiliki bentuk yang tegas dan warna yang lebih tua. Air liur walet ini bisa berbentuk sangat kering dan juga bisa mengembang lebih besar ketika akan digunakan.
  • Air liur walet dari gedung :burung yang dipelihara akan mencari makan pada pagi hari dan kembali ke rumah pada malam hari. Air liur yang dihasilkan lebih tipis, bersih dan tidak bercampur dengan kotoran maupun bulu. Bentuk air liur lebih utuh tidak mudah pecah dan bisa mengembang sangat besar.


China menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa manfaat air liur walet memang bisa berguna untuk kesehatan manusia. Sejak pertama kali air liur walet digunakan sebagai ramuan kesehatan, ilmu tentang manfaat air liur walet terus disebarkan ke semua orang. Berikut ini adalah berbagai jenis manfaatnya :

1. Sebagai Obat Batuk Kering

Batuk kering dengan dahak sedikit maupun tanpa dahak bisa disembuhkan dengan air liur burung walet. Hal ini berarti bahwa paru-paru kekurangan udara sehingga menyebabkan batuk kering.
Cara konsumsi :

  • campurkan 4 gram air liur walet
  • 7 gram gula batu
  • rebus dengan air secukupnya kemudian minum untuk tiga atau empat orang

Jika tidak diminum maka bisa dikonsumsi dengan mengambil uap dari perebusan air liur walet.

2. Mempertahankan Kecantikan Kulit

Air liur walet juga bisa digunakan untuk mempertahankan kecantikan kulit seperti untuk mengatasi penuaan dini. Selain itu, air liur walet juga bisa digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuat harapan hidup lebih panjang.

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mempertahankan kecantikan kulit yakni :

3. Mengatasi Keluhan Paru-Paru

Berbagai jenis penyakit yang berhubngan dengan kesehatan paru-paru bisa disembuhkan dengan konsumsi rebusan atau uap air liur walet. Beberapa keluhan seperti batuk, TBC, asma, dan kesulitan menelan bisa sembuh. Bahkan air liur walet juga bisa mengatasi berbagai penyakit umum yang membuat badan menjadi lebih lemah termasuk ketika Anda cegukan.

Sejumlah bahan tradisional lainnya yang dapat diberikan untuk mengatasi keluhan paru-paru :

4. Mengobati Kerusakan Pembuluh Darah

Kerusakan pembuluh darah bisa disebabkan karena pola makan yang buruk seperti konsumsi lemak berlebihan. Penumpukan kolesterol dalam darah bisa merusak pembuluh darah karena bisa menyebabkan pengerasan dan penyempitan arteri ke jantung. Konsumsi air liur burung walet bisa dipercaya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga membantu memperbaiki arteri dan mencegah kerasnya pembuluh darah.

Pencegahan masalah pada pembuluh darah ini, bisa dengan konsumsi :

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Tubuh yang lelah karena pekerjaan atau akan sakit biasanya menyebabkan nafsu makan juga menurun. Nafsu makan yang menurun akan membuat tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit. Untuk mengatasi hal ini maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi 12 gram air liur walet yang sudah dicampur dengan susu, atau dicampur dengan sup dari kaldu tulang sapi.

Untuk meningkatkan nafsu makan, anda juga bisa mengkonsumsi :

6. Sumber Antioksidan

Air liur burung walet juga bisa bertindak sebagai agen manfaat antioksidan alami yang bisa mengatasi serangan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang menyerang dalam tubuh bisa menyebabkan kerusakan sel, kanker dan juga penuaan dini yang lebih cepat.

Sejumlah sumber antioksidan lainnya, juga terdapat pada :

7. Sumber Mineral untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Air liur burung walet menjadi sumber mineral yang sangat lengkap seperti mineral kalium, natrium, kalsium dan berbagai sumber mineral lain. Fungsi dari setiap mineral ini sangat penting untuk tubuh karena bisa membantu tubuh membentuk sistem kekebalan alami dan mampu melawan penyakit. Mineral ini juga bisa membantu mempercepat pemulihan setelah sakit, termasuk untuk semua jenis penyakit.

Sumber mineral lainnya yang bisa lebih mudah didapatkan yakni dari :

8. Membuat Kulit Menjadi Cantik

Konsumsi air liur walet secara teratur juga dipercaya bisa membuat kulit menjadi lebih cantik, karena mengandung beberapa zat yang bisa mendukung pertumbuhan sel kulit mati. Selain itu, zat asam amino sialat yang terdapat pada air liur walet juga bisa berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih kencang dan mencegah kering. Air liur walet dipercaya bisa membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus.

Sejumlah bahan alami lainnya yang mampu membuat kulit semakin cantik yakni :

9. Mendukung Kehamilan

ads

Sejak jaman dahulu di China, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi air liur walet secara teratur. Manfaat air liur walet untuk ibu hamil adalah untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh, terutama ibu hamil yang masuk ke trimester pertama. Bahkan konsumsi secara teratur bisa membuat bayi yang dilahirkan lebih sehat, kulit yang sehat dan kulit ibu hamil juga menjadi lebih elastis.

Konsumsi bahan alami lainnya yang mampu mendukung kehamilan lainnya :

10. Mencerdaskan Otak

Kandungan berbagai jenis asam amino dalam air liur walet dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan anak-anak. Hal ini berhubungan dengan sumber asam amino alami air liur walet yang setara dengan asam amino di produk ikan seperti asam amino pada :

Tips Konsumsi Air Liur Walet

Mengkonsumsi air liur walet sesuai dengan aturan akan meningkatkan khasiat. Untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik disarankan mengkonsumsi air liur walet seminggu sekali, sedangkan untuk penyembuhan disarankan mengkonsumsi setiap hari setiap pagi. Berikut ini petunjuk untuk konsumsi air liur walet :

  • Pilih air liur walet yang berwarna putih kemudian rendam dalam air selama 2 jam kemudian dinginkan selama 4 jam. Rendam lagi selama 12 jam dan biarkan air liur walet mengembang
  • Bersihkan air liur walet dibawah keran sambil potong atau robek kecil-kecil
  • Masukkan dalam panci yang berisi air mendidih atau air panas
  • Rendam panci untuk memasak air liur walet dalam panci yang lebih besar dan masukkan air setinggi rendaman air liur walet
  • Jika tidak suka rasa alami maka tambahkan gula batu alami
  • Jangan konsumsi air liur walet yang sudah berwarna kuning atau hitam karena bisa terkena jamur yang beracun
  • Hindari memasak air liur walet di suhu lebih dari 100 derajat Celcius karena bisa merusak kandungan alami air liur walet

Air liur walet menjadi obat untuk semua jenis penyakit, bahkan juga bisa digunakan untuk mempercepat pemulihan penyakit. Namun hindari membeli air liur walet palsu yang terlihat sangat mirip seperti air liur walet yang asli. Jadi, perhatikan beberapa ciri dan karakteristik air liur walet yang asli.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 07th, September 2015 / 06:30 Oleh :
Kategori : Kesehatan