Sponsors Link

30 Manfaat Air Garam Untuk Luka dan Kehidupan Manusia

Sponsors Link

Manfaat sumber air garam untuk luka merupakan informasi yang sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat. Pada masa sekarang ini, masyarakat seringkali menganggap luka merupakan sesuatu hal yang tidak penting, dan dapat sembuh dengan sendiri. Padahal walaupun terjadi secara alami, sebenarnya untuk dapat menyembuhkan luka dibutuhkan reaksi hemostasis.

ads

Luka dapat terjadi karena berbagai macam hal pemicunya. BIsa saja luka diakibatkan oleh benda tajam, benda tumpul, arus listrik, gigtan hewan, dan juga ledakan. Berbagai macam luka tersebut akan melalui proses penyembuhan yang sama. Secara ilmu kedokteran proses penyembuhan luka dapat dijelaskan dalam beberapa fase. Berikut ini beberapa fase dalam proses penyembuhan luka manusia.

 Mengenal fase dalam proses penyembuhan luka, dalam masa proses pembentukan pemulihan sebagai berikut:

  1. Fase Inflamasi

Fase yang pertama dalam proses ini merupakan fase yang dilakukan untuk menghentikan pendarahan yang sedang terjadi. Pembekuan darah dilakukan dengan bantuan reaksi hemostasis untuk mengerutkan luka dan melengketkan pembuluh darah kembali. Biasanya pada fase ini luka akan mengalami tanda kemerahan, pembengkakan, ataupun rasa nyeri yang cukup terasa.

  1. Fase Proliferasi

Setelah melalui fase inflamasi, luka akan mengalami proses fibrolast. Proses ini akan membentuk kembali jaringan kulit baru yang sudah rusak sebelumnya. Biasanya akan muncul permukaaan yang sedikit menonjol dibandingkan permukaan kulit lainnya. Proses ini dilakukan hingga seluruh luka tertutup kembali dengan jaringan kulit baru.

  1. Fase Remodelling

Fase terakhir adalah fase pembentukkan ulang bekas luka yang tlah tertutup seluruhnya. Permukaan kulit akan dilakukan pemodelan ulang untuk mendapatkan permukaan kulit yang sudah lebih baik dan tidak lagi terlihat bekas lukanya. (baca juga: Manfaat Air Garam)

Itulah tadi tiga fase penting dalam proses penyembuhan luka manusia. Setelah anda mengetahui ketiga fase tersebut, tentu menjadi menarik mengetahui bagaimana cara menyembuhkan luka dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kita. Beberapa bahan alami dapat dimanfaatkan untuk membantu proses penyembuhan luka, salah satu contohnya adalah air garam. Pada bagian selanjutnya akan dijelaskan mengenai manfaat air garam untuk luka dan penyembuhannya.

Informasi manfaat air garam untuk pendarahan luka manusia, yang perlu kalian ketahui untuk peradangan luka anda sebagai berikut:

  1. Menghilangkan Kuman dan Bakteri pada Luka

Luka merupakan sarang bakteri yang cukup membahayakan dan akan mengganggu proses penyembuhan dari luka itu sendiri. Oleh karena itu, anda dapat menggunakan manfaat air garam untuk luka yang satu ini yaitu dengan menyiram luka dengan air garam. (baca juga: Manfaat Air Garam untuk Gusi Bengkak)

  1. Membersihkan Luka sebelum Mendapatkan Pengobatan

Sebelum diberikan obat luka, tentunya harus dipastikan bahwa luka tidak lagi mengandung kotoran dan kuman-kuman di sekitarnya. Memastikan kebersihan luka ini biasanya dapat dilakukan dengan menggunakan alkohol. Namun, jika anda tidak memiliki alkohol dapat memanfaatkan air garam untuk membersihkan luka sebelum menadapatkan pengobatan.

Artikel Terkait:

  1. Mencegah Terjadinya Infeksi di dalam Tubuh Akibat Luka

Infeksi pada luka merupakan akibat dari penanganan pertama luka yang tidak dilakukan dengan tepat. Infeksi ini dapat menjalar hingga ke bagian dalam tubuh dan sangat fatal akibatnya. Oleh karena itu, pastikan pertolongan pertama anda terhadap luka dilakukan dengan tepat, salah satunya dengan menggunakan air garam untuk menjadi disinfektan luka. (baca juga: Manfaat Mandi Air Laut Di Pagi Hari)

  1. Mengobati Luka pada Tenggorokan
Sponsors Link

Luka pada saluran tenggorokan adalah luka yang disebabkan saat sedang mengonsumsi makanan atau juga akibat dari kebiasaan menelan makanan-makanan yang tidak halus dikunyah. Anda dapat mengatasi luka tersebut dengan berkumur menggunakan air garam ini. Khasiatnya sudah banyak dipercaya oleh masyarakat.

