Sponsors Link

15 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan

Sponsors Link

Air lemon merupakan salah satu jenis minuman alternatif yang menyegarkan. Selain memiliki rasa asam nan segar, air lemon memiliki banyak sekali kandungan, karena di dalamnya sangat kaya akan vitamin dan nutrisi. Buah yang biasanya digunakan sebagai hiasan dalam sajian makanan maupun minuman ini, ternyata dapat membantu tubuh untuk memerangi berbagai macam jenis penyakit berbahaya.

ads

manfaat air lemonManfaat kesehatan dari air lemon telah dikenal sejak berabad-abad lamanya. Mesir Kuno percaya, minum jus lemon dapat melindungi tubuh dari berbagai racun dan penyakit. Ekstrak buah yang memiliki nama botanical Citrus binomial x limon ini memiliki lebih dari 100% kandungan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah ini, pastikan mendapatkannya dari perasan buah lemon segar secara langsung. Hindari untuk mendapatkan air lemon kemasan yang banyak dijual dipasaran, karena didalamnya telah tercampur dengan berbagai bahan kimia yang justru tidak dapat memebrikan manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Air Lemon

Buah lemon merupakan salah satu jenis jeruk  yang paling banyak dipakai diseluruh dunia. Manfaat lemon memiliki berbagai kandungan zat yang bermanfaat seperti asam sitrat sebagai kandungan utama, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin dan limonin yang dapat membantu mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai  anti infeksi.


Tabel Nutrsi Air Lemon

Berikut ini kandungan nutrisi dalam 100 gram buah lemon :

Nutrisi Jumlah Kandungan %
Energy 29 Kcal 1.5%
Karbohidrat 9.32 g 7%
Protein 1.10 g 2%
Lemak 0.30 g 1%
Kolesterol 0 0%
Serat 2.80 g 7%
Folat 11 µg 3%
Niacin 0.100 mg 1%
Panthotenic acid 0.190 mg 4%
Pyridoxin 0.080 mg 6%
Riboflavin 0.020 mg 1.5%
Thiamin 0.040 mg 3.5%
Vitamin C 53 mg 88%
Vitamin A 22 IU 1%
Vitamin E 0.15 mg 1%
Sodium 2 mg 0%
Potasium 138 mg 3%
Kalsium 26 mg 35%
Copper 37 µg 4%
Zat Besi 0.60 mg 7.5%
Magnesium 8 mg 2%
Mangaan 0.030 mg 1%
Zinc 0.06 mg 0.5%
Β- karoten 3 µg
a-karoten 1 µg
Crypto-xanthin-β 20 µg
Luthein-Zeazantin 11 µg


Penjelasan Tabel Nutrisi Air Lemon

  • Buah lemon mengandung hanya 29 kalori per 100 gramnya, ini merupakan nilai terendah untuk kelompok buah jeruk.
  • Lemon mengandung nol lemak jenuh atau kolesterol, akan tetapi buah ini menjadi sumber serat makanan yang cukup baik, yaitu +/- 7,36% dari RDA. Lemon adalah salah satu buah dengan kandungan glikemik yang sangat rendah.
  • Rasa asam yang terdapat dalam buah lemon adalah karena asam sitrat yang merupakan pengawet alami, membantu melancarkan pencernaan, serta dapat membantu melarutkan batu ginjal.
  • Lemon merupakan salah satu vitamin C (asam askorbat), dimana dalam buah ini menyediakan sekitar 88% dari asupan harian yang direkomendasikan. Asam askorbat bertindak sebagai anti-oksidan untuk membantu mencegah penyakit kudis. Selain itu, vitamin-C juga dapat membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi maupun radikal bebas.
  • Kandungan lain dalam buah lemon adalah phytochemical seperti Hesperetin, naringin, dan naringenin flavonoid glikosida yang banyak ditemukan dalam buah jeruk. Naringenin dapat bertindak sebagai agen antioksidan, penangkal radikal bebas, anti-inflamasi, dan sebagai modulator sistem kekebalan tubuh.
  • Lemon juga kaya akan vitamin A, flavonoid, serta anti-oksidan lain seperti alpha, dan ß-karoten, ß-cryptoxanthin, zea-xanthin dan lutein. Vitamin A sangat diperlukan untuk menjaga selaput lendir, kulit, dan penglihatan agar tetap sehat. Sedangkan flavonoid dapat membantu tubuh untuk melindungi paru-paru dan mencegah kanker rongga mulut.
  • Dalam buah lemon juga terdapat kandungan mineral seperti zat besi, tembaga, kalium, dan kalsium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  • Buah ini juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, piridoksin, dan folat yang sangat diperlukan dalam tubuh.


Manfaat air lemon

Mengkonsumsi air lemon dapat memberikan berbagai macam manfaat, seperti :

1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Dalam air lemon terkandung sejumlah kalium yang sangat bermanfaat dalam membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini tentu saja akan sangat berguna bagi mereka yang mengalami gangguan hipertensi (tekanan darah tinggi). Dengan manfaat air lemon secara teratur akan dapat membantu mereka membuat tekanan darah menjadi normal serta dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran.

Dengan begitu akan dapat membantu dalam mengurangi tingkat stress maupun depresi yang berlebihan. Hal tersebut nantinya dapat mengarah pada timbulnya berbagai macam jenis penyakit kronis seperti diabetes, serangan jantung, maupun stroke.

2.Melancarkan sistem pencernaan

Dengan mengkonsumsi air lemon ternyata juga dapat membantu meringankan masalah pencernaan, seperti mulas, mual, perut kembung, sendawa, maupun gangguan sembelit (susah buang air besar). Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan perasan air lemon dengan air hangat.

Dengan mengkonsumsi ramuan tersebut secara teratur akan dapat membantu merangsang saluran pencernaan. Dorongan peristaltik pada dinding usus, berguna untuk membantu pengeluaran limbah atau sisa-sisa pencernaan secara efisien. Hal tersebut akan membantu menyembuhkan gangguan sembelit.

3. Merangsang fungsi hati

Kandungan senyawa alami yang terdapat dalam manfaat air lemon mampu melarutkan kandungan asam urat serta racun berbahaya lainnya yang bersarang pada organ hati. Selain itu, air lemon juga bermanfaat untuk membantu memecah batu empedu serta dapat meringankan demam akibat malaria.

Kandungan kalium dalam air lemon dapat membantu menyembuhkan gejala gangguan pada organ hati atau yang biasanya di sebut biliousness seperti sembelit, muntah, hilangnya nafsu makan, serta pusing. Untuk itu, bagi yang sedang mengalami gangguan fungsi hati, ada baiknya mengkonsumsi air lemon hangat di pagi hari secara teratur, yaitu satu jam sebelum Anda sarapan.

4. Membersihkan tubuh dari bakteri

Dalam bukunya yang berjudul “Back To Eden” Jethro Kloss menyatakan bahwa Ekstrak air lemon dapat membantu menghilangkan penumpukan bakteri dalam tubuh (sepsis) yaitu dengan mempengaruhi kemampuan anti scourbutic tubuh dalam mencegah penyakit dan membersihkan tubuh dari kotoran.

Menurut Dr. Gillian McKeith dalam bukunya yang berjudul “You Are What You Eat” juga menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi segelas air lemon hangat di pagi hari setelah bangun tidur, dapat membantu membersihkan lendir tidak berguna dalam tubuh. Namun ia juga menyarankan untuk mengkonsumsi air lemon di malam hari sebelum tidur.

5. Membantu meredakan demam

Mengkonsumsi campuran air lemon hangat dengan manfaat madu dapat membantu meredakan gejala-gejala flu seperti demam. Konsumsi ramuan tersebut setiap dua jam hingga gejala flu tersebut mereda.

6. Sebagai aromaterapi

Beberapa hasil penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan minyak essential dalam buah lemon dapat membantu memberikan efek yang menenangkan serta meringankan kelelahan, pusing, gelisah, gugup, serta ketegangan. Hal ini akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan seseorang.

Para ahli telah merekomendasikan untuk menggunakan aroma lemon untuk membuat ruangan kerja maupun rumah menjadi lebih segar. Atau bisa juga dengan mengambil beberapa tetes kandungan minyak essential lemon dan menerapkannya pada sapu tangan untuk mengurangi rasa tegang.

7. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat air lemon hangat dengan campuran madu secara rutin dipercaya dapat membantu dalam proses penurunan berat badan dengan lebih cepat. Hal ini akan sangat berguna bagi mereka yang mengalami gangguan obesitas dan tengah berupaya untuk melakukan diet ketat agar berat badan kembali normal. Manfaat serat pektin dalam lemon dapat membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama.