  1. Mengobati Luka pada Saluran Pencernaan

Luka pada saluran pencernaan juga sering dialami oleh individu yang sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat. luka pada sistem pencernaan ini pun dapat diatasi dengan menggunakan air garam. Konsumilah air garam untuk membersihkan segala masalah di saluran pencernaan anda. (baca juga: Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat Campur Garam)

  1. Mengobati Luka pada Lubang Hidung akibat Sinus

Sinus merupakan gangguan pada saluran hidung yang sangat mengganggu pernafasan. Penyakit sinus ini juga dapat menyebabkan luka di sekitar lubang hidung seseorang. Air garam dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Teteskan air garam secukupnya ke lubang hidung untuk menyegarkannya kembali.

  1. Mengobati Luka pada Gigi dan Mulut

Gigi yang baru saja dicabut, mulut yang tidak sengaja tergigit dan berbagai permasalahan gigi dan mulut lainnya dapat diselesaikan dengan bantuan air garam. Air garam akan membantu proses penghentian pendarahan yang terjadi dan tentunya mengurangi rasa nyeri yang dirasakan di sekitar luka tersebut.

  1. Mengobati Luka Tindikan atau Lubang pada Telinga dan Lainnya

Penyembuhan luka bekas tindikan akan lebih cepat dengan menggunakan larutan air garam. Hal ini dikarenakan bagian tindikan dekat  telinga khususnya sulit sekali dipastikan untuk tetap dalam kondisi kering. Oleh karena itu, rendam daerah bekas tindikan anda selama beberapa saat dengan menggunakan air garam dan basuhlah kembali hingga bersih.

  1. Mengobati Luka Jerawat

Jerawat yang pecah seringkali menimbulkan luka berbekas. Seringkali luka ini pun menjadi melebar, ketika seseorang sering memegang bekas luka jerawat tersebut. Untuk mencegah luka yang semakin besar dan mengganggu wajah anda, maka air garam yang dioleskan pada luka jerawat dapat membantu proses penyembuhan luka ini. (baca juga: Manfaat Minum Air Garam)

  1. Mengobati Luka Memar
ads

Luka memar akibat benda tumpul dapat diminimalisir rasa sakitnya dengan menggunakan manfaat air garam. Anda cukup membuat rendaman dengan air garam dan menyelupkan bagian yang memar ke dalamnya. Jika tidak memungkinkan untuk direndam, maka anda dapat membuat kompresan air garam lalu tempelkan pada bagian yang memar.

  1. Mengobati Luka Nanah

Luka nanah juga merupakan jenis luka yang cukup banyak diderita manusia dari segala kalangan usia. Luka jenis ini ternyata juga dapat diatasi oleh bantuan air garam. Anda cukup merendam atau mengompres bagian yang terdapat luka nanah dengan air garam, dan tidak lama anda akan merasakan khasiatnya. (baca juga: Manfaat Kumur Air Garam Saat Sakit Gigi)

  1. Mengobati Luka Infeksi Hidung

Infeksi hidung dapat disebabkan oleh berbagai alasan, seperti pilek, polusi udara, dan berbagai hal lainnya. Untuk mengatasi permasalahan infeksi hidung ini anda dapat menggunakan air garam. Teteskan air garam secukupnya ke dalam lubang hidung anda dan penyembuhan infeksi hidung dapat semakin cepat dilakukan.

  1. Mengobati Luka Kulit Terbakar

Kulit yang terbakar akan sangat lama proses penyembuhannya. Namun setelah fase pembentukan kulit baru sudah hampir selesai, anda dapat mempercepat proses penyembuhan dengan menggunakan bantuan air garam. Lakukan kompres air garam pada bagian luka tersebut. Akan tetapi, hal ini juga masih memerlukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter. (baca juga: Manfaat Cuka Dapur)

  1. Mengobati Luka Akibat Jamur

Luka akibat jamur biasanya akan menimbulkan rasa gatal yang dahsyat. Salah satu penyelesaian yang dapat anda lakukan adalah dengan merendam bagian yang berjamur dengan air garam. Air garam mampu membasmi jamur-jamur tersebut dari bagian tubuh anda dan mengembalikan diri anda menjadi sehat kembali. (baca juga: Manfaat Rivanol)

  1. Mengobati Luka Bengkak

Luka bengkak merupakan akibat dari pendarahan yang ada di bagian dalam dari luka tersebut. Bagi anda yang bingung bagaimana cara mengatasi bengkak yang tidak kunjung sembuh dapat menggunakan air garam dingin untuk mengompres luka tersebut.

Artikel Terkait:

Manfaat Lain dari Air Garam Untuk Kehidupan Manusia

Selain untuk mengobati luka, air garam juga dapat digunakan untuk berbagai manfaat lain dalam kehidupan manusia. Berikut ini beberapa daftarnya:

  1. Membersihkan Wajah dari Kotoran

Air garam diketahui dapat mengikat kotoran dengan efektif, sehingga sangat disarankan juga penggunaannya untuk menjadi salah satu tahapan dalam pembersihan muka.