8. Membantu perawatan gigi

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah sakit gigi, cobalah untuk menerapkan ekstrak lemon pada daerah yang terasa sakit. Hal ini akan membantu menyingkirkan rasa tak nyaman tersebut. Selain itu, ekstrak lemon dapat membantu menurunkan  gejala gusi berdarah, mencegah bau mulut, serta mengatasi gangguan gusi lainnya.

9. Mengurangi peradangan

Tingkat keasaman dalam tubuh yang menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi air lemon. Hal ini akan menghilangkan asam urat dalam sendi, yang merupakan penyebab utama terjadinya peradangan.

10. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam buah lemon banyak sekali terkandung Vitamin C. Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Kandungan manfaat vitamin C dalam lemon juga dapat membantu menurunkan stress.

11. Menjaga kesehatan otak dan saraf

Lemon sarat akan kandungan kalium yang sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi otak dan saraf agar dapat berfungsi secara optimal.

12. Membantu menghilangkan kecanduan kafein

ads

Mengkonsumsi air lemon hangat dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk menggantikan konsumsi produk yang mengandung kafein. Hal ini akan membantu memberikan efek kesegaran dalam tubuh.

13. Melawan infeksi

Dengan mengkonsumsi air lemon hangat secara rutin merupakan cara yang efektif dalam menurunkan resiko terjangkit berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti sakit tenggorokan, maupun gangguan kesehatan lainnya.

14. Membantu mengobati jerawat

Kandungan asam sitrat dalam jeruk lemon dapat membantu mengatasi gangguan jerawat secara efektif. Vitamin C yang terdapat di dalamnya dapat membantu membunuh bakteri jahat yang menyebabkan jerawat serta dapat juga memberikan efek kulit tampak lebih berseri. Jadi, selain sebagai bahan konsumsi, air lemon juga dapat diterapkan pada kulit sebagai masker atau dengan diterapkan pada daerah yang terkena jerawat di malam hari sebelum tidur.

Pada awal pemakaian mungkin akan timbul sensasi terbakar, pedih, maupun rasa tidak nyaman pada kulit. tapi hal tersebut akan menghilang dengan segera. Langkah selanjutnya yang harus Anda lalukan adalah dengan membersihkan atau membilas wajah keesokan harinya dengan air bersih.

15. Membantu menghilangkan sel-sel kulit mati

Lemon merupakan salah satu buah yang mengandung AHA (Alpha-Hidrocxy Acid). Kandungan tersebut dapat membantu dalam proses pengelupasan sel-sel kulit mati. Caranya cukup gampang, yaitu dengan menerapkan ekstrak air lemon pada kapas lalu dioleskan ke seluruh wajah pada saat membersihkan wajah. Diamkan hal tersebut +/- 10 menit lalu bilas. Hal ini akan membuat kulit tampak lebih lembut dan berseri-seri.

16. Mengatasi pori-pori besar

Manfaat air lemon yang lainnya adalah dapat digunakan sebagai manfaat facial untuk mengatasi gangguan pori-pori besar pada kulit wajah. Caranya adalah dengan menerapkan air lemon yang telah didinginkan di dalam lemari es dengan menggunakan bola-bola kapas pada kulit wajah. Setelah itu bilas wajah Anda dengan menggunakan air bersih, lalu oleskan pelembab. Lakukan hal tersebut secara rutin setiap pagi hari.

17. Menghilangkan noda di kulit

Manfaat antioksidan yang terdapat dalam air lemon tidak hanya dapat membantu menghilangkan berbagai macam keluhan dikulit. Hal ini juga dapat menghilangkan keriput, bekas luka, maupun bintik-bintik usia yang nantinya dapat membantu mencerahkan kulit.

18. Sebagai bahan penyedap

Selain berbagai manfaat di atas, air lemon biasanya juga digunakan sebagai bahan penyedap berbagai jenis masakan seperti kue, maupun berbagai bumbu masakan lainnya.

Efek samping Air Lemon

Air lemon memiliki kandungan PH yang sangat rendah, yaitu sekitar 2.0. Bagi mereka yang sensitif, mengkonsumsi air lemon yang asam terkadang dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti sensasi terbakar apabila bersentuhan dengan mulut, lidah, maupun bibir yang terluka. Selain itu, mengkonsumsi air lemon dalam jumlah yang yang besar, dapat juga memperburuk berbagai jenis penyakit seperti ulkus lambung.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 11th, August 2015 / 08:02 Oleh :
Kategori : Buah Buahan