  1. Mencerahkan Wajah dengan Alami

Penggunaan air garam pada wajah dengan rutin dipercaya dapat mencerahkan wajah dan membuatnya terlihat lebih segar. (baca juga: Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan)

  1. Membasmi Jerawat

Pembasmian jerawat ternyata dengan mudah dapat dilakukan dengan membasuh wajah menggunakan air garam secara rutin. Jerawat hilang dan tidak akan muncul lagi.

  1. Membasmi Komedo

Komedo juga merupakan salah satu bentuk kotoran pada wajah. Oleh karena itu, salah satu cara untuk membasmi komedo adalah dengan memanfaatkan air garam sebagai air pencuci muka anda.

  1. Melembutkan Permukaan Kulit

Kulit yang kasar tentunya dapat mengganggu penampilan secara keseluruhan. Anda dapat menggunakan air garam untuk mengangkat bakteri yang menyebabkan kulit menjadi kering dan perlahan-lahan kulit anda akan menjadi lembut kembali. (baca juga: Manfaat Garam Inggris)

  1. Mencerahkan Gigi dengan Alami

Gigi yang kuning juga akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri untuk tersenyum. Salah satu cara untuk mendapatkan gigi cerah alami adalah dengan memanfaatkan air garam sebagai obat kumur. Penggunaan rutin air garam untuk berkumur dipercaya dapat mengangkat kotoran gigi dengan efektif.

  1. Menghilangkan Bau Badan
Sponsors Link

Bau badan merupakan efek yang dihasilkan oleh bakteri dan kuman yang menempel di tubuh anda. Untuk menghilangkan bau badan ini tentunya anda harus mengangkat kuman dan bakteri tersebut dari tubuh anda. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan air garam untuk membersihkan diri.

  1. Menghilangkan Bau Mulut

Sama seperti bau badan, bau mulut juga disebabkan oleh bakteri dan kuman. Oleh karena itu, berkumurlah dengan air garam untuk membasmi kuman dan bakteri tersebut dan memiliki lagi bau mulut yang segar. (baca juga: Manfaat Air Ludah Basi)

  1. Mendetoksifikasi Racun dalam Tubuh

Racun dalam tubuh manusia harus diminimalisir jumlahnya. Proses pembasmian racun dikenal juga dengan nama detoksifikasi. Proses ini dapat dibantu dengan menggunakan air garam. Konsumsi air garam diketahui mampu mengefektifkan proses detoksifikasi dalam tubuh.

  1. Membersihkan Darah

Darah murni dalam tubuh sangat dibutuhkan untuk memastikan racun-racun tidak mengontaminasi darah yang akan membantu proses penyebaran oksigen. Proses untuk membersihkan darah ini dapat dibantu dengan penggunaan air garam. Oleh karena itu, konsumsi air garam juga memiliki manfaat untuk darah manusia.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Hal yang umum diketahui masyarakat adalah darah dapat meningkatkan darah tinggi. Akan tetapi, air garam ternyata mampu digunakan untuk menjaga tekanan darah dalam batas normal. Oleh karena itu, asalkan dikonsumsi dalam jumlah normal air garam pun dapat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah anda.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Sistem saraf yang terganggu biasanya dapat mengganggu proses aktivitas sehari-hari. Salah satu cara penanggulangannya adalah merendam beberapa bagian tubuh yang memiliki banyak titik saraf pada rendaman air garam. Hal ini dapat membantu penyelesaian berbagai masalah saraf dan menjaga kesehatannya.

  1. Menyegarkan Tubuh Kembali

Tubuh yang kelelahan sering sekali merasa nyeri dan pegal. Dengan merendam beberapa bagian tubuh ke dalam air garam, bagian-bagian tubuh yang terasa pegal dan nyeri tersebut dapat diatasi dalam waktu singkat. (baca juga: Manfaat Asam jawa Bagi Kesehatan Yang Teruji)

  1. Memberikan Relaksasi

Air garam yang mampu memperbaiki sistem syaraf dan menjaga kesehatannya, tentu mengakibatkan sistem saraf menjadi lebih relaks dari biasanya. Keadaan ini juga mendukung proses relaksasi tubuh dan pikiran secara keseluruhan. Oleh karena itu, air garam diketahui bermanfaat juga untuk relaksasi.

  1. Menjaga Kebersihan Air untuk Mandi

Masyarakat seringkali mencampurkan berbagai disinfektan pada air mandinya, untuk memastikan bahwa air bebas dari bakteri. Sebenarnya terdapat disinfektan alami dan ekonomis untuk anda gunakan, yaitu air garam. Gunakanlah air garam ini untuk mendapatkan air mandi yang bersih dan bebas kuman serta bakteri.

Berikut tadi beberapa manfaat air garam untuk luka dan beberapa manfaat lainnya. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk terinformasi mengenai kegunaan air garam dan menggunakannya dalam kehidupan anda sehari-hari.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 28th, July 2017 / 03:46 Oleh :
Kategori : Minuman